Figure Blog

Bikin Customer Ngiler dengan Foto Produk yang Ciamik dengan Hape!

24 Nov 2021

Foto produk, bisa dibilang, salah satu faktor yang bikin calon pelanggan untuk ngiler sama produk kamu. Tapi, jangan harap kalau kamu asal jepret sana dan sini. Jangan sampai foto yang kamu tampilkan di etalase toko kamu, utamanya online atau di e-commerce, jadi terkesan bikin customer jadi “hah?” atau “ini apaan sih?”

Untuk menghasilkan foto produk yang menggoda dan bisa ‘mengundang’ pelanggan untuk beli, kamu memang butuh merogoh kocek yang sedikit lebih dalam. Kamu harus setidaknya memiliki kamera, tripod, lokasi yang tepat, peralatan lighting tambahan, dan kemampuan dasar untuk editing foto dengan aplikasi atau software. Tapi, apa jadinya jika yang kamu hanya punya smartphone?

 

1. Pakai Tripod

Jika kamu tidak punya kamera, paling tidak tripod adalah salah satu alat yang bisa menunjang usaha kamu untuk bikin foto produk yang mantap. Di luar sana ada banyak pilihan tripod khusus smartphone. Kamu tinggal sesuaikan saja sesuai kebutuhan dan smartphone yang kamu punya.

 

2. Pakai Pencahayaan Alami

Cahaya matahari atau cahaya alami adalah sumber cahaya terbaik buat pencahayaan produk saat ingin melakukan fotografi produk. Dengan cahaya alami, kamu bisa sekreatif mungkin membangun rancangan foto kamu sendiri. Mau taruh objek dekat jendela? Bisa. Mau foto berbayang dengan cahaya yang tidak terlalu kentara? Bisa juga. Yang terpenting adalah kamu nggak pakai cahaya flash, karena foto kamu niscaya akan jadi terlalu blur dan punya warna yang buruk.

3. Jangan zoom!

Jangan sekali-sekali gunakan zoom saat kamu sedang foto produk! Ini sudah aturan yang saklek dan nggak boleh kamu langgar. Zoom hanya bikin resolusi foto jadi turun dan berakibat pada kualitas foto yang kurang baik dan memuaskan. Kalau memang mau dapat foto produk yang lebih dekat, dekatkan saja kamera kamu ke produk yang ingin kamu jepret.

 

4. Manfaatkan Teknologi yang Ada

Kamera smartphone beberapa tahun terakhir telah berkembang begitu pesat dan punya beragam fitur yang mumpuni. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur dan kecanggihan teknologi yang telah disediakan kamera smartphone. Mau foto produk berukuran kecil? Pakai macro lens. Mau jepret objek yang besar dan jumlahnya banyak? Ada wide lens. Mau tingkatkan kualitas warna foto? Ada fitur yang siap untuk boost kualitas dan ketajaman warna produk.

 

5. Gunakan Beragam Sudut

Jangan hanya foto produk dari satu posisi atau sudut saja. Cobalah untuk eksplor lebih jauh jika kamu jepret produk dari sudut tinggi, samping, hingga bird-eye. Kamu bisa gunakan foto dengan sudut dan perspektif yang lebih variatif agar tidak monoton dan repetitif. Dengan variasi foto yang lebih banyak dari satu produk, pelanggan jadi tidak bosan ketika melihat produk kamu di e-commerce atau etalase digital kamu.

 

6. Edit Saja dari Smartphone!

Siapa bilang kamu harus selalu edit dari software di komputer? Kini, siapapun kamu, kamu bisa edit foto dengan aplikasi di smartphone. Meski memang fitur-fiturnya lebih terbatas dari software di komputer, tapi aplikasi photo editing di smartphone cukup simpel untuk kamu operasikan dan bisa dengan mudah dipelajari serta cukup untuk kamu yang memang tidak terlalu paham editing melalui komputer yang sifatnya lebih kompleks.

 

Jika kamu terbatas secara dana dan peralatan, setidaknya kamu tunjukkan usaha dan keinginan belajar untuk jepret produk kamu. Keterbatasan dana kini bukan lagi alasan, sebab cukup bermodalkan smartphone, semua proses, mulai dari proses jepret foto hingga editing, semua terasa mudah dan tentunya,murah.

Contact Us