Figure Blog

Branded Email: Apa itu dan Kenapa Pemilik Usaha Harus Punya

21 Feb 2024

Ketika akan membuka usaha sendiri, apa yang paling kamu ingat? Banyak yang tentunya ingat untuk mengumpulkan modal yang cukup, mematangkan berbagai rencana, sampai dengan melakukan riset produk berulang-ulang. Kalau soal alamat email usaha, apakah kamu ingat?

Alamat email usaha atau yang umum dikenal sebagai branded email address jadi sesuatu yang sering diabaikan. Banyak yang beranggapan bahwa sebuah usaha hanya butuh email pribadi saja sebagai jalan untuk komunikasi dengan pelanggan.

Padahal, branded email address bisa berpengaruh besar untuk usahamu. Yuk cari tahu berbagai dampak dari branded email address dan cara membuatnya!

Apa itu Branded Email?

Branded email adalah suatu jenis alamat email atau surat elektronik yang di dalamnya terdapat nama usaha atau brand kamu. Format umum dari branded email adalah nama lengkapmu dan nama usahamu yang dipisahkan dengan simbol @.

Misalkan, jika nama sebuah usaha adalah Sukses Jaya dan nama pemiliknya John, maka branded email-nya adalah john@suksesjaya.com.

3 Alasan Pemilik Usaha Harus Punya Branded Email Address

1. Meningkatkan Reputasi Usaha

Memiliki branded email address adalah sesuatu yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan pemilik usaha. Padahal, ini adalah cara yang sederhana namun efektif untuk meningkatkan reputasi usahanya.

Ketika seorang pemilik usaha dan usahanya memiliki branded email address, pelanggan lebih yakin bahwa brand tersebut adalah brand yang kuat dan bisa dipercaya serta punya kredibilitas yang baik.

Bayangkan kalau email usahamu cenderung asal-asalan. Pelangganmu justru akan curiga dan khawatir untuk bertransaksi dengan usahamu.

2. Memperkuat Identitas Brand

Branded email address adalah jalan yang mudah untuk bikin identitas brand kamu semakin solid dan kuat. Dengan exposure nama brand yang ada di alamat email usahamu, maka pelanggan akan lebih mudah ingat tentang brand kamu.

3. Lebih Mudah Dikelola

Umumnya, branded email address lekat dengan hosting dari situs yang kamu gunakan untuk usahamu. Umumnya, ketika membuat hosting untuk situs usahamu, kamu bisa membuat branded email address kamu sendiri.

Yang menarik dari hal ini adalah dengan keterhubungan antara web hosting dan alamat email yang sudah dibuat, pengelolaan alamat emailnya bisa dilakukan dengan lebih praktis karena bisa dilakukan langsung di web hosting dengan domain yang sudah kamu beli.

Cara Mudah Membuat Branded Email

1. Cari Web Hosting yang Pas

Untuk membuat branded email address, kamu bisa mulai membeli nama domain terlebih dahulu. Kemudian, mulai cari web hosting yang sesuai dengan kebutuhanmu. Di Internet, tersedia beragam web hosting dengan fitur dan harga yang bervariasi.

Sebisa mungkin gunakan domain ".com" dengan nama yang mudah diingat dan hindari berbagai simbol yang membingungkan. Hal ini agar situs usahamu bisa lebih mudah dicari dan ditemukan.

2. Pilih Format Penamaan

Selanjutnya, tentukan format penamaan dari alamat email yang akan digunakan. Kamu bisa menggunakan format nama lengkap dengan urutan nama pertama dan nama terakhir atau sebaliknya.

3. Atur Email Client

Agar branded email address kamu bisa berfungsi sepenuhnya, kamu butuh email client. Beberapa email client yang populer untuk digunakan antara lain Microsoft Outlook, Gmail, sampai dengan Thunderbird.

Sesudah mengatur email client untuk alamat email kamu, kamu sudah bisa menggunakan branded email address untuk berkomunikasi dan berbagai keperluan usahamu dengan pelanggan. 

Kesimpulan

Walau baru memulai usahamu sendiri, memiliki branded email address sejak awal adalah kunci untuk menciptakan usaha yang benar-benar solid dan profesional.

Oleh karenanya, kalau kamu masih memiliki sedikit modal usaha, sisihkanlah untuk membuat branded email address.

Contact Us