Figure Blog

Bagaimana Break Even Analysis Bisa Membantu Decision Making untuk Bisnismu?

24 Oct 2022

Mengambil keputusan selalu menjadi tantangan yang konsisten dalam menjalankan bisnis.

Oleh karena itu, lahirlah beragam tools untuk membantu kamu melakukan decision making untuk memperoleh keputusan terbaik buat bisnismu.

Salah satunya adalah menggunakan break even analysis.

Lantas, bagaimana break even analysis bisa membantu kamu dan memengaruhi decision making dalam bisnismu?

Break Even AnalysisTool Bisnis yang Harus Selalu Kamu Pakai

Break even analysis adalah salah satu tool bisnis yang banyak dipakai untuk menentukan titik atau momen di mana revenue dari bisnis kamu menyamai seluruh pengeluaran yang bisnis kamu kerahkan.

Secara sederhana, break even analysis membantu kamu untuk menentukan berapa banyak produk yang harus kamu jual agar kamu bisa balik modal.

Bagaimana Menghitung Break Even Analysis

Sama seperti berbagai tools bisnis yang ada, break even analysis adalah tools yang memiliki rumusnya tersendiri.

Untuk menghitung break even analysis dari bisnis kamu berdasarkan berapa banyak produk yang harus terjual, kamu perlu menggunakan rumus ini:

Break Even Point: Biaya Tetap / (Revenue per Unit - Biaya Variabel per Unit)

Sementara itu, untuk menghitung break even analysis dari bisnis kamu berdasarkan tingkat penjualan, kamu bisa menggunakan rumus ini:

Break Even Point: Biaya Tetap / Contribution Margin

Khusus untuk rumus break even analysis yang di dalamnya terdapat contribution margin, kamu tentu perlu menghitung contribution margin bisnismu terlebih dulu. Untuk melakukannya, gunakan rumus berikut ini:

Contribution Margin: Harga Jual Produk - Biaya Variabel per Unit

Ilustrasi Decision Making

Sumber: Freepik.com

Pengaruh Break Even Analysis Terhadap Decision Making untuk Bisnismu

1. Melakukan Perubahan Biaya

Decision making pertama yang bisa dipengaruhi break even analysis adalah terkait dengan perubahan biaya dalam bisnismu.

Hasil perhitungan break even analysis akan membantu kamu untuk mengetahui apa yang terjadi jika kamu melakukan perubahan biaya produksi. Terkait dengan ini, kamu bisa menilai dan mengevaluasi berbagai keputusan untuk menurunkan biaya produksi apabila biaya produksi tergolong tinggi.

Pengambilan keputusan terkait penurunan biaya bisa dilakukan melalui banyak hal. Kamu bisa mencari bahan baku dengan biaya yang lebih murah, berinvestasi pada teknologi terbaru agar proses produksi lebih efisien dan biayanya lebih murah, hingga menggunakan bahan packaging yang lebih terjangkau.

2. Menentukan Strategi Harga

Decision making selanjutnya yang mampu dipengaruhi break even analysis adalah berhubungan dengan bagaimana kamu menentukan strategi harga dari produkmu.

Strategi harga yang berbeda menentukan break even point yang berbeda.

Ketika kamu menetapkan harga yang lebih premium, kamu bisa meraih break even point dengan lebih cepat karena kamu hanya perlu lebih sedikit menjual produk atau meraih penjualan. Namun, ketika kamu menetapkan harga premium, hal ini tentunya bisa berdampak untuk brand kamu sendiri, terlebih jika kamu brand yang bukan premium brand.

Pada akhirnya, kamu perlu memilih salah satu: Break even point atau brand image dari bisnis kamu.

3. Merancang Strategi Operasional

Kalau kamu menggunakan rumus break even analysis yang berdasarkan jumlah unit yang harus kamu jual, maka hal ini akan memengaruhi strategi operasional yang perlu kamu rancang untuk meraih jumlah unit yang terjual.

Setelah kamu melakukan perhitungan break even point berdasarkan jumlah unit terjual, kamu bisa segera merancang strategi operasional yang tepat.

Kamu bisa mulai dari menghitung berapa banyak staf yang harus terlibat dalam produksi, peralatan apa saja yang perlu digunakan, hingga alur kerja untuk melakukan produksi dengan makin efisien dan efektif.

Kesimpulan

Break even analysis lebih dari sekadar sebuah tool bisnis untuk membantu kamu mencari tahu titik balik modal bisnismu.

Kamu harus memanfaatkannya dengan baik sehingga mampu memengaruhi decision making kamu secara positif sehingga kamu bisa merancang strategi dan mengambil tindakan terbaik untuk membawa bisnismu maju ke depan!

Contact Us