Figure Blog

Instagram Notes: Bagaimana Fitur Ini Membantu Marketing Usaha Kamu di Instagram

26 Jun 2023

Dengan 2 miliar pengguna aktif bulanan, Instagram adalah platform media sosial dengan pengguna terbanyak nomor 4 di dunia.

Tidak ayal, Instagram pun semakin banyak dan konsisten digunakan oleh berbagai jenis usaha dan industri untuk meraih pangsa pasarnya.

Di sisi lain, Instagram terus dikembangkan dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik yang bisa membantu marketing usaha. Salah satunya? Instagram Notes yang dirilis akhir tahun lalu.

Instagram Notes: Fitur Sederhana dari Instagram untuk Bantu Marketing

Instagram Notes adalah fitur terbaru dari Instagram di mana kamu bisa upload informasi atau pesan singkat (Maksimal 60 karakter) yang nantinya akan muncul di bagian Direct Message dari followers kamu yang kamu follow back.

Pesan yang kamu upload di Instagram Notes akan tayang dengan durasi yang sama dengan Instagram Stories, yakni 24 jam.

Kamu bisa membuat pesan di Instagram Notes cukup dengan masuk ke Direct Message lalu tekan tombol Leave a Note. Kamu tinggal ketik apa yang ingin kamu sampaikan dan pilih ke siapa kamu ingin bagikan pesan itu (Apakah ke Close Friends atau followers yang sudah kamu follow back).

Tampilan Fitur Instagram NotesSumber: Later

Apa Saja Keuntungan Memakai Instagram Notes untuk Marketing

Meski tampak sangat sederhana, Instagram Notes bisa jadi senjata rahasia untuk marketing usaha kamu dengan berbagai keuntungan:

1. Memperkuat Komunikasi dengan Pelanggan

Instagram Notes membantu komunikasi  kamu dengan pelanggan semakin erat dan kuat.

Pasalnya, lewat pesan yang kamu bagikan, followers kamu akan bisa membalas pesan tersebut dan kemudian diskusi dan percakapan one on one akan berlanjut di Direct Message.

2. Menjaga Awareness

Salah satu bagian terpenting dari marketing usaha adalah bagaimana kamu bisa membuat pelanggan tetap sadar dan ingat akan keberadaan brand kamu di pasar.

Nah, kehadiran Instagram Notes akan membantu kamu untuk menjaga awareness dan ingatan pelanggan tentang brand kamu. Rutin membagikan informasi mengenai promo atau produk baru akan bikin pelanggan kamu terus ingat tentang brand kamu.

Bagaimana Memanfaatkan Instagram Notes?

1. Membagikan Informasi Penting

Lewat Instagram Notes, kamu bisa share berbagai informasi penting yang berhubungan dengan brand kamu.

Misalnya, kamu bisa membagikan informasi berupa limited time offer atau promo yang waktunya terbatas sampai dengan informasi soal produk-produk yang akan segera kamu rilis.

Menariknya lagi, karena fitur Instagram Notes hanya bisa dilihat oleh followers yang sudah kamu follow back, kamu bisa membagikan informasi yang lebih eksklusif. Kamu pun bisa menargetkan pelanggan setia kamu untuk membagikan informasi tersebut.

2. Meminta Opini dan Masukan Pelanggan

Selain membagikan informasi promo dan produk, kamu juga bisa meminta masukan dari para pelanggan setia kamu lewat Instagram Notes.

Lemparkan saja pertanyaan sederhana dan singkat lewat fitur tersebut terkait hal-hal yang berhubungan dengan usaha dan pelanggan kamu dan kamu bisa menerima berbagai masukan dari followers kamu lewat Direct Message.

Kesimpulan

Walau terlihat sederhana, Instagram Notes bisa jadi cara yang menarik untuk melakukan marketing usahamu.

Dengan Instagram Notes, usahamu bisa jadi lebih komunikatif dan interaktif lagi dengan pelangganmu. Di samping itu, cara menggunakannya pun mudah dan kamu nggak perlu membuang sepeser pun untuk menerapkannya.

Kamu hanya butuh kreativitas yang lebih untuk membuat pesan singkat yang menarik untuk kamu bagikan melalui Instagram Notes usahamu!

Contact Us