Figure Blog

Efek Psikologis ini Siap Tingkatkan Awareness Bisnis Kamu di Mata Banyak Orang!

6 Sep 2022

Meraih keuntungan dan larisnya penjualan memang jadi target utama dari suatu bisnis.

Namun, sebelum jauh ke sana, ada baiknya untuk kamu membangun awareness terlebih dahulu.

Salah satu caranya adalah dengan memainkan psikologis orang-orang, menggunakan sebuah efek psikologis yang disebut sebagai...

Mere Exposure Effect

Mere exposure effect, atau yang punya istilah lain sebagai familiarity effect, merupakan sebuah istilah psikologis yang dipakai untuk menggambarkan efek psikologis yang dialami seseorang di mana ia cenderung akan menyukai sesuatu apabila ia melihatnya dalam frekuensi yang rutin atau berulang-ulang. Semakin sering seseorang melihat sesuatu secara rutin atau berulang-ulang, mereka akan merasa lebih connected dan dekat dengan yang mereka lihat. Di dalam diri seseorang tersebut kemudian akan tumbuh trust terhadap apa yang mereka lihat.

Penyebabnya? Kondisi mental yang disebut sebagai cognitive fluency.

Sederhananya, cognitive fluency menggambarkan bagaimana seseorang bisa menilai dan menerima sesuatu dengan mudah. Ketika seseorang bisa menilai dan menerima apa yang mereka lihat dengan mudah, akibatnya hal tersebut akan tertanam di bawah sadar orang tersebut dan ia akan mengenal apa yang ia lihat dan ketahui dengan lebih mudah.

Hal ini menjelaskan mengapa orang-orang cenderung membeli dari produk atau brand yang sudah mereka kenal dibandingkan brand yang mereka baru mereka dengar satu atau dua kali.

Familiaritas

Sumber: Unsplash.com

Tips Penerapan Mere Exposure Effect

1. Hadirkan Bisnismu Dimana-mana

Menghadirkan bisnis kamu dimana-mana bukan berarti kamu harus membuka cabang di setiap daerah. Hal ini lebih berarti kamu harus hadir di berbagai channel untuk memungkinkan bisnis kamu lebih mudah dilihat dan diketahui banyak orang. Channel yang dimaksud bisa berarti online channel seperti media sosial dan official website hingga offline channel seperti toko fisik dan pop up store.

Dengan rutin hadir di berbagai channel, kamu bisa membantu orang untuk lebih familiar dan kenal dengan bisnis kamu.

2. Rutinlah Membangun Interaksi

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah rutin berbicara dan berinteraksi dengan banyak orang, baik yang merupakan followers atau non-followers kamu. Kamu nggak hanya perlu untuk hadir dimana-mana, namun juga perlu membangun interaksi secara konsisten. Jika kamu bisa rutin berinteraksi dengan banyak orang, siapapun itu, maka kamu akan bisa membangun pengalaman yang positif dan relasi yang lebih dekat dengan pelanggan kamu.

Dengan interaksi yang rutin dan konsisten, lama-kelamaan, orang-orang akan mengingat bisnis kamu.

Contoh Terbaik Penerapannya

Kalau kamu memainkan Instagram, cobalah untuk masuk ke kolom komentar dari beberapa akun seperti akun portal berita atau akun gosip. Selalu ada saja satu momen di mana kamu akan melihat akun bernama @kejumozzarela berkomentar di sebuah post dari beberapa akun tersebut. Komentarnya pun selalu diulang-ulang dan bahkan dijadikan bahan bercandaan oleh banyak pengguna Instagram lainnya, seperti "Jadi sungkan mau promo" atau "Keju mozzarelanya kakak". Alhasil, pengguna Instagram yang sedang menjelajahi kolom komentar pun jadi terhibur hingga kesal karena akun ini seolah ada dimana-mana.

Keju Mozarella Malang

Sumber: jogja.idntimes.com

@kejumozzarela memanfaatkan kolom komentar yang sederhana hanya dengan berkomentar secara singkat dan menggunakan komentar yang sama berulang-ulang dan sama sekali nggak ada kaitannya dengan post dari kolom komentar suatu akun yang dikomentari olehnya. Namun, efeknya luar biasa: Followers-nya meningkat signifikan, banyak orang pun jadi mengetahui keberadaan akun ini, dan bahkan nggak sedikit juga yang membeli keju mozzarella dari akun ini. Dengan aktivitas yang sederhana ini, brand @kejumozzarela pun jadi nempel di kepala banyak pengguna Instagram dan komentarnya di kolom komentar selalu ditanggapi pengguna Instagram yang terhibur dan kesal dengan komentar khasnya.

Untuk menerapkan mere exposure effect, kamu butuh menunjukkan brand kamu secara konsisten dan rutin melalui berbagai channel. Alhasil, bisnis kamu dijamin akan lebih nempel di kepala mereka dan semakin banyak dikenal!

Contact Us