Figure Blog

Digital Marketing Trifecta, Resep Manjur untuk Pasarkan Bisnis!

25 Oct 2021

Di masa-masa saat ini, pemasaran bukan hanya soal pemakaian cara-cara konvensional seperti berbagi brosur. Pemasaran juga memerlukan cara-cara yang digital dan mulai lebih banyak memanfaatkan teknologi dan koneksi Internet. Kehadiran kedua faktor tersebut bikin bisnis menjangkau pelanggan jadi lebih mudah. Namun, pemanfaatannya untuk memasarkan bisnis dan produk kamu nggak cukup dengan memakai satu atau dua media atau metode saja. Kamu butuh satu formula atau resep khusus agar digital marketing yang kamu lakukan untuk bisnis kamu jadi optimal. Formula tersebut dikenal dengan istilah digital marketing trifecta.

 

Kombinasi 3 Media untuk Digital Marketing

Digital marketing trifecta adalah sebuah istilah yang menggambarkan kombinasi antara 3 media secara bersamaan sehingga suatu bisnis mampu melancarkan digital marketing dengan tepat dan maksimal. Formula ini bisa dijadikan landasan untuk merancang rencana dan strategi digital marketing bisnis kamu ke depannya. Untuk menerapkan formula ini, kamu perlu menggunakan 3 media digital secara langsung dan bersamaan. Ada apa aja?

 

 

1. Owned Media

Owned media merupakan seluruh media yang bisa kamu kontrol dan kelola segala asetnya setelah kamu memilikinya. Untuk memperolehnya, kamu nggak perlu repot Kamu bisa cukup mendaftar untuk mulai membuatnya. Contohnya? Media sosial, website, hingga blog. Cukup dengan mendaftarkan akun kamu, kamu tinggal setup semuanya sesuai keinginan kamu.

 

Semakin banyak owned media yang kamu peroleh, maka kamu akan semakin mudah untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Tapi, jangan lupa ya : kalau sudah punya banyak owned media, sebisa mungkin untuk tetap aktif berbagi konten yang tepat agar bisnis kamu semakin dilirik. Selain itu, membangun owned media butuh waktu yang nggak sebentar. Oleh karenanya, butuh kesabaran dan pembelajaran untuk mengelola owned media untuk bisnis kamu.

 

2. Earned Media

Earned media diperoleh dari bagaimana kamu bisa menciptakan interaksi dengan pelanggan, ulasan pelanggan soal bisnis dan produk kamu, hingga bagaimana bisnis kamu masuk ke dalam pemberitaan. Media jenis inilah yang membantu bisnis kamu tersebar dari mulut ke mulut secara digital, entah itu lewat media sosial, e-commerce, hingga berita. Agar kamu bisa memiliki earned media yang kuat, pastikan selalu untuk tetap memberikan pelayanan dan respon terbaik kepada pelanggan, bagaimanapun ulasan dan reaksi mereka. Ingat selalu untuk memerhatikan kualitas produk kamu. Dua hal tersebut menentukan bagaimana pelanggan memberikan ulasan dan testimoni untuk bisnis kamu, hingga repost atau share konten kamu di Internet.

 

3. Paid Media

Setelah melihat 2 jenis media sebelumnya yang umumnya nggak memerlukan kocek mendalam, kini saatnya kamu melihat media selanjutnya, yakni paid media. Seperti namanya, paid media hanya bisa kamu pakai setelah kamu membayar sejumlah biaya. Biaya tersebut biasanya digunakan untuk beriklan secara digital menggunakan display ads, social media ads, search engine marketing, hingga membayar endorsement bila kamu memutuskan untuk kerja sama dengan influencer untuk membahas soal produk kamu. Paid media membantu menaikkan exposure bisnis kamu secara digital sehingga bisa dilihat dan dikunjungi oleh banyak pengguna Internet alias netizen.

 

 

Selayaknya sebuah mesin yang memiliki beberapa roda gear, digital marketing trifecta nggak akan bisa berjalan lancar kalau salah satunya macet atau bahkan nggak dijalankan sama sekali. Ketiganya harus kompak dan saling beriringan agar bisa memasarkan bisnis kamu dengan optimal secara digital. Memakai salah satu atau salah dua dari ketiganya nggak akan memiliki dampak yang terlalu signifikan buat bisnis kamu.

Contact Us