Figure Blog

Inventory Positioning: Sebuah Panduan Sederhana untuk Mengelola Penempatan Stok Barang Kamu

6 Sep 2023

Dalam permainan sepakbola, posisi pemain akan jadi penentu menang atau kalahnya suatu tim.

Hal ini pun sama seperti di gudang, yang mana posisi barang akan sangat menentukan kelancaran suatu usaha.

Pada kesempatan ini, kamu akan belajar mengenai pentingnya posisi atau penempatan barang di gudang, dampaknya pada usahamu, dan bagaimana kamu bisa mengelolanya dengan baik.

Apa itu Inventory Positioning?

Inventory positioning merujuk kepada penempatan atau lokasi dari stok barang yang disimpan atau dimiliki suatu usaha, baik langsung di dalam gudang atau posisinya secara keseluruhan dalam rantai pasokan usaha.

Meski terdengar sederhana, penempatan barang di dalam gudang akan sangat menentukan bagaimana kamu bisa mengelola gudang kamu dan seluruh stok barang yang ada di dalamnya.

Seberapa Penting Inventory Positioning yang Baik?

1. Melancarkan Penjualan

Sekarang bayangkan skenario ini.

Pelanggan sudah tertarik dengan satu produk yang kamu jual. Ia pun memutuskan untuk membeli produk tersebut. Sesaat setelah pesanan masuk atau kamu catat, kamu segera ke gudang.

Dan mendadak kamu sadar kalau kamu lupa di mana posisi produk tersebut berada.

Kalau ini terjadi, jangan harap kamu akan bisa bikin pelanggan puas setiap waktu. Pelanggan yang sudah memutuskan untuk membeli produkmu memiliki ekspektasi untuk segera menerima produknya dalam waktu singkat.

Disinilah salah satu alasan mengapa inventory positioning begitu krusial. Dengan pengelolaan inventory positioning yang jitu, kamu bisa menemukan dan mengambil barang yang dipesan dengan secepat kilat. Transaksi pun bisa dilakukan dan kamu bisa memperoleh penjualan!

2. Menekan Kerugian

Inventory positioning yang asal-asalan dan ceroboh punya konsekuensi besar untuk berbagai biaya dalam usahamu.

Stok barang bisa hilang, potensi retur lebih tinggi, dan kamu akan sulit memenuhi kebutuhan pelanggan dengan mudah, yang kemudian membuat pelanggan jadi tidak puas dengan usahamu.

Di samping kerugian berbagai jenis biaya, kamu pun harus rugi waktu demi mengurus buruknya inventory positioning yang terjadi.

3. Mempermudah Operasional Gudang

Selain berkaitan dengan biaya dan penjualan, mengelola inventory positioning secara jitu akan bikin operasional di dalam gudang jadi lebih mudah dan lancar.

Perpindahan barang akan jadi lebih mulus, gudang pun jadi lebih rapi, stok barang yang tersedia pun bisa diakses dengan lebih mudah untuk transaksi.

Seorang Petugas Gudang Membawa Stok Barang dengan TroliSumber: Freepik

Bagaimana Mengelola Penempatan Stok Barang dengan Tepat?

1. Tempatkan Stok Barang Sesuai Jumlah Penjualan

Patokan terbaik untuk menempatkan stok barang dengan baik adalah jumlah penjualan.

Untuk produk yang sering terjual atau banyak dicari oleh pelanggan, kamu bisa menempatkannya di sebuah lokasi dekat gudang yang juga dekat dengan kasir atau tempat checkout.

Sementara itu, untuk produk yang jarang terjual, kamu bisa menempatkannya agak dalam di gudang, namun tetap mudah untuk dilihat.

Efeknya, proses pengambilan barang akan semakin cepat dan memungkinkan pelanggan untuk segera melakukan transaksi.

2. Pertimbangkan Dimensi Barang

Tentunya tidak semua barang punya ukuran yang sama. Karena fakta ini, kamu mesti paham bahwa perbedaan ukuran sampai berat akan menentukan bagaimana dan di mana kamu seharusnya menempatkan barang di dalam gudangmu.

Misalnya, kalau kamu punya barang dengan ukuran dan berat yang besar, sebaiknya kamu menempatkannya di lantai dasar gudang kamu sehingga mudah untuk diakses. Hal ini juga akan membuat operasional gudang lebih aman karena kamu tidak harus memakai alat berat untuk memindahkannya.

3. Sesuaikan dengan Layout Gudang

Ketika kamu menerima stok barang yang baru kamu beli dari pemasok atau distributor, kamu mesti selalu mengamati layout gudang kamu dan ketersediaan ruang kosong yang ada.

Mengamati gudang sebelum menempatkan stok barang akan membantu kamu merancang strategi yang tepat dalam menempatkan setiap stok barang yang kamu punya. Risiko barang sulit diakses dan dipindahkan pun jadi lebih minim.

Kesimpulan

Hal sesederhana posisi stok barang di dalam gudang saja sangat menentukan bagaimana kelancaran gudang dan usahamu ke depannya.

Agar kamu bisa menerapkan inventory positioning yang lebih jitu lagi, kamu butuh aplikasi inventory management yang andal seperti Onstock.

Dengan sistem yang real time dan akurat serta bisa membantumu membuat SKU sesuai kebutuhanmu, Onstock bisa bikin inventory positioning kamu naik level!

Contact Us