Figure Blog

Fitur Produk Boleh Keren, tapi Ini yang Sebenarnya Pelanggan Kamu Cari!

6 Jun 2022

Di era yang modern seperti sekarang, sebagian besar bisnis berbondong-bondong untuk menunjukkan kualitas dan kecanggihan produknya. Mereka menyajikan berbagai teknologi dan fitur yang canggih untuk berbagai produknya, entah itu produk fisik maupun digital seperti aplikasi atau software tertentu. Hal ini dilakukan demi memancing dan menggaet para pelanggan baru.

Namun, perkembangan zaman juga membuat pelanggan jadi semakin pintar. Mereka jadi lebih memahami apa yang mereka butuhkan dan semakin mengetahui berbagai strategi pemasaran yang dikembangkan oleh sebagian besar bisnis. Mereka juga jadi lebih selektif dan penuh pertimbangan atas berbagai produk yang ditawarkan ke mereka. Para pelanggan pun nggak lagi mudah untuk digaet hanya dengan pemasaran produk yang menyajikan fitur dan spesifikasi produk yang canggih dan keren.

Lantas, apa yang harus dilakukan, apa harus ubah strategi pemasaran secara keseluruhan? Atau justru harus rombak produk?

Nggak perlu, kokstockers! Kamu cukup ubah fokus kamu dari fitur produk ke...

Benefits alias kelebihan produk.

Membedakan Fitur dan Benefits Produk

Untuk memahami perbedaan fitur dan kelebihan produk, mari lihat contoh di bawah ini.

Sebuah perusahaan memproduksi dan menjual sebuah produk berupa laptop. Salah satu highlight unggulan dari laptop tersebut adalah RAM sebesar 16 GB. Spesifikasi tersebut memungkinkan para pemilik laptop tersebut untuk melakukan pemrosesan data dengan cepat dan meringankan kinerja CPU. Alhasil, pekerjaan jadi lebih lancar dan nggak ada hambatan yang akan kamu alami sama sekali.

Sekarang, coba kamu cari tahu, mana yang termasuk fitur, mana yang termasuk kelebihan atau keuntungan?

RAM sebesar 16 GB adalah fitur atau spesifikasi produk, sementara kelebihannya adalah pemrosesan data yang lebih cepat dan membantu performa kamu dalam pekerjaan jadi lebih lancar.

Jadi, kesimpulannya adalah fitur lebih menunjukkan kecanggihan dan kualitas dari produk kamu, sementara benefits menunjukkan bagaimana fitur tersebut bisa memengaruhi pekerjaan dan kehidupan kamu dengan lebih baik.

Apa Artinya untuk Bisnis Kamu?

Seorang pelanggan membeli suatu produk bukan hanya karena ia suka. Ia membeli suatu produk karena ia ingin kebutuhannya dipenuhi dan permasalahannya dijawab oleh produk tersebut.

Ketika kamu menyajikan berbagai fitur yang canggih dari suatu produk, pelanggan nggak akan begitu peduli. Mereka lebih peduli tentang bagaimana fitur tersebut memberikan dampak yang positif buat kehidupan mereka. Mereka ingin diberikan alasan kepada produk tersebut bisa membuat hidup mereka jadi lebih baik. Mereka ingin tahu bagaimana fitur tersebut bisa menjawab masalah mereka.

Oleh karena itu, alih-alih melemparkan sejumlah spesifikasi canggih dari produk kamu saat melakukan pemasaran produk, ada baiknya kamu mengubah fokus kamu ke benefits atau kelebihan dari produk kamu. Ceritakan bagaimana setiap fitur bisa memberikan dampak yang positif buat kehidupan calon pelanggan kamu. Apakah pekerjaan mereka akan lebih lancar? Apakah produktivitas akan meningkat? Apakah kehidupan mereka jadi lebih nyaman dan termudahkan? Beberapa pertanyaan ini perlu kamu terus gali untuk menemukan apa yang produk kamu bisa berikan untuk para calon pelanggannya.

Jadi, kalau kamu masih fokus untuk menjual fitur produk kamu, mulai sekarang ubah strategi pemasaran kamu dan mulailah fokus untuk memberikan keuntungan dan kelebihan produk kamu buat para calon pelanggan kamu. Dijamin, mereka akan mempertimbangkan manfaat dari produk kamu dan jadi lebih tertarik untuk membeli produk kamu.

Contact Us