Figure Blog

Hyperlocal Marketing: Strategi Pemasaran Murah Raih Pelanggan Dekat Usahamu di Era Digital!

4 Jul 2023

Di era digital, ada begitu banyak cara untuk meraih banyak pelanggan dari berbagai tempat.

Namun, kemungkinan besar kamu akan kesulitan melakukannya karena keterbatasan modal seringkali jadi kendala, terlebih lagi kamu baru memulai usahamu.

Di kondisi seperti inilah hyperlocal marketing bisa menjadi jalan keluar terbaik untukmu.

Lantas, apa itu strategi pemasaran hyperlocal marketing? Bagaimana strategi pemasaran ini bisa membantumu melakukan pemasaran yang mudah dan murah di era digital?

Mengenal Strategi Hyperlocal Marketing

Hyperlocal marketing adalah strategi pemasaran yang diterapkan dengan menargetkan target pasar atau calon pelanggan yang berada di dekat atau tinggal di dekat lokasi usahamu dan juga mencari produk dan jasamu.

Artinya, hyperlocal marketing akan cocok untuk berbagai usaha atau bisnis yang berada di dekat daerah perumahan atau kompleks tertentu yang bisa meraih orang-orang yang berada di sekitarnya.

Tujuan penerapan dari hyperlocal marketing ini adalah meningkatkan foot traffic dan penjualan dari pelanggan-pelanggan yang memang mengincar produkmu yang tinggal di sekitar lokasi usahamu.

Dengan menerapkan strategi ini, kamu akan lebih mudah meraih pelanggan tanpa harus repot dan buang-buang banyak modal untuk mencari pelanggan yang lebih jauh.

Apa Saja Untungnya Hyperlocal Marketing Buat Usahamu?

1. Target Pasar Lebih Spesifik dan Mudah Dijangkau

Kekuatan terbesar dari hyperlocal marketing adalah memudahkanmu untuk menjangkau target pasar yang lebih spesifik, yakni orang-orang yang berada di dekat usahamu.

Di sisi lain, dengan menargetkan orang-orang yang tinggal dan berada di dekat usahamu, kamu akan lebih mudah menjangkau pelanggan tanpa perlu usaha lebih.

2. Lebih Murah

Karena target pelanggan yang disasar dengan hyperlocal marketing adalah orang-orang yang tinggal dan ada di dekat usahamu, maka kamu nggak perlu mengeluarkan banyak uang atau modal untuk menerapkan strategi pemasaran ini.

Dengan hyperlocal marketing, kamu hanya akan mengeluarkan uang untuk orang-orang yang memang tinggal dekat kamu dan sudah tertarik atau siap membeli produk atau jasamu. 

3. Lebih Mudah Meningkatkan Penjualan

Terkadang, orang-orang yang ingin produk atau jasa tertentu akan mencari terlebih dahulu keberadaan produk atau jasa tersebut di lokasi sekitar tempat mereka tinggal.

Hal ini menyediakan begitu banyak peluang untuk usaha yang menyediakan produk yang mereka cari. Alhasil, mereka akan lebih mudah meningkatkan penjualan dan return on investment-nya akan lebih besar.

Seorang Pelanggan Membeli Produk dari Usaha Lokal

Sumber: Freepik

Beberapa Tools Terbaik untuk Menjalankan Hyperlocal Marketing

1. Google Business Profile

Tool pertama yang akan sangat membantumu untuk melakukan hyperlocal marketing adalah Google Business Profile.

Dengan tool ini, kamu bisa setup halaman khusus usaha atau tokomu di Google Business Profile dan upload foto, video, katalog produk, sampai waktu operasional tokomu.

Dengan merancang halaman Google Business Profile yang lengkap dan informatif, kamu bisa membantu orang-orang yang mencari produk seperti produk yang kamu jual untuk mengetahui bahwa usahamu menyediakan apa yang mereka cari.

2. Google Ads

Tool kedua yang bisa kamu coba adalah Google Ads.

Untuk tool yang satu ini, kamu harus mengeluarkan sedikit dari modal pemasaran kamu untuk menjangkau target pasar yang ada di dekat lokasi usahamu.

Dengan Google Ads, kamu bisa merancang digital ads untuk usahamu dan mengerucutkan lokasi pengiklanannya di lokasi dekat usahamu.

Jika misalnya kamu memiliki lokasi usaha di Pasar Lama, Tangerang, kamu bisa memasang digital ads dengan target geografis orang-orang yang tinggal di kota Tangerang. Kamu bahkan juga bisa menargetkan orang-orang yang tinggal hanya di Pasar Lama, Tangerang saja.

3 Tips Terbaik Menerapkan Hyperlocal Marketing

1. Buatlah Konten Rasa Lokal

Karena target pasar yang disasar adalah orang-orang yang tinggal di sekitar usahamu, maka buatlah konten yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan orang-orang tersebut.

Efeknya, kamu akan lebih mudah menggaet orang-orang yang tinggal di sekitar usahamu karena kontennya terasa dekat dengan mereka dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Optimalkan Google Business Profile

Hyperlocal marketing akan lebih efektif dan maksimal bila kamu menggunakan tool berupa Google Business Profile.

Oleh karena itu, kamu perlu mengoptimalkan Google Business Profile dari usahamu sehingga kamu lebih mudah menggaet orang-orang di sekitar usahamu.

Dengan informasi yang lengkap mengenai profil usaha, jam operasional, sampai katalog produk atau jasamu, orang-orang akan lebih mudah tertarik untuk mempelajari, dan bukan tidak mungkin, mengunjungi dan membeli produkmu.

3. Kumpulkan Online Review yang Positif

Dalam menjalankan hyperlocal marketingonline review yang baik akan jadi kunci mengubah calon pelanggan yang membuka Google Business Profile kamu menjadi pelanggan.

Online review yang positif bertindak sebagai salah satu cara pemasaran yang efektif karena orang-orang akan lebih mudah percaya dengan kualitas produk atau jasamu.

Kesimpulan

Strategi pemasaran hyperlocal marketing adalah strategi pemasaran di era digital yang sangat cocok untuk kamu yang baru memulai usahamu dan ingin melakukan pemasaran dengan target pasar yang jelas dan mudah dijangkau serta murah meriah.

Dengan hyperlocal marketing, kamu bisa mulai menargetkan calon pelanggan yang tinggal di sekitar usahamu terlebih dahulu baru selanjutnya mencari calon pelanggan di lokasi yang lebih jauh.

Contact Us