Figure Blog

Bingung Sampaikan Produk yang Out of Stock ke Pelangganmu? Lakukan 3 Cara Ini!

16 Dec 2023

Salah satu hal terberat yang bisa disampaikan seorang pemilik usaha kepada pelanggannya adalah fakta bahwa produk yang pelanggan minta sudah habis.

Beratnya melakukan hal ini jelas membuat para pemilik usaha harus memutar otak untuk menyampaikan informasi ini kepada pelanggan tanpa harus membuat pelanggan kecewa.

Lalu, bagaimana kamu sebagai pemilik usaha bisa melakukannya?

3 Cara Mudah Sampaikan Info Produk Out of Stock ke Pelangganmu

1. Informasikan Sesegera Mungkin

Ketika kamu tahu ada produk yang sudah habis persediaannya, selalu informasikan secepat mungkin kepada pelangganmu.

Bila kamu punya kontak pelanggan regulermu, kamu bisa menghubunginya secara personal. Bila kamu memiliki online store, kamu bisa segera memperbarui halaman produknya sehingga pelanggan yang akan membeli bisa mengetahui ketersediaan produknya.

Kalau pelanggan sudah memesan produk sebelum kamu memperbarui informasinya bahwa produkmu sudah habis, hal ini akan jadi rumit karena pelanggan kamu harus mengurus refund dan kecewa karena pesanannya batal.

2. Utamakan Transparansi dan Permintaan Maaf

Kunci dalam menyampaikan informasi produk yang sudah habis adalah kejelasan informasi yang dimiliki dan tidak lupa, permintaan maaf.

Pertama, jelaskan mengapa produk tersebut sudah habis. Bila mungkin, informasikan kapan pelangganmu kapan produk tersebut tersedia lagi atau bisa dibeli lagi.

Setelahnya, sampaikan juga permintaan maaf sehingga pelanggan tetap bisa memiliki persepsi yang baik terhadap usahamu dan pengalaman belanja pelanggan tidak terlalu terpengaruhi.

3. Lakukan Follow-up

Sebagai pemilik usaha, kamu mesti berperan aktif dalam hubunganmu dengan pelanggan. Ketika sebuah produk habis, kamu bisa menyampaikan follow up atau menginformasikan ketersediaan produk kepada mereka.

Jangan sampai pelanggan menunggu lama hanya untuk mengetahui apakah produkmu sudah ada atau belum. Follow-up berfungsi sebagai notifikasi atau pemberitahuan yang membuat pelanggan bisa membeli produkmu dengan segera tanpa harus menunggu lama.

Kesimpulan

Jangan biarkan pelangganmu menunggu berlarut-larut hanya untuk membeli sebuah produk. Bila habis, kamu harus bergerak cepat untuk menyampaikan informasi tersebut sehingga pelanggan tahu apa yang harus diekspektasikan mengenai persediaan produk tersebut di masa depan.

Contact Us