Figure Blog

Kapan Saja Waktu yang Tepat untuk Memberikan Diskon Produk buat Pelanggan?

21 Dec 2022

Diskon selalu menjadi senjata klasik nan ampuh bagi setiap usaha untuk membuat usaha tersebut kian ramai, entah itu dari sisi pengunjung maupun penjualan.

Namun, memberikan diskon produk untuk pelanggan nggak boleh dilakukan asal-asalan dan hampir di setiap hari. Bila dilakukan seperti ini, diskon nggak lagi terasa menggiurkan dan jadi biasa saja di mata pelanggan.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui kapan saja waktu yang tepat untuk memberikan diskon produk untuk pelanggan!

Inilah 5 Waktu yang Tepat untuk Memberikan Diskon Produk buat Pelanggan!

1. Pembelian Pertama

Banyak orang bilang first impression akan menentukan bagaimana seorang pelanggan akan menyukai brand dan produk kamu atau nggak.

Nah, salah satu yang memengaruhi first impression tersebut adalah diskon.

Memberikan diskon untuk pelangan yang baru pertama kali membeli akan berpotensi mendorong lahirnya first impression yang positif. Di samping itu, hal ini bisa dilakukan untuk mendorong pelanggan tersebut melakukan repeat purchase.

2. Memenuhi Nilai Minimum Belanja

Diskon nggak harus kamu terapkan untuk setiap nilai belanja yang dilakukan pelanggan kamu.

Diskon bisa kamu terapkan ketika pelanggan kamu sudah mencapai nilai minimum belanja yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

Misalnya, kamu bisa menerapkan diskon sebesar Rp15% dengan belanja senilai minimum Rp150,000.

Dengan menetapkan diskon untuk nilai minimum belanja tertentu, kamu bisa memuaskan pelanggan kamu dengan potongan harga sembari mendorongnya untuk berbelanja lebih banyak.

3. Pelanggan Kamu Sudah Jadi Pelanggan Setia

Pelanggan setia adalah pelanggan yang sudah jadi bagian keseharian usaha kamu.

Mereka bisa dibilang adalah orang-orang yang mengenal usahamu selain kamu dan pegawai kamu sendiri.

Oleh karenanya, memberikan diskon bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan apresiasi kepada mereka karena mereka sudah setia dengan usaha dan produk kamu untuk jangka waktu yang lama.

Di sisi lain, memberikan diskon juga membantu kamu untuk mempertahankan mereka tetap menjadi pelanggan setia kamu.

4. Momen Spesial

Apalah artinya momen spesial seperti Lebaran hingga Natal dan Tahun Baru tanpa diskon produk yang menggiurkan.

Kehadiran diskon setiap momen spesial atau hari raya dan hari besar memudahkan kamu mendongkrak traffic pelanggan dan juga penjualan kamu. Hal ini didorong oleh fakta bahwa peningkatan perilaku belanja cenderung terjadi di hari-hari raya atau besar.

5. Belanja Borongan atau Grosir

Memberikan diskon atau potongan harga untuk produk yang dibeli secara grosir atau borongan sudah jadi praktik yang umum terjadi.

Dengan memberikan diskon untuk belanja dalam jumlah yang banyak, kamu bisa mendorong pelanggan untuk membeli barang tersebut lebih banyak lagi.

Semakin banyak jumlah barang yang dibeli, semakin besar pula diskon yang diperoleh, dan semakin tinggi kemungkinan pelanggan menambah kuantitas barang yang dibeli.

 

Contact Us