Figure Blog

Mau Tahu Apa Saja Faktor Eksternal yang Pengaruhi Usahamu? Ketahui dengan PESTEL Analysis!

27 Jul 2023

Membangun usaha berarti kamu memberikan berbagai dampak dan pengaruh bukan hanya buat orang-orang sekitarmu, tetapi juga para pelanggan kamu dan lingkunganmu.

Sebaliknya, segala sesuatu yang ada di luar usahamu juga punya pengaruh tersendiri buat usahamu. Kamu mesti punya pengetahuan dan pemahaman yang lengkap mengenai berbagai faktor tersebut guna bertahan dan bersaing di tengah kompetisi yang makin ketat.

Agar kamu lebih mudah memahami apa saja yang memengaruhi usahamu, ada satu tool yang sudah banyak dipakai oleh berbagai usaha. Tool ini disebut sebagai PESTEL Analysis. 

Seperti apa gambaran tool ini? Bagaimana cara menerapkannya untuk usahamu? Semua itu akan dibahas dalam pembahasan kali ini.

Melihat PESTEL Analysis Lebih Dekat

PESTEL Analysis mulanya hanyalah terdiri dari PEST. Metode PEST Analysis sendiri muncul pada 1967 setelah diciptakan oleh ahli manajemen dan perencanaan di Harvard Business School bernama Francis Joseph Aguilar.

Lama-kelamaan, PEST Analysis mulai berkembang dan melahirkan PESTEL Analysis sebagai salah satu variasinya dan variasi ini merupakan salah satu yang paling populer.

Secara sederhana, PESTLE Analysis merupakan metode atau tool yang membantu suatu usaha untuk menilai dan mengevaluasi berbagai faktor eksternal yang dapat memengaruhi usahamu.

Dengan melakukan PESTEL Analysis, kamu bisa memperoleh gambaran mengenai situasi lingkungan seperti kondisi politik, pasar dan ekonomi, sampai potensi usahamu ke depannya.

6 Komponen Utama Dalam PESTEL

1. Political

Political merujuk kepada kondisi yang disebabkan oleh berbagai kebijakan politik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Aspek ini mencakup perubahan produk hukum, stabilitas situasi politik, sampai perubahan tingkat pajak.

2. Economic

Keadaan ekonomi menjadi faktor eksternal lainnya yang jelas sangat terkait dengan dunia usaha.

Naik turunnya inflasi, kondisi pertumbuhan ekonomi, sampai dengan nilai tukar mata uang menjadi beberapa contoh dari aspek economic dalam analisa ini.

3. Social

Faktor sosial erat kaitannya dengan pelanggan. Hal ini mencakup kebiasaan, perilaku, sampai budaya masyarakat.

Bila dilihat lebih detail, faktor sosial umumnya terdiri atas usia, pekerjaan, populasi dan pertumbuhannya, selera dan gaya hidup, sampai dengan perilaku yang berkenaan dengan agama.

4. Technological

Perubahan-perubahan teknologi menjadi motor yang menggerakkan bagaimana dan ke mana usahamu harus berjalan.

Berbagai hal yang termasuk dalam faktor technological antara lain otomatisasi, teknologi digital, perkembangan IT, sampai kemunculan berbagai aplikasi baru untuk mendukung usaha.

5. Environmental

Isu kerusakan lingkungan dan perubahan iklim tidak berhenti jadi isu yang hangat di era ini. Karena itu, dampak dari lingkungan alam dan perubahan-perubahannya menjadi perlu untuk ditelaah lebih lanjut.

Berbagai hal yang berkaitan erat dengan faktor lingkungan yakni ketersediaan bahan baku ramah lingkungan, polusi udara, sampai kebijakan terkait lingkungan alam.

6. Legal

Legal tampak mirip dengan aspek political yang telah disebutkan sebelumnya.

Bedanya, aspek legal lebih fokus pada aturan hukum dan aturan yang berhubungan dengan operasional usaha, misalnya kekayaan intelektual, undang-undang tenaga kerja, hak konsumen, sampai aturan keamanan dan kesehatan.

Kapan Kamu Perlu Melakukan PESTEL Analysis?

PESTEL Analysis bisa diterapkan ketika kamu sedang menjalani operasional usahamu, yakni setiap 3 atau 6 bulan sekali.

Namun, untuk kamu yang baru memulai usahamu, alangkah baiknya melakukan PESTEL Analysis sebelum usahamu resmi beroperasi.

Dengan melakukan PESTEL Analysis saat akan memulai usaha, kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih akurat mengenai kondisi apa saja yang berpotensi menjadi ancaman buat usahamu dan apa saja peluang yang tersedia.

Seiring waktu berlalu, kamu akan terbiasa melakukan PESTEL Analysis dan lebih mudah memprediksi kesempatan dan ancaman yang akan tersedia di hadapan usahamu.

Kesimpulan

Di tengah ketidakpastian yang terus melanda dunia, PESTEL Analysis adalah salah satu tool yang akan membantumu untuk mengenali setiap faktor yang berkaitan erat dengan usahamu.

Dengan memahami setiap faktor yang ada dan bagaimana dampaknya untuk usahamu, kamu akan mampu mencari tahu berbagai peluang dan bahaya yang berpotensi muncul di setiap waktu sekaligus mengantisipasi apa yang ke depannya akan terjadi di dunia usaha.

Contact Us