Figure Blog

Downstream Marketing: Metode Marketing untuk Lengkapi Upstream Marketing!

27 Jan 2023

Dalam beberapa pembahasan sebelumnya, kamu telah mengenal dan mulai belajar tentang upstream marketing dan bagaimana metode marketing ini bisa bantu kamu memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kali ini, kamu akan melihat metode lanjutan dari upstream marketing yang akan bikin proses marketing kamu lebih lancar secara keseluruhan!

Mengenal Metode Downstream Marketing

Downstream marketing adalah metode marketing yang fokus pada jangka pendek, yaitu penjualan produk atau jasa yang kamu punya.

Dalam downstream marketing, kamu akan menerapkan berbagai cara dan menggunakan marketing tools untuk menjual produk yang kamu punya kepada pelanggan yang sudah kamu tentukan dan pelajari saat upstream marketing.

Bedanya Apa dengan Upstream Marketing?

Satu hal yang membedakan upstream marketing dengan downstream marketing adalah tujuan dan jangka waktunya.

Dalam upstream marketing, fokusnya adalah untuk menemukan pelanggan yang tepat dan benar-benar membutuhkan produkmu dan memenuhi kebutuhan mereka. Sementara itu, dalam downstream marketing, fokusnya adalah untuk mendorong mereka membeli produk tersebut.

Selain itu, upstream marketing punya fokus jangka panjang karena metode marketing ini menekankan riset pasar dan pemenuhan kebutuhan pelanggan. Sementara itu, downstream marketing punya jangka waktu yang pendek karena fokusnya pada penjualan.

Ilustrasi Rencana Marketing untuk Menaikkan Penjualan

Sumber: Freepik

Bentuk Penerapan Downstream Marketing

Downstream marketing dikerahkan untuk mendorong penjualan produk atau jasa.

Untuk itu, berbagai cara dan media pemasaran seperti media sosial, email marketing, hingga ads.

Lebih dari itu, downstream marketing juga diterapkan dalam wujud pembuatan konten untuk marketing hingga pembuatan timeline dan rencana marketing yang detail, gambaran pelaksanaannya, hingga target yang ingin dicapai dari tiap rencana.

Dalam prosesnya, kamu bisa mengetahui dan memahami efektivitas dari setiap cara dan tools untuk marketing yang kamu gunakan dan hasil yang diperolehnya. Dari sini, kamu bisa merangkai rencana marketing yang lebih baik hingga memilih tools yang lebih tepat.

Bagaimana Downstream Marketing Melengkapi Upstream Marketing?

Downstream marketing dan upstream marketing adalah metode marketing yang nggak terpisahkan dan selalu membutuhkan satu sama lain.

Tanpa upstream marketing, kamu akan kesulitan mengetahui siapa target pasar kamu yang potensial dan benar-benar membutuhkan produkmu. Kamu juga akan kesulitan dalam membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target pasar kamu.

Sementara itu, tanpa hadirnya downstream marketing, kamu akan kesulitan untuk mengetahui apa yang perlu kamu lakukan untuk menjual produk kamu kepada target pasar yang sudah kamu tentukan.

Kamu juga akan sulit mengetahui cara dan tools mana yang paling tepat untuk memasarkan produk kamu ke target pasar kamu ke depannya.

OIeh karena itu, kedua metode marketing ini perlu dijalankan secara bertahap, dengan upstream marketing perlu diterapkan terlebih dahulu dan disusul downstream marketing untuk membuat target pasar kamu tertarik membeli produk yang kamu jual.

Contact Us