Sudah bulan Desember nih, Stockers! Artinya, musim liburan semakin dekat. Meski waktu libur akhir tahun ditiadakan, kamu tetap bisa memanfaatkan waktu di akhir tahun ini untuk bersantai di rumah dan menghabiskan waktu sama orang-orang yang kamu sayangi. Kamu pun juga bisa meluangkan waktu sama mereka untuk berjalan-jalan di sekitar area rumah atau pergi ke mall.
Namun, ada waktunya juga di mana kamu ternyata harus kelola bisnis kamu walau kamu sedang liburan. Hal ini memang melelahkan dan berpotensi bikin kamu pusing atau stress selama liburan. Tapi tenang, kami punya beberapa tips untuk bikin kamu tetap bebas stress selama menjalankan bisnis sembari berlibur!
Kamu harus persiapkan semuanya sejak awal. Jika kamu mau bisnis kamu tetap berjalan selama liburan, kamu harus persiapkan seseorang yang ahli dan kamu percaya untuk memegang kendali bisnis kamu sementara. Jelaskan kepadanya tentang tugas-tugas yang akan dia emban selama memegang bisnis sementara untuk memastikan dia benar-benar paham akan tugasnya.
Masih mau pantau bisnis kamu selama kamu sedang di rumah? Menggunakan tools yang tepat adalah pilihan terbaik. Ajak staf atau orang yang kamu percayakan untuk berkomunikasi lewat video call, pantau situasi persediaan gudang kamu dengan aplikasi inventory management seperti Onstock, hingga cek berbagai transaksi dengan aplikasi point of sales yang kamu punya.
Meski kamu bisa menggunakan teknologi dan berbagai aplikasi untuk memantau dan melihat perkembangan terkini bisnis kamu selama liburan, bukan berarti kamu harus mengeceknya sepanjang hari. Bikin jadwal kamu sendiri. Bagi waktu antara kapan kamu harus pantau bisnis kamu dan kapan kamu harus bersantai dengan keluarga. Satu hal yang penting adalah jangan sampai mayoritas waktu kamu bekerja selama liburan diisi hanya dengan kamu video call dengan staf kamu atau memantau laporan keuangan secara konstan. Sediakan waktu sedikit saja, kira-kira 1-2 jam dan nggak mengganggu waktu kamu sama keluarga.
Sesuatu yang sifatnya darurat perlu kamu persiapkan juga. Misalnya, jika bisnis kamu punya masalah soal jaringan Internet, kamu bisa sediakan beberapa dokumen dan nomor telepon yang dibutuhkan buat pegawai kamu agar dia nggak bingung mengelola masalah tersebut. Kamu juga perlu menyediakan beberapa nomor kontak untuk dihubungi terkait suplai dan lain sebagainya jikalau terjadi kendala soal pengiriman bahan baku. Siap sedia juga terkait cara menangani komplain pelanggan yang masuk selama liburan.
Menangani bisnis selama liburan memang terkesan bikin stress atau menambah beban, tapi dengan cara dan manajemen yang tepat, kamu tetap bisa berlibur sambil bekerja kok. Selamat liburan ya, Stockers!