Figure Blog

Branding Bisnis Makin Jitu Cuma Modal Website!

12 Oct 2021

Website, bisa dikatakan, adalah wajah bisnis kamu secara digital. Meski sudah memiliki toko fisik, selalu saja ada orang-orang yang baru mengetahui bisnis kamu lewat website atau toko online yang telah kamu buat. Dari situ, kamu menanamkan image bisnis kamu dan bikin calon pelanggan ingat terus dengan bisnis kamu. Oleh karenanya, website yang kamu miliki jadi kunci untuk membangun first impression bagi calon pelanggan yang baru pertama kali menemui bisnis kamu di Internet.

 

Ketika kamu membangun website secara asal, tidak sejalan dengan visi dan citra bisnis yang mau kamu bangun, dan nggak menyajikan pengalaman yang enjoyable buat calon pelanggan, bisa dikatakan bahwa kamu sudah gagal membangun impresi yang baik secara digital. Oleh karenanya, penting untuk membangun website secara optimal dan memberikan pengalaman yang menyenangkan buat calon pelanggan.

 

 

Apakah membangun website yang baik hanya bermodalkan desain yang kece dan eye-catching serta kekinian? Itu hanya satu dari sekian, sebab ada beberapa hal lain yang perlu kamu tekankan saat membangun website yang baik sehingga kamu bisa branding bisnis kamu secara tepat!

 

1. Websitenya Untuk Apa?

Semua selalu memiliki tujuan, termasuk membangun website untuk bisnis. Apa tujuan kamu bikin website untuk bisnis kamu? Untuk jualan online? Atau cuma untuk berbagi konten dan informasi tentang bisnis kamu? Selalu tentukan dulu tujuannya. Ini harus kamu lakukan di awal bisnis kamu. 

 

Kalau kamu memang sudah berniat untuk berjualan secara online lewat bisnis kamu, pastikan pengalaman calon pelanggan dalam mengoperasikan website kamu tetap simpel dan smooth. Pastikan setiap proses belanja, mulai dari tampilan produk, pemilihan produk, sistem pembayaran, dan tracking pengiriman produk semuanya serba cepat, simpel, dan nggak bikin pusing kepala mereka. Kalau kamu niatnya hanya untuk berbagi konten dan info berupa artikel, info produk, hingga promosi, pastikan setiap informasi yang disajikan readable alias mudah dan nyaman dibaca.

 

2. Konsisten

Konsistensi adalah kunci dalam membangun website. Cari tahu dulu apa citra bisnis yang menonjol atau ingin kamu tonjolkan dari bisnis kamu. Misalkan, kamu membangun bisnis apparel bertemakan alam. Jangan sampai kamu menggunakan pewarnaan atau desain yang minimalis a la Skandinavian. Alhasil, website kamu jadi terlalu ‘ramai’ dan bikin pusing kepala calon pelanggan kamu. Mereka akan jadi bertanya-tanya “ini sebenarnya jualannya apa?” atau “ini bisnis apa?”. Cukup satu tema atau ciri khas yang ingin ditonjolkan, dan lakukan secara konsisten.

 

3. Bikin Pengalaman yang Menyenangkan

Website bukan hanya dilihat atau untuk ‘cuci mata’, tapi juga untuk dioperasikan. Karena faktor inilah, website kamu harus benar-benar nyaman dan memiliki UI / UX yang bisa dioperasikan tanpa harus bikin calon pelanggan kamu garuk-garuk kepala. Apakah tombol call-to-action sudah terlihat jelas? Apakah setiap tulisan mudah dibaca? Bagaimana dengan tahapan pembayaran di websitenya? Apakah setiap bagian dan section bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna? Jawab pertanyaan-pertanyaan ini, dan kamu akan mudah menyajikan pengalaman yang menyenangkan buat calon pelanggan kamu.

 

Bikin website bukan cuma perkara bikin desain lalu masukkan logo dan produk kamu. Terlihat sesederhana itu, nyatanya tak hanya itu. Bikin website adalah soal membangun reputasi dan image bisnis kamu di mata orang-orang yang lebih banyak berselancar di Internet maupun media sosial. Maka dari itu, setiap jengkal website kamu tidak boleh dibuat secara main-main ya!

Contact Us