Figure Blog

Ingin Membuka Pop Up Store, Ini Ceklis Kebutuhan yang Perlu Kamu Siapkan!

4 Apr 2023

Membuka pop up store adalah salah satu peluang yang nggak boleh kamu lewatkan sebagai pemilik usaha.

Pop up store bisa menjadi perpanjangan tangan bagi usaha kamu untuk memperluas pangsa pasar kamu dan memperoleh pelanggan-pelanggan baru yang ada di berbagai tempat.

Namun, sebelum kamu membuka pop up store kamu, apa saja yang perlu kamu persiapkan?

Ceklis Persiapan Kamu untuk Buka Pop Up Store!

1. Pelajari Lokasi

Persiapan yang perlu kamu mulai pertama kali adalah mencari lokasi yang tepat untuk pop up store kamu.

Lokasi yang tepat ini bukan hanya lokasi yang ramai atau punya foot traffic, namun juga lokasi yang bisa memiliki target pasar yang sesuai dengan usaha kamu.

Selain itu, pertimbangkan juga bentuk atau format dari pop up store yang akan kamu terima, apakah formatnya akan seperti bazar, festival, hingga berupa kolaborasi dengan usaha lain.

2. Perhitungkan Biaya dan Keuangan Kamu

Persiapan yang kedua adalah berkaitan dengan biaya yang dibutuhkan untuk membuka pop up store di tempat yang akan jadi kandidatmu.

Cari tahu berapa banyak yang perlu kamu keluarkan untuk membuka pop up store di tempat yang akan kamu pilih.

Pastikan biaya-biaya tersebut layak dengan apa yang akan kamu dapatkan, seperti ketersediaan listrik hingga kebutuhan lainnya untuk pop up store.

Selain itu sesuai dengan kemampuan finansial kamu dan potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan selama kamu membuka pop up store nantinya.

3. Staf Lapangan

Ketika kamu sudah memilih tempat yang sesuai dengan keuangan dan kesesuaian, selanjutnya kamu tinggal menentukan siapa yang mesti jadi perwakilan kamu di pop up store yang akan kamu buka.

Perhitungkan berapa banyak staf yang akan kamu perlukan di lapangan. Pilih juga staf-staf yang memiliki pengalaman untuk melayani dan berinteraksi dengan calon pelanggan kamu sehingga pop up store kamu bisa memperoleh banyak pelanggan baru.

Jenis-jenis Pop Up Store

Sumber: Freepik

4. Aplikasi POS untuk Kelola Transaksi

Membuka pop up store tentunya bukan hanya soal memamerkan dan menunjukkan produk hingga layanan kamu kepada calon pelanggan, tetapi juga membuka peluang untuk memperoleh keuntungan atau pendapatan tambahan hingga memperoleh pelanggan baru.

Untuk itu, ketika akan membuka pop up store, kamu perlu mempersiapkan aplikasi POS atau kasir khusus yang bisa digunakan secara mobile dan dilengkapi dengan fitur yang sesuai.

Aplikasi POS atau kasir tersebut juga perlu mengelola transaksi dengan cepat dan mudah serta menerima berbagai metode pembayaran agar lebih memudahkan transaksi bagi pelanggan yang sedang lalu lalang.

5. Siapkan Signage dan Display yang Sesuai

Terakhir, jangan lupa kamu menyiapkan signage yang sesuai dan mudah ditangkap oleh mata orang-orang yang lalu lalang. Signage itu juga perlu merepresentasikan identitas hingga ciri khas dari brand kamu.

Di samping itu, persiapkan juga display dan penataan produk yang tepat dan bisa menarik perhatian orang-orang. Susun juga produkmu sedemikian rupa agar lebih mudah membuat orang-orang yang lalu lalang jadi tertarik.

Contact Us