Figure Blog

Bantu Pegawai Kamu Menguasai Product Knowledge dengan 4 Metode Pelatihan Ini!

2 Mar 2023

Sesuatu yang menarik diungkap Statista mengenai product knowledge pegawai toko: 79% gen Z setuju bahwa pegawai toko yang punya pengetahuan yang baik akan produk dan usaha tempatnya bekerja membuat pengalaman belanja jadi lebih menyenangkan.

Data ini menunjukkan bahwa product knowledge adalah sesuatu yang mesti dikuasai baik-baik oleh para pegawai kamu. Hal ini dimaksudkan agar mereka bisa melayani pelanggan dengan maksimal dan membantu pelanggan memilih produk yang tepat.

Di sisi lain, penguasaan yang baik akan product knowledge adalah kunci untuk meningkatkan penjualan usaha kamu.

Namun, bagaimana caranya melatih pegawai kamu untuk menguasai product knowledge yang baik?

1. Terapkan Roleplaying

Salah satu cara terbaik untuk bikin pegawai kamu mampu memiliki product knowledge dengan baik adalah dengan menerapkan metode roleplaying.

Metode ini serupa akting atau simulasi kecil-kecilan, di mana pegawai kamu akan terlibat dalam beberapa skenario tertentu yang mengharuskan mereka untuk melayani pelanggan yang ingin membeli atau mempelajari produk kamu.

Roleplaying menjadi metode yang sangat efektif untuk melatih product knowledge karena pegawai kamu bisa dipersiapkan untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi ketika melayani pelanggan.

Metode ini juga membantu melatih cara pegawai kamu berkomunikasi dan berinteraksi kepada pelanggan sehingga tetap bisa membuat pelanggan kamu tetap terlibat dalam interaksinya.

2. Baca Ulasan Pelanggan

Metode pelatihan yang lain untuk melatih product knowledge adalah dengan mengajak para pegawai kamu untuk membaca setiap ulasan pelanggan yang kamu terima.

Ulasan-ulasan pelanggan akan membantu para pegawai kamu untuk memahami lebih lanjut masalah, keinginan, hingga perilaku pelanggan dalam berinteraksi.

Hal ini akan memudahkan mereka menemukan solusi untuk menghadapi berbagai jenis pelanggan dengan perilaku yang berbeda.

Ilustrasi Pegawai Toko Melayani Para Pelanggannya

Sumber: Freepik

3. Lakukan Online Simulation

Bila kamu menyediakan layanan product demo atau trial untuk para pelanggan kamu, metode online simulation bisa mempersiapkan para pegawai kamu untuk melayani pelanggan yang ingin melakukan trial.

Melalui metode ini, kamu perlu melibatkan para pegawai kamu untuk menjelaskan produk kamu dan cara penggunaannya kepada pelanggan, berinteraksi dengan mereka, serta menjawab pertanyaan mereka.

Online simulation akan bikin pegawai kamu semakin siap dan nggak perlu lagi kewalahan atau gugup apabila harus melayani pelanggan yang ingin trial.

4. Buatkan Video dan Dokumen Panduan

Pastikan setiap pegawai kamu punya pegangan untuk terus dipelajari.

Pegangan yang dimaksud itu adalah panduan atau guide khusus.

Panduan berupa video dan dokumen atau buku panduan bisa menjadi pegangan yang tepat untuk para pegawai kamu untuk mempelajari kembali setiap produk yang kamu jual apabila ada satu dua hal yang mereka lupa.

Selain itu, beberapa bahan panduan ini bisa jadi bahan belajar mereka sebelum memulai operasional dan melayani pelanggan.

Contact Us