Figure Blog

Cek Persiapannya untuk Bantu Pegawai Baru Adaptasi!

24 Nov 2021

Kehadiran pegawai baru di perusahaan menjadi hal yang menyenangkan. Kamu mendapat anggota tim baru dengan segudang pengetahuan dan pengalaman yang bisa membantu tim dan bisnis kamu untuk maju bersama. Kamu juga jadi bisa mengenal orang baru dan saling belajar dan memahami satu sama lain dalam pekerjaan ke depannya.

Namun, mendapatkan pegawai baru juga merupakan satu hal yang menantang. Ini bukan soal menyambut mereka dengan senang hati, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk bisa nyaman di lingkungan baru, memahami dan bekerja di bawah kultur kerja yang baru, hingga menyesuaikan diri dengan kondisi dan wajah-wajah baru. Oleh karenanya, kamu butuh persiapan onboarding berikut agar pegawai yang baru kamu terima di dalam bisnis bisa memenuhi hal-hal yang tadi telah disebutkan.

 

1. Tanamkan Kultur Perusahaan

Perlahan tapi pasti, kamu harus mulai untuk memperkenalkan kultur kerja perusahaan. Bukan hanya lewat komunikasi, tetapi lewat contoh dan bukti nyata. Komunikasikan secara jelas semuanya hingga nggak tersisa satu tanda tanya pun di kepala pegawai baru. Jangan harapkan adaptasi yang cepat dan kilat, cukup fokuskan satu hal : bahwa ia dapat beradaptasi dengan kultur perusahaan secara nyaman dan nggak terkesan diburu-buru agar ia mampu mulai memahami dan betah dengan kultur perusahaan.

 

2. Buat Panduan Sederhana

Jika pegawai baru yang kamu terima terkadang masih lupa atau bingung dengan hal-hal penting terkait perusahaan, kamu bisa kirimkan kepadanya sebuah buku panduan untuk ditaruh di meja kerjanya atau sekadar ceklis penting terkait proses dan kultur kerja di perusahaan. Hal kecil semacam ini adalah bukti bahwa kamu benar-benar menunjukkan kepedulian terhadap pegawai baru untuk tumbuh berkembang dan bisa beradaptasi di perusahaan kamu.

 

 

3. Jangan Terlalu Kaku

Ketika perkenalan dan onboarding yang kamu lakukan bersama pegawai baru terkesan kaku, pegawai baru akan bingung dan lebih sulit beradaptasi serta terasa kikuk. Maka dari itu, penting buat kamu untuk menciptakan atmosfer perkenalan yang santai dan fleksibel. Ajak pegawai baru untuk sekadar ngopi santai di kantin atau ajak dia untuk makan siang bersama dengan rekan satu tim atau divisinya. Di awal mungkin terasa kaku, namun semakin lama akan semakin cair jika dibawa dengan santai.

 

4. Persiapkan yang Mereka Butuhkan

Sambut pegawai baru dengan satu hal sederhana : Persiapkan seluruh yang mereka butuhkan di tempat kerja mereka. Persiapkan berbagai peralatan, mulai dari alat tulis, file dan folder, hingga seluruh peralatan yang relevan atau sesuai dengan pekerjaannya. Dengan persiapan yang detil dan rapi, mereka akan merasa disambut dan diperhatikan penuh sebagai seorang pegawai baru. Hal ini juga akan memudahkan adaptasi mereka.

 

5. Sediakan training

Pegawai baru tentu nggak bisa kita langsung minta untuk mengerjakan pekerjannya, meski ia mungkin saja sudah ahli atau punya pengalaman di bidangnya. Selalu sediakan program latihan untuk membantu mereka menyegarkan kembali pengetahuan dan pengalaman mereka dan menyesuaikan diri dengan cara kerja di perusahaan. Di samping itu, kamu juga bisa membantu mereka lebih siap dengan menyediakan beberapa program seminar atau pelatihan dari luar demi membantu mereka berkembang.

 

6. Ingat : Follow-up!

Ketika semua sudah dilakukan, makan siang, diskusi, hingga persiapan peralatan dan pelatihan yang mereka butuhkan, satu langkah terakhir adalah lakukan follow-up. Bukan hanya sekali dua kali, tapi lakukan sampai mereka sudah terlihat sanggup dan mulai terbiasa dengan pekerjaan yang mereka jalani. Kamu juga harus yakin kalau dia benar-benar siap dan sanggup menjalankan seluruh pekerjaan sesuai dengan posisi yang dia tempati.

 

Adaptasi untuk pegawai baru bukan hanya salaman dan kenalan sana sini atau komando pekerjaan, tapi juga bagaimana agar mereka bisa paham dengan perusahaan kamu dan mulai merasa nyaman dan betah di sana. Semoga ceklis di atas siap membantu kamu bikin pegawai baru lebih betah untuk bekerja di perusahaan kamu ya!

Contact Us