Figure Blog

Bikin Pelanggan Terkesan sama Bisnis Kamu dengan 5 Bentuk Ucapan Terima Kasih Kreatif Ini!

16 Sep 2022

Kata "terima kasih" harus selalu jadi bagian yang penting dalam bisnis kamu. Dua kata ini adalah sesuatu yang ajaib dan punya kekuatan nggak tergantikan untuk membantu kamu membangun relasi dengan pelanggan kamu dan menunjukkan apresiasi kamu kepada mereka.

Namun, mengucapkan "terima kasih" nggak harus selalu dengan cara verbal atau melalui ucapan saja. Kamu bisa mengungkapkannya dengan cara-cara kreatif dan di luar kepala. Dijamin, pelanggan kamu pun akan benar-benar merasa dihargai dan bisnis kamu pun akan dipandang semakin positif oleh mereka!

Lantas, cara apa saja yang bisa kamu terapkan biar ucapan "terima kasih" jadi lebih kreatif dan naik level?

1. Free Product / Bonus

Produk gratis atau bonus adalah suatu pesona yang nggak bisa ditolak. Hampir sebagian besar orang tentunya akan tersenyum lebar apabila menerima sesuatu melebihi dari yang ia harapkan, dan ini pun berlaku juga ketika pelanggan setia kamu memperoleh produk gratis atau bonus.

 

Misalkan, jika kamu berbisnis apparel dan pelanggan setiamu rutin membeli kaos dari kamu, sertakan bonus seperti topi kupluk atau mini notebook. Contoh lain, jika kamu memiliki kedai kopi dan pelanggan setiamu rutin memesan cappucino, berikan tambahan secara gratis berupa segelas espresso atau sepiring kecil pastry untuk menemaninya ngopi santai.

2. Foto Bersama

Ingin membuat kenangan bersama dengan para pelanggan setia kamu? Cobalah ajak mereka berfoto atau selfie bersama.

 

Jangan lupa, upload foto yang telah kamu ambil ke media sosial dan tag mereka. Kamu juga bisa menambahkan sedikit backstory tentang setiap pelanggan setia kamu dan bagaimana relasi mereka dengan bisnis kamu.

 

Meng-upload foto bersama pelanggan setia di media sosial bisnis kamu memungkinkan kamu untuk membangun relasi yang lebih dekat dengan mereka dan menciptakan atmosfer yang lebih positif lagi. Hal ini juga bisa jadi bagian dari strategi pemasaran kamu untuk menunjukkan bagaimana kamu berhubungan dan memperlakukan para pelanggan kamu, terutama pelanggan setia.

3. Buat Produk Custom

Ketika kamu sudah punya pelanggan setia atau tetap, salah satu cara unik memberikan apresiasi adalah dengan membuat produk yang custom atau personalized khusus untuk mereka. 

 

Hal ini bisa dilakukan untuk packaging yang kamu rancang sendiri atau dari produknya yang memang kamu buat dan desain secara khusus. Kamu bisa juga merancang produk agar sesuai dengan minat dan hobi pelanggan setia kamu atau sesuatu yang disukai olehnya.

 

Jangan lupa juga sertakan kartu pos atau surat kecil untuk menyempurnakannya!

4. Berikan Sampel atau Produk Terbaru

Kalau kamu punya produk baru yang akan segera rilis, sediakan beberapa produk atau bahkan sampelnya buat para pelanggan setia kamu.

 

Hal ini menunjukkan usaha kamu untuk benar-benar mengapresiasi mereka walau dengan sesuatu yang kecil. Hal ini juga membantu kamu untuk mengetahui apa tanggapan dan masukan mereka terkait dengan produk terbaru kamu. Dari situ, kamu jadi lebih mudah mengembangkan dan menyempurnakan produk tersebut sebelum dirilis ke pasaran.

 

Dan bukannya nggak mungkin, mereka akan membeli produk terbaru yang kamu akan rilis.

5. Dukung Apa yang Mereka Lakukan

Apa ada pelanggan kamu yang memiliki bisnis atau usaha pribadi? Ketika mereka membutuhkan bantuan untuk bisnis mereka, berikanlah dukungan baik secara moral maupun material untuk mereka.

 

Kamu bisa membantu mereka dengan membeli produk atau menggunakan jasa yang mereka tawarkan. Ajak mereka juga untuk menjalin partnership dengan bisnis kamu. Rekomendasikan bisnis mereka kepada pelanggan kamu yang lain.

 

Namun, apa jadinya jika pelanggan kamu bukan seorang pebisnis, melainkan seorang pekerja kantoran atau bahkan seorang pelajar?

 

Sederhana saja. Coba bangun percakapan dengan mereka. Tanyakan kabar mereka dan bagaimana pekerjaan atau pelajaran yang mereka hadapi. Kamu bisa mendengarkan mereka kalau mereka sedang ada kesulitan di tempat kerja atau di sekolah.

 

Hal-hal di atas memang sederhana, namun dampaknya begitu kuat dan sangat ampuh untuk membangun relasi dan kedekatan kamu dengan para pelanggan setia kamu.

Contact Us