Figure Blog

Ada Puluhan Juta Online Store di Internet. Bagaimana agar Pembeli Bisa Temukan Tokomu?

1 Mar 2024

Online store tidaklah semudah itu. Memang, dengan kemudahannya yang beragam, kamu bisa mendirikan usahamu sendiri tanpa harus punya toko secara fisik.

Kalau dipikir-pikir, membangun dan mengelola online store kini sudah cukup menantang. Pasalnya, ada jutaan hingga bahkan puluhan juta online store di Indonesia, baik yang berdiri sendiri maupun masuk di dalam platform eCommerce. Bahkan, ada juga toko yang menjual produk yang serupa denganmu.

Dengan kondisi seperti ini, satu pertanyaan lalu muncul: Bagaimana agar usaha yang kamu bangun secara online bisa dengan mudahnya ditemukan oleh calon pembeli? Simak saja beberapa cara berikut ini ya!

5 Tips Bikin Online Store Kamu Mudah Ditemukan Pembeli

1. Optimalkan Konten untuk SEO

Bicara soal online store, berarti kita akan bicara soal SEO. Cara kerja SEO bisa dibilang cukup sederhana: Orang memasukkan kata kunci dan mesin pencari akan memberikan hasil pencarian yang paling sesuai dengan kata kunci tersebut.

Dari sini, satu hal harus kamu pahami: Bahwa konten yang kamu sematkan untuk situs online store kamu, baik yang berdiri sendiri atau ada di platform eCommerce, harus sesuai dengan kata kunci yang biasa dipakai orang-orang untuk mencari produkmu.

Misalnya, kalau kamu menjual tas gunung sebagai produk utamamu, maka kamu harus menggunakan kata kunci berupa 'tas gunung' atau kata kunci lainnya yang berkaitan dengan produk tersebut, seperti 'ransel gunung' atau 'tas hiking'.

Selain itu, kamu bisa juga menggunakan kata kunci yang populer namun tidak terlalu sulit bersaing di mesin pencari. Hal ini dimaksudkan agar produkmu bisa dicari lebih mudah oleh orang-orang dibandingkan ketika menggunakan kata kunci populer dengan tingkat persaingan tinggi.

2. Sisihkan Uang untuk Paid Advertising

Bila kamu masih kesulitan untuk mengoptimalkan konten SEO untuk pencarian yang dilakukan calon pembelimu, cobalah sisihkan sedikit uang untuk paid advertising.

Langkah ini bisa jadi langkah awal yang baik untuk meraih calon pembeli dengan lebih cepat dan mudah. Kamu cukup menyisihkan sejumlah uang untuk biaya iklan, masukkan kata kunci yang ingin dipakai, dan mesin pencari akan mencocokkan iklan yang kamu buat dengan kata kunci yang sudah kamu pilih ke pencarian-pencarian yang relevan.

Meski kamu harus mengeluarkan sedikit uang, setidaknya kamu bisa membuat iklan yang lebih sesuai dengan kebutuhan calon pembelimu dan menargetkannya ke daerah-daerah tertentu yang ingin kamu jangkau.

3. Manfaatkan Online Directory

Kalau kamu adalah usaha online yang juga memiliki lokasi atau toko fisik, kamu bisa mendaftarkan usahamu ke dalam listing Google Business Partner.

Dengan mengisi berbagai informasi dan profil usahamu secara lengkap, kamu bisa membuat usahamu tampil di Google Maps dengan mudah. Orang-orang pun menemukan usahamu di Google Maps dan bukan tidak mungkin membuat usahamu jadi banyak dikenal.

4. Tingkatkan Jumlah Review

Agar usahamu bisa tampil semakin tinggi, dibutuhkan word of mouth yang mendorong ramainya pembicaraan orang-orang mengenai usaha dan produkmu. Hal ini bisa dilakukan dengan mendorong jumlah review yang kamu peroleh secara online.

Ajak para pelanggan setiamu mengulas produkmu, minta mereka juga untuk membagikan konten positif tentang usahamu. Pelanggan setiamu bisa menjadi pemasar terbaik yang akan berbicara jujur soal usaha dan produkmu.

5. Analisa Strategi Usahamu secara Online

Meningkatkan visibilitas di Internet memerlukan monitoring dan analisa secara aktif. Dengan pemantauan dan observasi yang rutin, kamu bisa terus meningkatkan performa usahamu secara online.

Kalau kamu memasang iklan di Google Ads, cari tahu kata kunci dan format iklan seperti apa yang berhasil menarik perhatian calon pembelimu. Kalau kamu memasang iklan di Instagram, perhatikan seberapa besar reach dan share yang kamu dapatkan.

Selain itu, kalau kamu fokus berinteraksi dan membuat konten secara organik, cari tahu juga konten seperti apa yang pelanggan sukai dan cenderung ingin bagikan ke orang lain.

Kesimpulan

Tidak perlu khawatir ketika harus bersaing dengan jutaan online store yang ada di Internet. Dengan menerapkan cara-cara jitu di atas secara rutin, kamu tetap bisa terbang tinggi untuk membuat usahamu lebih mudah dicari dan ditemukan oleh orang-orang yang memang membutuhkan produk seperti yang kamu jual.

Contact Us