Figure Blog

Customer Service itu Harus Efisien atau Bersahabat? Temukan Jawabannya di Sini!

14 Mar 2024

Sebagai garda terdepan dari pelayanan pelanggan yang membutuhkan bantuan dan penyelesaian masalah, customer service harus bisa memberikan solusi dan jawaban yang memuaskan secepat dan seramah mungkin.

Menariknya, memiliki customer service yang seperti itu menjadi tantangan tersendiri karena umumnya sebuah usaha sulit melakukan keduanya secara bersamaan. 

Kalau begitu, mana yang lebih penting untuk dicapai, customer service yang efisien atau yang ramah?

Customer Service Efisien vs Customer Service Bersahabat

Customer service yang efisien berarti pelayanan pelanggan yang bisa merespon kebutuhan pelanggan dan memberi solusi dengan cepat buat pelangganmu.

Artinya, customer service yang seperti ini cenderung on point dan bisa memuaskan pelanggan karena kecepatannya dalam menyelesaikan masalah sekaligus memberikan solusi yang memuaskan dengan sedikit waktu dan tenaga.

Di sisi lain, ada customer service yang bersahabat, di mana customer service ini mampu memberikan kepuasan bagi pelanggan bukan hanya dari segi solusinya saja, tetapi juga interaksi yang ramah dan membuat pelanggan nyaman. Namun, bukan berarti solusi yang diberikan cepat dan responsif.

Kelebihan Customer Service yang Efisien

1. Lebih Unggul dari Kompetitor

Efisiensi adalah satu aspek yang bisa membuatmu selangkah lebih maju dibandingkan kompetitormu.

Ketika kompetitormu justru menawarkan solusi namun cenderung bertele-tele atau membuat pelanggannya kebingungan, ini bisa membuat pelanggannya mencari produk atau usaha yang bisa memberikan solusi yang cepat.

2. Meningkatkan Reputasi

Kalau kamu konsisten menyelesaikan masalah dengan cara yang efisien dan cepat, reptuasimu sebagai usaha yang efisien akan terbangun dengan sendirinya.

Hal ini akan bikin para pelanggan yang membutuhkan solusi yang mudah dan cepat datang kepada usahamu.

Kelebihan Customer Service yang Bersahabat

1. Membuat Pelanggan Lebih Nyaman

Apa yang terkadang tidak dimiliki customer service yang efisien adalah interaksi yang nyaman dan ramah. Efisiensi dalam customer service cenderung membuat sebuah usaha hanya fokus pada penyelesaian masalah, tapi mengurangi tingkat interaksi dengan pelanggan.

Meski mungkin terkesan bertele-tele atau panjang, interaksi yang nyaman terkadang dibutuhkan oleh suatu customer service untuk bisa memanusiakan si pelanggannya yang juga seorang manusia.

2. Mudah Menjaga Loyalitas

Suatu usaha yang mengutamakan interaksi yang nyaman bisa menjaga loyalitas pelanggannya dengan mudah. Pelanggan-pelanggan dari usaha yang memiliki customer service yang bersahabat bisa tetap loyal dengan usaha tersebut karena interaksi yang ramah yang terjaga dengan baik.

Meski customer service yang efisien juga bisa membuat seorang pelanggan loyal karena penyelesaian masalah yang cepat dan hemat waktu, namun peluang munculnya loyalitas pelanggan akan sedikit lebih besar pada usaha yang customer service-nya ramah.

Jadi, Mana yang Harus Dipilih?

Kalau memang usahamu mengutamakan kenyamanan dan keramahan dalam berinteraksi sehingga pelangganmu betah dalam berkomunikasi, maka customer service yang ramah bisa kamu kedepankan.

Efisiensi dalam customer service akan membantumu selangkah lebih baik dalam memberikan solusi, terlebih di tengah era media sosial dan teknologi di mana orang-orang lebih fokus mencari jawaban yang cepat untuk masalahnya.

Namun, kalau memang usahamu ingin agar masalah pelanggan bisa diselesaikan dengan cepat dan responsif dan mayoritas pelangganmu butuh solusi yang cepat, customer service yang efisien harus dibangun sejak awal.

Contact Us