Figure Blog

Apa Benar Cash Flow Lebih Penting daripada Profit Usaha?

9 Nov 2022

Dalam menjalankan, mencari keuntungan sebesar-besarnya akan selalu menjadi tujuan utama.

Nggak mengherankan jika pada akhirnya setiap pemilik usaha menerapkan strategi dan aksi terbaik mereka untuk meraup lebih banyak pundi-pundi uang.

Namun, nggak selamanya kamu harus fokus hanya pada keuntungan atau profit usaha semata.

Kamu juga perlu memasang mata pada cash flow usaha.

Cash Flow > Profit Usaha?

Mencari keuntungan atau profit usaha memang penting.

Tapi, di samping keuntungan, cash flow usaha perlu kamu berikan perhatian juga.

Keduanya punya peran yang penting dan nggak bisa dilepaskan satu sama lain.

Namun, walau sama pentingnya, ada beberapa alasan yang bikin cash flow lebih banyak membantu kamu untuk mengembangkan usaha. Apa saja alasannya?

Ilustrasi Cash Flow Usaha

Sumber: Freepik.com

4 Alasan Cash Flow Lebih Penting Bila Dibandingkan Profit Usaha!

1. Mendukung Pertumbuhan Usaha

Ketika kamu fokus untuk meningkatkan kualitas cash flow usaha dibandingkan hanya sekadar mengeruk keuntungan, itu artinya kamu fokus untuk mendorong dan menopang pertumbuhan usaha yang lebih baik.

Dengan memiliki cash flow yang positif dan berkualitas, kamu bisa mengembangkan banyak hal untuk usahamu ke depannya secara jangka panjang.

2. Tanda Usaha yang Sehat

Ingin tahu lebih jauh tentang kondisi kesehatan usahamu? Tengoklah ke kondisi cash flow usahamu.

Cash flow usaha yang positif akan menunjukkan bahwa usahamu aman dan dalam kondisi baik. Namun, apabila cash flow usahamu negatif, artinya usahamu sedang nggak baik-baik saja dan akan menghambat perkembangan usahamu ke depannya.

3. Modal Baik untuk Meyakinkan Investor

Kehadiran cash flow dapat digunakan sebagai bahan yang krusial untuk meyakinkan investor untuk bekerja sama hingga bahkan menyuntikkan modal untuk usahamu.

Namun, cash flow usahamu haruslah positif. Pasalnya, dengan cash flow yang positif, kamu bisa menunjukkan kepada investor bahwa usahamu punya kondisi yang baik dan berkembang serta dikelola dengan tepat.

4. Mengurangi Kecenderungan Berutang

Katakanlah kamu punya usaha dengan profit yang begitu meroket. Namun, jika cash flow usahamu cenderung stagnan hingga bahkan negatif, hal ini akan bikin kamu mau nggak mau jadi lebih sering berutang.

Nah, daripada fokus meraih keuntungan atau profit usaha yang tinggi, fokuslah pada pengelolaan cash flow yang tepat.

Dengan memiliki cash flow yang positif, maka usahamu cenderung lebih jarang berutang dan lebih mudah untuk membayar utang jika usahamu memilikinya.

Kesimpulan

Cash flow dan keuntungan usaha memang punya peran dan dampak yang sama-sama penting.

Namun, bila kaitannya dengan kesehatan dan pengelolaan usaha, cash flow punya peran yang lebih penting bila dibandingkan dengan keuntungan usaha.

Oleh karenanya, kamu nggak boleh serta-merta mengesampingkan cash flow hanya karena ingin meraih keuntungan sebesar-besarnya.

Contact Us