Figure Blog

Bikin Konten Media Sosial yang Bisa Dapatkan Banyak Pembaca, Cukup Pakai 3C!

5 Sep 2022

Kehadiran media sosial seolah menjadi jembatan bagi banyak orang, termasuk pemilik bisnis, untuk menjangkau dan meraih lebih banyak pelanggan dengan mudah.

Pernyataan tersebut memang nggak salah, karena memang media sosial yang begitu terbuka memudahkan setiap bisnis untuk menemukan pelanggan.

Namun, yang sulit adalah bagaimana suatu bisnis atau UMKM bisa membuat konten media sosial yang berkualitas dan unik sehingga mampu menjangkau pelanggan yang mereka ingin sasar atau targetkan.

Lantas, bagaimana caranya menciptakan konten media sosial yang berkualitas dan sukses meraup lebih banyak pembaca?

Inilah metode 3C untuk memudahkan kamu menghasilkan konten berkualitas dan unik yang tiada hentinya buat media sosial kamu!

1. Credible

Informasi Terpercaya

Sumber: Unsplash.com

Ketika kamu berbagi informasi atau konten ke media sosial yang bisnis kamu punya, informasi atau konten tersebut haruslah sesuai dengan fakta dan berasal dari sumber yang benar-benar bisa dipercaya. Hal ini diperlukan agar kamu bisa membangun trust dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu. Berbagi informasi yang asal comot dari sumber yang random hanya akan bikin reputasi bisnis kamu rusak dan nggak akan banyak yang membaca dan menikmati konten yang kamu bagikan.

Untuk dapat membangun kredibilitas bagi suatu bisnis ketika membuat konten media sosial, kamu bisa melakukan survei atau kuesioner mandiri untuk mengumpulkan data yang orisinal. Data yang kamu peroleh bisa kamu kumpulkan dan kamu rangkum dalam berbagai bentuk. seperti infografis atau video singkat. Namun, untuk membuat dan mengumpulkan data dengan menggunakan survei, kamu harus meluangkan waktu dan tenaga yang cukup banyak untuk memperoleh data yang cukup.

Cara lainnya untuk memperoleh informasi yang kredibel adalah dengan mengambil data atau informasi dari sumber-sumber terpercayap. Sumber-sumber terpercaya tersebut dapat berupa portal berita yang berkualitas, badan statistik dan lembaga resmi pemerintah, hingga berbagai lembaga survei dan statistik independen.

2. Compelling

Copywriting Menarik

Sumber: Marketingexamples.com

Katakanlah kamu punya segudang konten dengan informasi yang akurat dan bisa dipercaya. Namun, delivery atau penyampaian setiap konten hanya berisi tulisan-tulisan dan angka.

Konten kamu dijamin nggak akan mampu menarik banyak pembaca dan nggak akan bekerja dengan efektif.

Oleh karenanya, kamu butuh merancang dan mengolah setiap informasi dan konten yang kamu punya ke dalam bentuk yang menarik dan juga dengan cara yang efektif dan tepat.

Kalau kamu memang ingin menggunakan tulisan sebagai senjata utama kamu dalam menyampaikan tulisan, gunakan copywriting yang singkat namun jelas. Tekankan keunggulan dan benefit yang bisa kamu tawarkan dan informasi menarik yang kamu punya kepada orang-orang dengan singkat namun disampaikan dengan cara yang menarik, jelas, dan mudah dipahami.

Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa bentuk penyajian konten lain, seperti membuat infografis atau visual yang menarik untuk benar-benar bisa mencuri perhatian dan menarik orang untuk membaca. Faktanya, konten media sosial yang dibuat dalam bentuk visual akan lebih cepat menarik perhatian orang-orang, yakni membutuhkan hanya 0.25 detik saja!

Gunakan juga topik yang agak antimainstream untuk membantu konten media sosial kamu benar-benar beda dari kebanyakan konten kompetitor.

3. Consumable

Grafik Statistik

Sumber: Pexels.com

Konten media sosial yang consumable artinya konten yang benar-benar bisa dinikmati para pembaca di tiap media sosial dengan nyaman dan optimal.

Dalam menciptakan konten media sosial yang benar-benar bisa dinikmati, readability atau kemudahan suatu konten untuk dibaca mesti jadi prioritas yang kamu utamakan. Untuk membuatnya, mulailah dengan menyajikan setiap konten dalam kualitas grafis atau resolusi yang tinggi sehingga terlihat jernih dan jelas di mata setiap pembaca atau penonton.

Lebih lanjut lagi, maksimalkan agar setiap tulisan dan gambar di dalam konten yang kamu buat bisa dibaca dengan mudah dan nggak terpotong-potong. Pastikan seluruh konten benar-benar bisa dibaca dan dinikmati.

Ketika ada suatu informasi yang sulit disajikan langsung, kamu bisa menggunakan gambar, analogi, chart, atau statistik yang memudahkan pembaca untuk menerima dan memahami informasi yang ada.

Dengan konten yang dibuat secara kredibel, disampaikan dengan cara yang menarik dan atraktif, dan disajikan dengan nyaman untuk dibaca, maka konten media sosial kamu sudah siap untuk punya views tinggi dan dibagikan banyak orang!

Contact Us