Figure Blog

Beragam Jenis Online Shoppers di Online Store yang Perlu Kamu Kenali, Apa Saja?

19 Oct 2023

Setiap pelanggan di online store atau eCommerce platform adalah individu yang unik. Mereka bisa dikelompokkan berdasarkan kesamaan gaya hidup, kepribadian, dan preferensi.

Tentunya kamu tidak bisa menargetkan semuanya. Namun, kamu bisa mempelajari karakteristik setiap jenis pelanggan bila kamu sewaktu-waktu ingin menargetkan jenis pelanggan tertentu dan merancang strategi pemasaran yang relevan dengan setiap jenis pelanggan.

Lantas, ada apa saja jenis pelanggan yang perlu kamu kenali dan apa saja cara yang bisa diterapkan untuk melayani dan memenuhi kebutuhan 5 jenis pelanggan ini?

5 Jenis Online Shoppers yang Perlu Kamu Kenali di Online Store

1. Pelanggan Impulsif

Pelanggan impulsif mungkin merupakan jenis online shopper yang paling sering kamu temui eCommerce atau online store.

Orang-orang yang tergolong pelanggan impulsif cenderung berbelanja dengan menggunakan perasaan dalam mengambil keputusannya.

Artinya, ketika mereka melihat barang yang menarik namun sejatinya tidak mereka butuhkan, mereka akan merasa sayang untuk melewatkan barang itu. Oleh karenanya, tingkat belanja yang mereka lakukan cenderung tinggi.

Untuk menggaet pelanggan impulsif, kamu bisa menerapkan berbagai cara yang begitu mudah dan sederhana. Gunakan foto-foto dengan kualitas tinggi untuk menarik perhatian mereka. Tawarkan juga newsletter atau promo produk baru. Mereka dijamin akan mudah bertekuk lutut.

2. Pelanggan yang Rajin Riset

Kebalikan dari pelanggan impulsif, pelanggan yang rajin riset adalah pelanggan yang cenderung berpikir rasional dan mengandalkan analisa dari berbagai faktor untuk mengambil keputusannya.

Mereka umumnya akan mengambil keputusan berdasarkan perbandingan antarproduk yang serupa, mulai dari perbandingan harga, fitur, keuntungan, sampai spesifikasi produknya.

Karena kecenderungan mereka untuk ingin tahu, kamu perlu mencantumkan informasi produk yang lengkap. Hal ini akan membantu mereka untuk lebih mudah mengambil keputusan dalam membeli produkmu atau membandingkan terlebih dahulu produkmu dengan produk lainnya.

Ilustrasi Online Shoppers sedang Berbelanja OnlineSumber: Freepik

3. Pelanggan Setia

Harta yang paling berharga memang adalah pelanggan setia. Jenis online shopper seperti inilah yang bisa membantu online store kamu terus bertahan dan berkembang. Meski jumlahnya tidak banyak, kehadiran mereka sangat berarti buat penjualan dan keuntungan usahamu.

Karena mereka cenderung sudah nyaman dengan usahamu, maka tugasmu agar mereka tetap bertahan sebagai pelanggan setiamu adalah dengan memberikan mereka apresiasi sebesar-besarnya melalu berbagai cara.

Kamu bisa memberikan reward dan promo khusus untuk mereka yang jadi pelanggan setia atau memutuskan jadi member. Selain itu, kamu bisa memberikan pelayanan yang sifatnya personalized agar mereka merasa benar-benar bisa dihargai sebagai seorang individu.

4. Pencari Diskon

Selain pelanggan impulsif, orang-orang yang mengincar diskon juga kamu bisa kamu temukan dengan mudah. Di mana ada diskon dan promo, disitulah mereka berada.

Kalau bicara cara menarik mereka, tentu saja jawabannya hanya satu: Sediakan promo, potongan harga, sampai voucher diskon untuk mereka sehingga mereka tertarik untuk berbelanja di tokomu. Kamu juga bisa memberikannya bila mereka rajin melakukan repeat purchases.

5. Need-based Shoppers

Jenis pelanggan yang terakhir ini adalah pelanggan yang paling sulit untuk diperoleh. Umumnya, mereka sudah memiliki kebutuhan atau keinginan sendiri. Mereka ingin agar kebutuhan dan masalah mereka dipertemukan dengan produk yang tepat sehingga bisa mempermudah hidup mereka.

Kalau sudah begini, kamu harus belajar untuk tidak terburu-buru. Artinya, fokus saja kembangkan produkmu dan pasarkan dengan informasi yang rinci dan lengkap.

Jangan bombardir mereka dengan promo, penawaran, atau konten upselling lainnya yang tidak relevan buat mereka. Bisa-bisa mereka terganggu dan memutuskan untuk menjauh dari produk atau brand-mu.

Kesimpulan

Itulah 5 jenis online shoppers yang perlu kamu kenali di online store. Kamu akan butuh pendekatan yang variatif dalam menghadapi berbagai jenis online shoppers.

Oleh karenanya, kamu perlu beradaptasi dan menyesuaikan usahamu agar bisa memenuhi apa yang mereka inginkan sehingga kamu bisa mendongkrak penjualanmu ke depannya.

Contact Us