Figure Blog

9 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang Paling Sering Kamu Temui saat Mengelola Bisnis!

15 Mar 2023

Kebutuhan pelanggan mesti jadi salah satu fokus ketika akan memulai dan mengelola bisnis kamu sendiri.

Tanpa memenuhi apa yang mereka mau dan butuhkan, kamu akan kesulitan membuat bisnis kamu berkembang.

Untuk itu, kamu perlu mengenal kebutuhan pelanggan yang paling umum ada di pasar. Berikut ini adalah 9 jenis kebutuhan pelanggan yang akan sering kamu temui ketika kamu memulai bisnis kamu sendiri!

9 Jenis Kebutuhan Pelanggan yang Paling Sering Kamu Temui!

1. Harga

Kebutuhan pertama yang paling sering dicari oleh pelanggan adalah kebutuhan akan harga.

Umumnya, pelanggan akan menginginkan produk dengan harga yang terjangkau dan nggak menguras kantong.

2. Pengalaman

Pelanggan kamu juga butuh merasakan pengalaman menggunakan produk yang terasa nyaman, mudah, dan nggak merepotkan.

Hal ini akan berkontribusi ke bagaimana pelanggan menggunakan produk tersebut dan apa yang mereka pikir mengenai produk tersebut.

3. Fungsi dan Manfaat

Kebutuhan pelanggan yang lainnya adalah fungsi dan manfaat yang diberikan.

Sebagai pemilik usaha atau bisnis, tanyakan terlebih dahulu: Apakah produk kamu benar-benar mampu berfungsi sesuai yang diharapkan? Apakah fungsi dan manfaatnya bisa berdampak positif dan menjawab kebutuhan pelanggan kamu?

Ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dan menjawab masalah pelanggan akan membuat produk kamu tampak minim manfaatnya dan jadi nggak dilirik.

4. Kesesuaian

Kesesuaian bisa menjadi kebutuhan pelanggan lainnya yang terkait dengan produk yang mereka beli.

Misalkan, ketika kamu menjual laptop, pastikan juga kamu menjual produk lain yang sesuai dan compatible dengan berbagai produk laptop yang kamu jual. Produk tersebut bisa berupa external keyboardmouse, hingga external hard disk.

Dengan menyediakan produk yang sesuai dengan produk utamanya, pengalaman pelanggan menggunakan produk kamu akan terasa semakin baik dan lengkap.

5. Kecepatan

Beberapa pelanggan akan menginginkan produk yang bisa membantu mereka mempercepat pekerjaan mereka.

Artinya, produk tersebut haruslah memberikan solusi yang time-saving atau mampu menghemat waktu bagi seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan Produk tersebut juga perlu mempermudah proses yang rumit menjadi lebih sederhana dan nggak merepotkan.

6. Kekuatan

Beberapa pelanggan akan membutuhkan produk yang bisa punya daya tahan tinggi dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Maksudnya, sebagai pemilik usaha, apabila target pelanggan kamu adalah orang-orang yang seperti ini, kamu perlu menyediakan produk yang punya masa pakai lama.

Di sisi lain, endurance dari produk tersebut juga perlu dipikirkan sehingga pelanggan nggak perlu khawatir untuk tetap memakai produk tersebut apabila produk tersebut mengalami kondisi yang ekstrem.

7. Akses

Dalam mengelola usaha atau bisnis, pelanggan juga membutuhkan akses terhadap layanan dukungan hingga bantuan pelanggan.

Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk melakukan komplain dan memperoleh solusi yang tepat dalam waktu cepat.

8. Informasi dan Pengetahuan

Saat menggunakan produk yang sudah mereka beli, pelanggan akan memiliki kebutuhan terkait informasi dan pengetahuan produk yang memadai.

Kondisi ini mengharuskan kamu untuk menyediakan sumber dan pusat informasi dan pengetahuan berupa halaman FAQ hingga konten informasi dan edukasi yang membuat pelanggan nggak lagi kebingungan atau kerepotan dalam menggunakan produk kamu.

9. Pilihan yang Beragam

Kadangkala, pelanggan membutuhkan lebih dari satu pilihan ketika membeli suatu produk.

Pilihan ini bukan hanya terkait keberagaman produk saja, tetapi juga pilihan cara untuk menjangkau customer support hingga pilihan cara pembayaran hingga pilihan kemasan dan variasi produk.

Kesimpulan

Seorang pelanggan akan memiliki beragam kebutuhan ketika datang kepada kamu. Sebagai pemilik bisnis, adalah tugas kamu untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan kamu dan bagaimana memenuhi berbagai kebutuhan tersebut.

Mungkin saja target pelanggan kamu adalah pelanggan yang butuh produk yang terjangkau dengan pengalaman produk yang nyaman serta pilihan yang beragam.

Mungkin saja target pelanggan kamu adalah pelanggan yang butuh produk dengan kekuatan tinggi namun juga bisa mempermudah dan mempercepat pekerjaan mereka.

Apapun itu, yang terpenting adalah kamu bisa memahami kebutuhan mereka dan memberikan produk dan layanan yang bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Contact Us