Figure Blog

Jumlah Produk Lebih Sedikit = Pelanggan dan Pemilik Usaha Senang?

2 Apr 2024

Di atas kertas, menawarkan produk yang jumlah banyak dengan beragam variasi membuat pelanggan punya banyak alternatif. Pelanggan pun bisa dengan mudahnya mengganti pilihan produk jika merasa ada produk yang dirasa kurang cocok untuk mereka.

Namun, bila produk yang ditawarkan terlalu banyak, keputusan ini akan jadi bumerang untuk pemilik usaha. Apa saja alasannya?

3 Alasan Jumlah Produk Lebih Sedikit Bikin Pelanggan dan Pemilik Usaha Senang

1. Hemat Waktu

Masalah terbesar dari banyaknya produk yang kamu tawarkan kepada pelangganmu adalah masalah waktu. Tidak semua orang punya banyak waktu hanya untuk memilih, mempertimbangkan, dan membandingkan satu produk dengan produk lain.

Dengan menyediakan lebih sedikit produk, pelangganmu bisa lebih fokus membandingkan 2 atau 3 produk saja tanpa harus kewalahan dengan banyaknya produk yang tersedia.

Di sisi lain, pelanggan juga tidak perlu membuang banyak waktu dan bisa mengalokasikan waktu yang tersedia untuk pekerjaan dan aktivitas lain selain membeli produkmu.

Ingat, waktu pelanggan itu berharga ya, Stockers!

2. Kecenderungan Membeli Lebih Tinggi

Ketersediaan produk yang melimpah di gudangmu bisa bikin pelanggan kewalahan. Maksudnya, dengan banyaknya pilihan yang tersedia, pelanggan bisa kebingungan dalam memilih produk karena setiap produk bisa memiliki fitur dan informasi yang berbeda.

Jika seorang pelanggan memiliki sedikit waktu untuk membeli produk yang mereka inginkan, mereka akan batal membeli produkmu karena terlalu banyaknya pilihan dan informasi mengenai setiap pilihan produk. Ini akan berefek besar pada kecenderungan pelanggan untuk melakukan pembelian.

Untuk meningkatkan kecenderungan pelanggan membeli produkmu, mengurangi jumlah produk yang tersedia bisa menjadi pilihan yang bijak.

Dengan mempersempit pilihan yang tersedia, pelanggan akan lebih mudah mempelajari dan membandingkan produk yang ada sehingga terdapat kecenderungan besar dalam diri mereka untuk membeli produkmu.

3. Penjualan Meningkat, Ongkos Lebih Hemat

Pada akhirnya, yang kamu inginkan adalah peningkatan penjualan. Jumlah produk yang lebih sedikit ini bukan hanya bikin pelanggan senang, tapi bikin kamu sebagai pemilik usaha senang karena kamu bisa meraih jumlah penjualan yang lebih banyak.

Meski jumlah produk lebih sedikit berkaitan dengan minimnya variasi, hal ini tidak serta-merta bikin penjualan rendah. Karena tingginya kecenderungan pelanggan melakukan pembelian, jumlah transaksi kamu berpotensi meningkat.

Selain itu, dengan pilihan produk yang lebih sedikit, kamu bisa menekan ongkos produksi dan bahan baku. Kamu pun bisa meraih keuntungan bersih yang lebih besar!

Kesimpulan

Punya beberapa pilihan produk itu tidak masalah, yang menjadi masalah bila pilihan produk yang kamu punya terlalu berlebihan.

Pasalnya, pelanggan malah bisa memutuskan untuk tidak jadi membeli produkmu dan ini akan berdampak besar pada penjualanmu ke depannya.

Contact Us