Stockers, sudah bulan November dan sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2023.
Selama hampir satu tahun ini, tentunya ada naik turun dan suka duka yang kamu alami selama menjalankan bisnis.
Menjelang akhir tahun dan akan memasuki tahun baru, sudah saatnya kamu mempelajari apa yang sudah kamu lakukan dalam bisnismu selama setahun ke belakang dan mempertimbangkan banyak hal agar bisnismu bisa mantap memasuki tahun yang baru.
Oleh karenanya, kami menyiapkan sebuah ceklis khusus untukmu yang berisi aktivitas bisnis yang perlu kamu lakukan menjelang akhir tahun!
Aktivitas bisnis yang selalu perlu kamu mulai pertama kali di akhir tahun adalah melakukan evaluasi total dari performa dan kinerja bisnis kamu.
Evaluasi ini perlu menyangkut setiap aspek bisnis, mulai dari operasional, kinerja setiap anggota tim, pemasaran, keuangan, hingga persediaan barang atau inventori.
Kamu akan selalu menemukan kekurangan dan sesuatu yang bisa ditingkatkan dari tiap aspek bisnismu.
Berangkat dari setiap pembelajaran yang bisa kamu temui di tiap aspek bisnismu, kamu akan bisa merancang strategi yang lebih baik ke depannya sembari menyesuaikan apa yang akan terjadi di tahun depan.
Jika bisnismu masih memiliki sisa budget menjelang akhir tahun, maka lebih baik dikeluarkan untuk aktivitas bisnis yang lain.
Misalkan, kamu bisa menggunakan budget untuk melakukan promosi besar-besaran atau berlangganan aplikasi baru untuk manajemen bisnis kamu.
Yang pasti, setiap budget yang tersisa harus dapat digunakan dengan maksimal untuk kepentingan bisnis yang dapat meningkatkan proses bisnis kamu ke depannya.
365 hari adalah waktu yang nggak sebentar. Selama itu, kamu sebagai pemilik bisnis tentunya menyaksikan banya perubahan yang terjadi pada bisnismu.
Perubahan-perubahan itu bisa menyangkut banyak hal, seperti perubahan konsep bisnis, operasional, produk dan penawaran, hingga sistem.
Nah, akhir tahun adalah waktu yang pas bagi kamu untuk melakukan beragam pembaruan untuk lebih siap menghadapi tahun yang baru.
Pembaruan ini bisa dilakukan mulai dari membeli peralatan dan perlengkapan terbaru untuk proses bisnis yang lebih baik hingga melakukan pembaruan atas berbagai informasi bisnis kamu.
Dengan begitu, kamu bisa memiliki proses bisnis yang lebih baik dan bisa melayani pelanggan dengan lebih maksimal.
Kalau kamu selama ini masih menjalani dan mengelola bisnismu sendirian, maka sudah saatnya mempertimbangkan untuk melakukan rekrutmen.
Cari tahu mana aspek bisnis yang memungkinkan untuk kamu delegasikan ke pegawai baru. Siapkan profil pegawai yang ingin kamu miliki. Periksa juga budget yang kamu miliki untuk penggajian pegawai baru.
Kehadiran pegawai baru nggak hanya bikin tugasmu jadi ringan, tetapi juga memungkinkan kamu untuk fokus ke hal-hal lain yang lebih penting untuk kamu kerjakan sebagai pemilik bisnis.
Setelah semuanya sudah kamu evaluasi, maka inilah saatnya untuk mempersiapkan tujuan atau goals bisnis kamu untuk tahun depan.
Mulailah berkaca dari setiap sumber daya dan kemampuan yang bisnis kamu miliki. Jangan sampai kamu ingin meraih sesuatu yang terlalu tinggi. Menjadi ambisius nggak masalah, selama kamu bisa punya strategi dan cara yang tepat untuk meraih goals tersebut.
Oleh karenanya, ada baiknya untuk memasang goals yang realistis dan mungkin untuk kamu capai di tahun depan. Jangan lupa gambarkan dan list juga strategi yang diperlukan secara detail serta strategi backup apabila strategi utama nggak berjalan dengan lancar.