Figure Blog

Bagaimana Komunitas Online Bisa Bawa Usahamu Naik Level?

6 Oct 2023

Kehadiran media sosial dan beragam platform digital lainnya membuat komunitas kini bisa berpindah dari offline ke online. Akibatnya, setiap orang yang punya minat yang sama dan serupa bisa saling terhubung dan tergabung dalam satu kelompok.

Dampaknya, kini kamu bisa menemukan berbagai komunitas online dengan beragam pemikiran, selera, dan gaya hidup. Lantas, apa dampaknya untuk usahamu, dan apa saja komunitas online yang tersedia untuk bisa mendongkrak usahamu?

Apa itu Komunitas Online?

Komunitas online adalah sebuah grup atau kelompok yang terdiri atas orang-orang yang memiliki kesamaan minat, ketertarikan, pemikiran, atau preferensi pada sesuatu yang tergabung di media sosial, forum online, atau website tertentu.

Di atas kertas, komunitas online bisa berupa sekadar grup kecil di media sosial sampai dengan kelompok besar yang merupakan fanbase atau kelompok yang menggemari bidang atau subjek tertentu.

Beberapa Jenis Komunitas Online yang Bisa Bantu Kembangkan Usahamu

1. Komunitas Hobi

Orang-orang di dalam komunitas ini memiliki minat dan preferensi yang sama mengenai aktivitas tertentu. Komunitas ini bisa berupa komunitas buku, catur, seni, teknologi, sampai aktivitas olahraga.

Setiap komunitas yang memiliki minat akan aktivitas tertentu umumnya akan menyukai atau mencari produk-produk yang berkaitan dengan minat mereka. Misalnya, komunitas seni akan mencari produk-produk untuk melukis, memahat, sampai menggambar.

2. Komunitas Lokal

Komunitas lokal biasanya adalah komunitas yang berlokasi hanya di daerah tertentu saja. Akibatnya, ukurannya cenderung lebih kecil dan punya selera yang lebih unik dan spesifik.

Meski tergolong unik, komunitas lokal bisa kamu jangkau dengan mendorong mereka untuk bekerja sama dengan usahamu dalam membuat produk yang khas atau membuat produk yang bisa sesuai dengan selera mereka yang unik.

3. Komunitas Sosial

Komunitas sosial adalah salah satu jenis komunitas yang paling banyak ada secara online. Komunitas sosial lahir karena kedekatan tertentu, seperti misalnya komunitas alumni, komunitas sekolah, sampai komunitas pekerja.

Jenis komunitas ini umumnya yang paling terbuka dengan berbagai produk, meskipun mereka cenderung tidak menyukai iklan atau hard selling.

Bagaimana Komunitas Online Bisa Memengaruhi Usahamu?

1. Membantu Memberi Ide Produk Baru

Komunitas bisa kamu manfaatkan sebagai sumber feedback dan masukan untuk pengembangan produk dan jasamu di masa depan.

Komunitas, terlebih lagi komunitas dari pelanggan setiamu, bisa memahami apa yang kurang dari produk dan apa yang bisa menjadi peluang bagi produk barumu di masa depan.

2. Melakukan Pemasaran Lebih Efektif

Setiap komunitas memiliki ciri khas dari segi kebiasaan, kepribadian, sampai selera dan gaya hidup.

Dengan memahami semua itu secara mendalam, kamu bisa merancang strategi pemasaran yang matang dan melakukan marketing dengan lebih efektif dengan menyesuaikan strategimu dengan target pasar yang kamu sasar.

3. Memperoleh Value Lebih Baik dari Produk yang Dijual

Bila ada calon pelanggan atau pelanggan baru yang akan menggunakan produkmu, kehadiran komunitas online bisa membantu mereka mendapat value untuk produk yang mereka beli.

Mereka tidak hanya bisa bertanya kepadamu saja selaku produsen, tetapi juga memperoleh pandangan dan pendapat dari pelanggan setiamu yang selalu menggunakan produkmu dan memperoleh bantuan terkait pemahaman produk tersebut.

Kesimpulan

Membangun komunitas online kamu sendiri atau menyasar komunitas online yang ada di pasar bisa menjadi cara menarik untuk menggaet pelanggan baru dan mengembangkan usahamu.

Kehadiran mereka bisa memberikan bantuan terkait marketing produkmu sampai memberi masukan untuk meningkatkan kualitas produkmu ke depannya.

Contact Us