Figure Blog

Kertas Faktur & Bon: Kenapa Masih Banyak Digunakan Oleh Usaha Kecil?

5 Feb 2024

Di tengah ramainya aplikasi dan sistem digital payment, kertas faktur dan bon masih tetap bertahan meski jumlahnya tidak sebanyak dulu.

Yang menjadi pertanyaan, mengapa media konvensional ini masih banyak digunakan meski kemudahan dan kepraktisan sistem digital payment dan receipt sangat memudahkan pemilik usaha?

Beragam Alasan Kertas Faktur & Bon Masih Digunakan Usaha Kecil

1. Lebih Familiar

Kertas bon dan faktur adalah media untuk menunjukkan bukti pembayaran yang mudah dipahami. Bentuknya sederhana dan pemilik usaha tidak butuh waktu banyak untuk menggunakannya demi kepentingan transaksi dan usaha.

Bagi beberapa orang, kertas faktur dan bon juga lebih mudah digunakan karena tidak butuh pengetahuan khusus mengenai teknologi pembayaran digital. Kamu tinggal butuh sebuah pulpen atau alat tulis lainnya untuk menulis dan menandatangani kertas faktur dan bon.

2. Kesesuaian dengan Kondisi Usaha

Bagi sebagian usaha kecil yang merasa kondisi dan skala usahanya belum terlalu besar, kertas bon dan faktur menjadi pilihan yang tepat untuk mengelola setiap transaksi yang terjadi.

Dengan skala usaha yang masih berkembang, para pemilik usaha kecil umumnya akan lebih dulu mengandalkan kertas bon dan faktur dibandingkan aplikasi digital payment yang mereka rasa lebih cocok untuk usaha besar.

3. Lebih Bersifat Permanen

Dengan kehadiran beragam teknologi yang sangat maju di era sekarang, faktur dan bon digital bisa dengan mudahnya diedit atau dipalsukan sehingga merugikan pihak penjual. Bahkan, faktur dan bon digital bisa terhapus dengan tidak sengaja bila dikirimkan di kotak email.

Hal inilah jelas berbeda dengan kertas faktur dan bon. Meskipun lusuh atau terlipat beberapa kali, kertas faktur dan bon tetap bisa digunakan untuk bukti transaksi yang sah.

4. Alasan Keamanan

Dengan keterbukaan informasi dan kecanggihan teknologi, data menjadi elemen yang begitu berharga di dunia digital. Sayangnya, hal ini belum dibarengi dengan jaminan keamanan data dari pihak-pihak terkait.

Inilah yang membuat para pemilik usaha masih tidak bisa membuang kertas faktur dan bon mereka. Kertas faktur dan bon tentu tidak akan sulit dipalsukan dan tidak bisa diretas seperti layaknya sistem pembayaran digital.

Sudah Saatnya Beralih ke Digital?

Berpindah ke sistem digital payment dan receipt mungkin kamu rasa belum tepat buat kamu, namun ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan.

Dengan digital receipt atau struk digital, kamu bisa mengurus transaksi dengan lebih cepat dan responsif sehingga bisa fokus kepada urusan lain dalam usahamu.

Di sisi lain, meski keamanan bisa saja dipertanyakan, tetap ada beberapa penyedia sistem digital payment dan receipt berkomitmen penuh untuk terus menjamin keamanan sistem pembayarannya, seperti Onstock yang selalu berusaha mengamankan sistem payment link-nya sehingga kamu dan para pelangganmu bisa bertransaksi dengan aman.

Contact Us