Figure Blog

Kemasan Produk Seasonal: Apakah Bisa Bikin Usaha Kamu Makin Untung?

5 Dec 2022

Wah, kita sudah memasuki awal Desember nih, Stockers!

Artinya, mari bersiap untuk memberikan penawaran dan produk spesial untuk pelanggan kamu.

Nggak hanya itu, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk menawarkan kemasan produk yang spesial dan seasonal!

Kenapa Perlu Membuat Kemasan Produk Seasonal?

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk yang mengedepankan visual.

Dalam konteks usaha, seorang pelanggan akan menentukan apakah dia akan membeli suatu produk berdasarkan tampilan atau kemasan dari produk tersebut. 

Nah, menjelang musim liburan atau hari besar seperti Natal dan Tahun Baru, kemasan produk yang seasonal menjadi penting.

Selain karena menyajikan sesuatu yang menyegarkan dari usaha kamu, kemasan produk seasonal akan lebih mudah menarik perhatian pelanggan.

Dengan kata lain, kemasan produk seasonal, ditambah juga didesain dengan matang dan unik, akan menambah daya tarik suatu produk dan membuatnya terasa lebih menarik dan atraktif.

Alhasil, kemasan produk seasonal berpotensi mendongkrak penjualan kamu ketika musim liburan atau hari besar tertentu tiba.

Kumpulan Jenis Kemasan Produk

Sumber: Freepik.com

3 Hal untuk Diperhatikan saat Membuat Kemasan Produk Seasonal

1. Sediakan Pilihan Kustom

Agar kemasan produk seasonal kamu semakin punya daya tarik dan bisa menyesuaikan kebutuhan pelanggan, kamu bisa menyediakan kustomisasi atau berbagai pilihan kustom untuk pelanggan.

Pilihan kustom ini dapat berupa pilihan kombinasi kemasan, tambahan greeting card, hingga tambahan freebies.

Dengan menyajikan berbagai pilihan kustom, hal ini akan bikin produk yang dibeli pelanggan terasa lebih spesial dan atraktif untuk para pelanggan kamu.

2. Tambahkan Value dalam Kemasan

Kemasan produk yang seasonal jangan sampai hanya mempertimbangkan keindahan atau estetika saja untuk menambah daya tarik. Pertimbangkan juga untuk memberikan value dalam tiap kemasan yang kamu buat.

Contoh sederhana untuk menambahkan value dalam kemasan produk seasonal kamu adalah dengan membuatnya reusable atau dapat memiliki sifat multifungsi.

Artinya, kemasan produk tersebut bisa dipakai kembali untuk keperluan lain setelah memperoleh produknya.

3. Sesuaikan dengan Brand Image

Kemasan produk yang seasonal bisa punya tampilan dan desain yang serupa antara satu brand dengan brand lainnya.

Misalnya, ketika tiba musim liburan Natal dan Tahun Baru, mayoritas produk punya tampilan dan desain khas Natal yang mirip satu dengan yang lainnya. Alhasil, mayoritas produk akan sulit dibedakan satu sama lain.

Maka dari itu, buatlah desain kemasan produk seasonal dengan menggabungkan identitas brand kamu. Ini adalah salah satu cara agar kamu bisa membuat kemasan produk seasonal yang lebih beda dari kemasan produk seasonal dari brand lain.

Di samping itu, cara ini akan bikin kamu lebih mudah menjaga loyalitas pelanggan terhadap brand kamu dan memenangkan pelanggan baru.

Contact Us