Figure Blog

Menaikkan Harga Tanpa Bikin Pelanggan Kabur? Lakukan dengan 3 Tips Ini!

28 Dec 2022

Stockers, harga adalah faktor dalam usaha yang dikenal begitu sensitif untuk pelanggan. Harga naik sedikit saja, dampaknya bisa dibilang nggak tergolong kecil.

Terlebih lagi, apabila kamu gagal atau salah dalam menyampaikan informasi mengenai kenaikan harga kepada pelanggan kamu.

Lantas, bagaimana kamu bisa menyampaikan informasi kenaikan harga kepada pelanggan tanpa bikin mereka kaget atau kabur kepada brand lain?

3 Tips Menaikkan Harga Tanpa Bikin Pelanggan Kaget atau Kabur!

1. Jelaskan dengan Transparansi

Kenaikan harga memang sesuatu yang nggak mengenakkan untuk pelanggan. Bila diumumkan begitu saja tanpa ada alasan yang jelas, bisa-bisa mereka terkejut dan berpindah ke brand lain.

Nah, maka dari itu, ketika kamu mau menyampaikan informasi mengenai kenaikan harga produk di toko kamu, jelaskan sejelas-jelasnya di media sosial atau secara langsung ketika bertemu pelanggan.

Ceritakan alasan di balik kenaikan harga, entah itu karena peningkatan layanan, penggunaan bahan baku yang berbeda, ataupun karena desain atau kemasan yang baru.

Di samping transparansi, pastikan juga alasan yang kamu jelaskan logis dan bisa diterima oleh pelanggan.

2. Pastikan Kualitas juga Sepadan

Kamu tentunya pernah dengar istilah "Ada harga, ada barang?"

Istilah ini harus benar-benar kamu hidupi dan penuhi ketika kamu memutuskan untuk menaikkan harga.

Jangan sampai pelanggan kamu merasa dengan harga yang naik, kualitasnya justru malah nggak ada perubahan atau, yang lebih parah, menurun drastis. Kualitas apapun itu - kualitas produk, kemasan, hingga bahan baku.

Kondisi ini, bila terjadi, sudah cukup untuk bikin pelanggan berpindah hati ke brand lain.

3. Kedepankan Empati

Dalam menyampaikan informasi mengenai kenaikan harga, empati adalah perasaan dan sikap yang harus dikedepankan.

Kamu harus memahami juga posisi pelanggan yang mungkin saja bertanya-tanya kenapa harga produk kamu naik. Mungkin mereka akan bingung atau setidaknya kaget.

Karena itu, kamu harus menunjukkan bahwa kenaikan harga ini memang bukan sesuatu yang mudah diputuskan, terlebih lagi dampaknya terhadap pelanggan.

Di sisi lain, kamu juga bisa berdiskusi dan berkomunikasi dengan pelanggan secara personal dan langsung mengenai kenaikan harga ini. Cari tahu juga bagaimana sudut pandang mereka mengenai keputusan yang kamu ambil sehingga kamu benar-benar memahami mereka.

Contact Us