Figure Blog

Dengan Fitur Instagram yang Satu Ini, Bisnismu Dijamin Makin Ramai!

12 Aug 2021

Semakin hari, Instagram semakin tidak kehabisan akal untuk membuat kamu dan miliaran pengguna lainnya untuk tetap nempel dengan aplikasi media sosial berbasis foto dan video ini. Mulai dari Instagram Story yang bahkan mengalahkan popularitas SnapChat, hingga fitur-fitur minor yang menambah ramai keunikan Instagram, seperti stiker dan filter. Bukan hanya pengguna biasa yang menggunakan fitur-fitur tersebut, melainkan juga mereka yang menjalankan bisnis, baik itu bisnis ternama maupun yang masih bergerak di bidang UMKM.

 

Kini, muncul lagi satu fitur baru yang sangat ramai digunakan : Instagram Reels. Kehadiran fitur ini memungkinkan kamu sebagai pebisnis untuk memasarkan bisnismu dengan lebih kreatif dan tentunya, menarik lebih banyak calon customer untuk menaruh perhatian pada bisnismu. Lantas, apa saja yang bisa kamu lakukan dengan fitur ini agar bisnismu makin ramai dan dikenal lebih banyak orang?

 

1. Buat tutorial

Instagram Reels bisa kamu manfaatkan untuk membuat video tutorial. Bisa apa saja, entah itu tutorial tentang cara pemakaian produkmu atau tutorial yang berkaitan dengan industri yang kamu masuki. Contoh sederhana, kedai kopi. Kamu bisa share tentang resep menyeduh kopi dengan metode atau biji kopi tertentu, atau kamu juga bisa share info tentang melatih kemampuan menyeduh kopi. Bila dikemas dengan kreatif, hasilnya pun akan memiliki value yang edukatif dan atraktif buat customer.

 

2. Ikut Tren

Tren adalah salah satu pemicu melonjaknya bisnis. Ketika satu tren dianggap menghebohkan, berbagai orang, organisasi, dan bisnis pun ramai-ramai mengikuti. Alhasil, arus tren semakin tidak terbendung hingga pada akhirnya, setelah beberapa waktu, tren tersebut dianggap usang dan membosankan. Nah, kamu bisa memanfaatkan tren sebagai momentum untuk mendongkrak bisnismu.

 

3. Bercerita tentang bisnismu dan behind the scenes-nya

Orang-orang suka dengan cerita ataupun narasi. Orang-orang seringkali tertarik untuk cerita di balik bertumbuhnya suatu bisnis hingga visi dan misi pemiliknya. Kamu juga bisa menyajikan apa yang terjadi di balik layar bisnismu - tentang proses pembuatan suatu produk, tentang para pegawaimu, hingga tentang hal-hal menarik yang terjadi di sekitar bisnismu.

 

Namun, semuanya kembali lagi pada cara kita mengemasnya. Artinya, kita harus memutar otak untuk membuat konten video yang kreatif yang mampu bercerita hanya dengan durasi 15-30 detik di Reels. Jangan sampai kamu membuat 30 detik itu seperti dongeng. Kemas dengan sederhana dan elegan untuk membuat calon customer merasa engaged dengan bisnismu.

 

4. Promosi Produk

Ketika produk terbaru akan kamu rilis, Instagram Reels bisa kamu manfaatkan untuk, kalau kata anak muda masa kini, promosi tipis-tipis. Tonjolkan keunikan produkmu, tampilkan keunggulan dan fitur-fitur terbaiknya. Kalau kamu jual produk apparel, tunjukan kekhasan dan style yang ditawarkan. Kalau kamu berbisnis furnitur, tunjukkan kualitas dan keunggulan setiap furnitur dan bagaimana pemakaiannya. Dengan begitu, calon customer dijamin akan ketar-ketir dan lebih tertarik untuk mencari tahu soal bisnismu.

 

Selalu ada sesuatu yang bisa kamu korek dari sesuatu yang baru. Sama halnya dengan fitur baru Instagram, yaitu Reels. Pahami dulu kemampuan yang ditawarkan oleh Reels, lantas maksimalkan agar Reels bisa membantu menaikkan nilai jual bisnismu!

Contact Us