Figure Blog

Antisipasi Membludaknya Permintaan Pelanggan, Pakai 5 Tips Ini!

17 Oct 2023

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi besok atau minggu depan dalam usaha. Hari ini tokomu bisa saja sangat sepi sebelum kemudian ramai minggu depan.

Itulah permintaan pelanggan. Kehadirannya sesekali bisa mengejutkan kamu sebagai pemilik usaha. Kalau ini terjadi, kewalahan sudah pasti terjadi bila kamu dan staf kamu tidak siap menghadapinya.

Untuk itu, kamu perlu menerapkan langkah-langkah antisipasi agar kamu bisa melayani tingginya permintaan pelanggan sewaktu-waktu.

5 Tips Antisipasi Membludaknya Permintaan Pelanggan

1. Terapkan Sistem Pre-Order

Sistem pre-order adalah kebijakan terbaik yang bisa kamu terapkan untuk usahamu bila lonjakan permintaan produk sewaktu-waktu terjadi.

Sistem seperti ini akan memberikanmu ruang dan waktu untuk menampung permintaan pelanggan sebelum akhirnya mengirimkan produk tersebut ketika pasokannya sudah tiba di tokomu atau produknya sudah selesai diproduksi.

Selain memudahkan proses penjualan, sistem pre-order akan membuat space gudangmu lebih lega dan berujung pada menurunnya biaya manajemen gudang.

2. Siapkan Staf Kamu secara Maksimal

Berapapun jumlah staf yang kamu punya, pastikan kamu sudah melatih mereka dengan baik untuk menghadapi tingginya permintaan pelanggan akan produkmu.

Selalu ada satu atau dua hari di mana tokomu akan dipenuhi pelanggan. Kondisi ini memang awalnya akan membuat staf kamu kewalahan. Namun, dengan membiasakan diri dan belajar dari latihan yang pernah dilalui, staf kamu niscaya akan lebih siap menghadapi kondisi ini ke depannya.

3. Sediakan Beragam Metode Belanja

Satu metode belanja saja tidak akan cukup untuk permintaan pelanggan yang sedang tinggi-tingginya. Kalau usahamu hanya punya satu metode belanja saja, kamu bisa kehilangan potensi pelanggan dan penjualan yang tidak sedikit.

Oleh karenanya, sangat disarankan agar usahamu punya lebih dari satu metode belanja. Dengan pilihan yang variatif, pelanggan bisa membeli produkmu tidak hanya melalui toko saja, tetapi juga secara onlinepre-order, sampai delivery.

4. Ruang Ekstra Bisa Membantu

Kalau ada space ekstra yang mungkin bisa bikin usahamu semakin lega dan produktif, kamu mesti memanfaatkannya dengan baik. 

Space ekstra itu bisa digunakan untuk menampung lebih banyak persediaan produk sampai menampung antrean yang lebih banyak. Selain itu, kalau kamu juga melayani delivery atau takeaway, kamu bisa menyediakan sudut yang dikhususkan untuk pesanan delivery dan takeaway.

5. Selalu Evaluasi

Ketika melayani pelanggan dalam kondisi toko penuh dan ramai, selalu ada hal-hal yang kurang dan perlu kamu tingkatkan ke depannya.

Mungkin kamu bisa mempelajari dan mengevaluasi jam buka toko yang kurang pas, teknologi payment dan kasir yang kurang mumpuni, atau ada karyawan yang sedang underperform.

Kesimpulan

Melakukan antisipasi permintaan pelanggan adalah langkah yang efektif untuk membantumu memiliki kendali penuh atas usahamu.

Kamu akan lebih mudah melayani pelanggan dengan kesiapan yang lebih matang dan tidak perlu khawatir kewalahan.

Contact Us