Menghadapi ulasan atau review buruk adalah bagian sehari-hari dari menjadi pebisnis.
Kamu tentu akan mendapat komplain, kritik, hingga penilaian yang buruk dari satu atau dua pelanggan.
Hal tersebut nggak masalah, sebab kamu melalui komplain dan kritik yang ada, kamu jadi lebih banyak belajar untuk memperbaiki kualitas bisnis kamu.
Namun, ada kalanya bagi kamu untuk menghapus review buruk yang pelanggan kamu berikan. Yang jadi pertanyaan: Apakah memang review buruk dari pelanggan benar-benar harus dihapus?
Jika iya, review seperti apa yang akan membahayakan bisnis kamu dan justru harus dihapus?
Bila kamu sudah mendaftarkan bisnis kamu di Google Business Profile, kamu bisa dengan mudah melihat Google review yang masuk untuk bisnis kamu.
Kamu juga bisa menghapus Google review yang buruk untuk bisnis kamu dengan lebih mudah.
Namun, untuk menghapusnya, kamu harus berhati-hati dan memilihnya dengan lebih cermat!
Pasalnya, nggak semua Google review yang buruk untuk bisnis kamu benar-benar layak dihapus. Sebagian tetap perlu ada.
Apabila opini yang disampaikan oleh pelanggan tergolong valid dan benar-benar memiliki kritik yang membangun untuk perkembangan bisnis, jangan sekali-sekali kamu hapus ya!
Sumber: Freepik.com
Jenis review yang patut kamu hapus adalah review yang bermuatan unsur politik.
Review yang mengarah kepada keberpihakan satu sisi politik tertentu atau partai tertentu hingga mempromosikan kegiatan politik dari kubu tertentu adalah sesuatu yang nggak berkaitan sama sekali dengan bisnis kamu.
Jenis review selanjutnya yang wajib kamu hilangkan dari Google Business Profile kamu adalah review yang bersifat ofensif, mengandung ancaman atau mendorong kegiatan yang berbahaya, hingga bernada seksual.
Review yang bersifat ofensif seperti provokasi, penggunaan kata-kata kasar, dan hate speech sudah selayaknya dihapus dari Google Business Profile kamu. Nggak hanya membahayakan kualitas review yang kamu terima, tetapi kamu juga nggak memperoleh apa-apa untuk memperbaiki bisnis kamu.
Review yang mengandung ancaman atau mempromosikan kegiatan yang berbahaya atau ilegal hingga yang bernada seksual juga sudah sepantasnya dihapus.
Jangan pernah berikan ruang dan waktu untuk review dengan konten-konten seperti ini.
Jenis review ketiga yang wajib kamu hilangkan dari Google Business Profile kamu adalah review dengan konten yang sifatnya menjatuhkan, misleading, atau menipu orang-orang yang membacanya.
Review dengan konten seperti ini berasal dari pengalaman yang nggak nyata atau nggak faktual. Biasanya, di balik review dengan konten yang misleading atau menipu, terdapat kepentingan tertentu atau bisa juga berasal dari pesaing yang ingin menjatuhkan bisnis kamu.
Untuk kamu yang sudah memiliki akun Google Business Profile untuk bisnis kamu sendiri, cara menghapus ulasan di Google sendiri sangat mudah:
- Masuk ke akun Google Business Profile kamu.
- Cari review yang ingin kamu hapus atau laporkan.
- Pilih "Flag", lalu pilih "Click More", kemudian pilih "Flag as Inappropriate".
- Setelahnya, Google akan memproses permintaan kamu dalam beberapa hari.
Satu hal yang perlu diingat sekali lagi ketika kamu ingin melaporkan dan menghapus Google review yang diberikan kepada bisnis kamu adalah kamu harus memahami isi konten dari tiap Google review yang diberikan.
Jangan sampai kamu malah melaporkan dan menghapus semua Google review yang diberikan kepadamu. Kalau begini jadinya, kamu akan dianggap pelanggan sebagai bisnis yang anti dengan kritik dan hal ini bisa merusak brand image bisnis kamu!