Akhir tahun sudah tiba, dan sepertinya lagu “Libur Telah Tiba” sudah bergema di kepala kita semua. Meski begitu, beberapa dari kamu yang memiliki bisnis tentu ingin menjalankan bisnis sembari tetap menjalani liburan dan ada juga yang memang tidak akan libur dan tetap menjalankan usahanya seperti biasanya. Tak mengherankan memang, sebab musim liburan menyajikan beragam peluang bagi kamu untuk mendongkrak penjualan kamu. Oleh karenanya, butuh persiapan dan perencanaan yang matang agar bisnis kamu bisa tetap mendongkrak keuntungan selama musim liburan, seperti beberapa cara yang akan kami jabarkan di bawah ini agar bisnis kamu tetap cuan walau memasuki musim liburan!
1. Matangkan E-commerce
Musim liburan seringkali identik dengan belanja. Terlebih lagi, beragam platform marketplace seringkali mengadakan program promo dan diskon belanja untuk meramaikan musim liburan. Buat kamu yang telah memiliki e-commerce untuk bisnis kamu, artinya kamu tinggalkan mematangkan e-commerce yang telah kamu punya. Sementara itu, buat kamu yang masih bergelut di toko fisik, saatnya untuk masuk ke platform marketplace dan bangun e-commerce untuk usaha kamu. Bangun momentumnya perlahan dan sajikan beragam promo, diskon, hingga penawaran-penawaran menarik karena peningkatan jumlah belanja dan transaksi pasti meningkat drastis. Jangan lupa restock barang-barang yang termasuk best seller dan siapkan produk-produk baru dan terbatas khusus musim liburan!
2. Hadiri Berbagai Event Liburan
Umumnya, selama musim liburan, berbagai pusat perbelanjaan seringkali mengadakan bazar atau acara-acara tertentu untuk meramaikan nuansa liburan. Ini adalah kesempatan baik yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis kamu! Ketika ada bazar atau event liburan, sebisa mungkin daftarkan bisnis kamu untuk ikut berjualan di kios-kios yang telah disediakan di bazar atau event tersebut. Momen ini bisa kamu jadikan ajang untuk menaikkan exposure kamu kepada khalayak baru yang belum tahu sama sekali soal bisnis kamu dan memperkenalkan produk kamu kepada mereka.
3. Bikin Event Menarik
Kamu sendiri sebagai pemilik bisnis juga bisa meramaikan musim liburan dan menarik pelanggan dengan membuat berbagai acara dan event menarik. Event yang kamu bikin bisa kamu sertakan reward ntuk pelanggan yang ikut berpartisipasi dalam event kamu. Misalkan, kamu bisa ajak pelanggan yang sudah berbelanja di toko kamu untuk ikut mini game seperti fortune wheel dengan beragam pilihan reward atau ambil undian di fish bowl. Pelanggan senang karena bisa ikut event menarik dan dapat reward, sementara bisnis kamu jadi terdongkrak untungnya! Pastikan juga jangan bikin event yang ribet-ribet ya, atau pelanggan malah jadi nggak tertarik sama sekali untuk ikut event kamu!
4. Bikin Pelanggan Jadi FOMO
Kehadiran media sosial bikin masyarakat jadi takut untuk ketinggalan sesuatu yang sedang hangat. Kondisi ini seringkali dikenal dengan istilah FOMO (Fear of Missing Out). Kondisi ini perlu kamu ciptakan, baik untuk pelanggan reguler maupun pelanggan baru. Menjelang musim liburan, berikan sedikit petunjuk soal produk-produk baru dan menarik dari bisnis kamu dan informasi soal berbagai event dan promo yang akan kamu adakan. Selain itu, berikan juga informasi soal reward apa yang diterima pelanggan ketika berbelanja di bisnis kamu selama musim liburan atau membeli produk tertentu dan durasi event, promo, hingga ketersediaan produknya.
Musim liburan adalah momentum untuk menaikkan penjualan dan memperkenalkan bisnis kamu ke pasar yang lebih luas. Jangan sampai kamu ketinggalan langkah dari bisnis-bisnis lain selama musim liburan berlangsung. Tetap siagakan bisnis kamu dan siapkan berbagai rencana yang konkret dan matang untuk meraup cuan lebih banyak!