Figure Blog

Bagaimana Produk Bundle Bisa Bikin Penjualanmu Naik Drastis?

29 Sep 2023

Meningkatkan penjualan dengan mudah jadi keinginan dan tantangan tersendiri di tengah dunia usaha yang begitu kompetitif.

Walau begitu, hal ini sangat mungkin dicapai dan ada satu metode sederhana yang bisa membantumu melakukannya: Bundling produk.

Dalam pembahasan singkat ini, kamu akan melihat bagaimana bundling produk bisa membawa penjualanmu meroket tanpa harus banyak effort untuk promo sana dan sini.

Bagaimana Produk Bundle Bisa Bikin Penjualanmu Naik Drastis?

1. Mengurangi Dead Stock

Salah satu penghambat terbesar dari berkembangnya penjualanmu adalah kehadiran dead stock di dalam gudangmu.

Kalau kamu ingin mendorong berkurangnya dead stock, melakukan bundling dengan produk yang serupa bisa jadi jalan keluar terbaik.

Kalau kamu membiarkan hal ini terjadi, kamu akan sulit restock produk baru dan kamu berpotensi mengalami kerugian karena produk tersebut tidak terjual.

2. Promosi Lebih Mudah

Punya produk baru yang akan kamu rilis ke pasaran? Melakukannya dengan bundling bisa menjadi jawaban yang menarik.

Kalau kamu misalnya, menjual produk sneakers dan ingin merilis produk kaus kakimu sendiri, kamu bisa melakukan bundling. Bukan hanya value dari produk sepatumu bertambah karena dilengkapi langsung dengan kaus kaki, tapi kamu bisa mempromosikannya tanpa perlu repot.

Ke depannya, jika pelanggan ingin membeli produk tersebut secara terpisah, mereka sudah tahu bahwa kamu menjualnya.

3. Meningkatkan Marjin Penjualan

Terkadang, seorang pelanggan mengalami kesulitan ketika harus membeli sebuah produk utama dengan beberapa produk tambahan lainnya. Di sisi lain, pelanggan juga terkadang tidak tahu produk mana yang mesti dibeli untuk melengkapi produk utama yang mereka butuhkan.

Risikonya? Produk tambahan yang ia beli mungkin tidak bisa melengkapi produk utama yang kamu jual.

Bundling produk pun bisa menjadi solusi dari masalah ini. Kamu bisa menyediakan produk-produk utama yang banyak diminati pelanggan dengan produk tambahan yang bisa mendukung fungsi produk utama tersebut.

Kesimpulan

Bundling produk adalah metode yang bisa menguntungkan pelanggan dan kamu sebagai pemilik usaha. Dengan ini, kamu bisa tetap mengembangkan usahamu sambil memberikan produk-produk yang pelanggan inginkan dan harapkan untuk beli.

Contact Us