Figure Blog

Mau Aplikasi Manajemen Gudang Terbaik dengan Harga yang Pas untuk Bisnis Kamu? Ikuti 4 Tips Ini!

29 Aug 2022

Ada puluhan aplikasi manajemen gudang di luar sana. Semuanya hadir dengan beragam fitur dan penawaran.

Namun, nggak semuanya benar-benar cocok untuk bisnis kamu. Dan nggak semuanya punya harga yang sepadan dengan fitur yang dimilikinya.

Lantas, bagaimana mencari aplikasi manajemen gudang yang bisa harganya sepadan dengan apa yang diberikannya dan terbaik buat kamu?

Aplikasi Manajemen Gudang

Sumber: Unsplash.com

4 Tips Menemukan Aplikasi Manajemen Gudang dengan Harga yang Pas untuk Bisnismu!

1. Pahami Kebutuhan Bisnis Kamu

Untuk menemukan aplikasi manajemen gudang dengan harga yang sesuai dan layak, selalu mulai dengan mengidentifikasi dan memahami apa yang bisnis kamu butuhkan.

Apakah bisnis kamu nggak punya laporan keuangan dan penjualan yang lengkap dan jelas? Apakah bisnis kamu punya sejumlah gudang dengan lokasi yang bervariasi dan pusing untuk mengelolanya? Atau apakah bisnis kamu kerepotan dengan invoice kertas yang cuma bikin stres?

Setelah mulai mengenali apa yang bisnis kamu butuhkan, kamu akan mulai mengerucutkan pilihan kamu dan menemukan beberapa kandidat aplikasi manajemen gudang yang dirasa cocok untuk bisnis kamu. Pelajari setiap fitur yang tersedia dalam setiap aplikasi tersebut. Jangan lupa cocokkan dengan harganya.

2. Sesuaikan dengan Bujet

Harga adalah sesuatu yang sifatnya relatif. Semuanya bergantung pada beberapa hal, termasuk pada bujet yang tersedia.

Oleh karenanya, memilih aplikasi manajemen gudang harus selalu menyesuaikan dengan bujet.

Kamu mungkin saja akan menemukan aplikasi manajemen gudang dengan fitur lengkap.

Namun, apabila harganya nggak sesuai dengan bujet yang kamu miliki, ada baiknya kamu mencari alternatif terdekat dari aplikasi tersebut yang punya fitur yang kurang lebih mirip namun dengan harga yang lebih terjangkau dan sesuai dengan bujet kamu.

Kalau kamu sudah memiliki bujet yang lebih baik, kamu bisa mempertimbangkan untuk kembali ke pilihan aplikasi utama yang tadi kamu ingin gunakan.

3. Berkonsultasi dengan Customer Service Aplikasi

Sebagai pebisnis, tentunya kamu ingin sebisa mungkin menekan pengeluaran. Hal ini pun bisa kamu lakukan ketika akan memilih aplikasi manajemen gudang tertentu.

Walau kamu menemukan aplikasi manajemen gudang yang fiturnya dan harganya sudah cocok dengan bujet dan kebutuhan kamu, kamu tetap bisa menekan pengeluaran dengan berkonsultasi dengan customer service dari aplikasi yang kamu pilih.

Ketika berkonsultasi, kamu bisa mencoba untuk minta potongan harga atau menanyakan ketersediaan promo khusus. Kalau aplikasi tersebut punya free plan, kamu bisa coba menggunakannya terlebih dahulu.

Jika kamu merasa bahwa aplikasi tersebut layak untuk dibayar lebih karena bisa menunjang berbagai kebutuhan kamu, maka kamu bisa mulai berlangganan aplikasi tersebut.

4. Cari Tahu Dampaknya untuk Bisnis Kamu

Katakanlah kamu sudah memilih dan menggunakan aplikasi manajemen yang dirasa sesuai dengan bujet dan kebutuhan bisnis kamu.

Setelah menggunakannya selama beberapa waktu, maka inilah saatnya di mana kamu bisa menilai apakah aplikasi yang telah kamu gunakan benar-benar worth the price.

Caranya sederhana: Pelajari apa dampak yang kamu rasakan setelah menggunakan aplikasi tersebut selama berbisnis.

Parameter penilaiannya tentu saja bergantung dengan kebutuhan bisnis kamu sendiri.

Ketika aplikasi tersebut justru nggak bisa memenuhi kebutuhan kamu dengan maksimal, maka harganya jelas nggak sesuai dengan apa yang diberikan.

Ketika aplikasi tersebut mampu memenuhi kebutuhan kamu, atau bahkan berhasil memudahkan proses bisnis dan manajemen gudang kamu lewat beberapa fitur lainnya yang sejatinya nggak kamu butuhkan, maka aplikasi tersebut bisa dikatakan cocok untuk bisnis kamu dan worth the price.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa tips memilih aplikasi manajemen gudang yang worth the price dan tentunya cocok untuk bisnis kamu.

Perkara mencari aplikasi manajemen gudang memang tricky. Bukanlah sesuatu yang mudah. Kamu perlu benar-benar matang dalam memilih dan mempertimbangkan setiap aplikasi yang ada di pasaran sampai benar-benar memilih yang paling pas dan terbaik buat kamu.

Contact Us