Sebelum melihat atau menyentuh langsung produk yang dibeli, hal pertama yang akan dilihat oleh pelanggan adalah kemasan atau packaging produk.
Salah satu jenis kemasan produk yang bisa kamu pakai adalah custom packaging.
Jenis kemasan produk yang satu ini bisa menjadi pilihan yang menarik karena berbagai alasan. Apa saja ya?
Sebelum pelanggan menilai produk yang mereka beli, pelanggan akan terlebih dahulu menilai kemasan produk yang membungkus produknya.
Dengan custom packaging, kamu akan lebih mudah menciptakan first impression yang baik di dalam persepsi pelanggan. Pelanggan akan terus mengingat produk dan usaha kamu hanya karena packaging produk yang kamu gunakan.
Salah satu faktor yang membentuk persepsi dan pemikiran seorang pelanggan adalah packaging produk yang kamu gunakan.
Melalui pemakaian custom packaging, kamu bisa membuat identitas usaha kamu makin nempel di kepala pelanggan. Lama-kelamaan, pelanggan kamu akan paham identitas usaha dan mereka akan mengingat kamu apabila mereka sedang bicara soal packaging produk yang unik.
Dari sini, brand image usaha yang unik dan beda dari usaha kamu akan mulai terbentuk.
Satu hal unik dalam suatu usaha akan membantu usaha tersebut berbeda atau stand out dari usaha lainnya. Dalam konteks ini, custom packaging untuk produk kamu bisa jadi satu hal yang membedakan dari para pesaing kamu.
Melalui custom packaging, usaha kamu akan lebih mudah membangun brand image yang diharapkan dan orang-orang jadi lebih mudah mengingatnya karena kesan memorable yang didapatkan.
Ketika kamu membuat sesuatu yang berbeda bagi usahamu, seperti custom packaging yang unik dan jarang dilihat orang, hal tersebut akan "memasarkan" usaha kamu secara otomatis.
Maksudnya, kamu nggak perlu repot-repot lagi meluangkan usaha atau biaya yang besar untuk marketing.
Dengan custom packaging yang unik dan menarik, potensi word of mouth jadi lebih tinggi, di mana orang-orang akan bercerita dan membagikan informasi soal uniknya packaging kamu. Mereka bisa share soal kemasan produkmu di media sosial baik dalam bentuk foto maupun video unboxing.
Saat pelanggan menerima produk dalam kemasan produk yang khas, pelanggan akan memandang produk yang dibelinya dengan lebih bernilai. Pasalnya, kemasan tersebut memberikan sesuatu yang nggak pernah atau jarang dirasakan oleh pelanggan sebelumnya.
Singkatnya, hanya dengan membuka kemasan tersebut, pelanggan memperoleh pengalaman belanja yang menyenangka dan menarik.