Figure Blog

Mengelola Utang Usaha dengan Sistem Otomatis: Sebuah Panduan Lengkap!

7 Jun 2023

Seiring waktu yang berkembang, kamu akan membutuhkan sistem yang lebih baik untuk menangani setiap kebutuhan dan aspek dalam usahamu.

Salah satunya? Utang usaha.

Kini, untuk mengelola utang usaha, kamu perlu untuk memiliki sistem otomatis untuk membantumu mengelola utang usahamu.

Lantas, bagaimana sistem otomatis bisa membantumu mengelola utang usaha dengan lebih baik? Apa saja yang keuntungan yang ditawarkan?

Utang Usaha secara Garis Besar

Utang usaha pada dasarnya setiap kewajiban yang kamu bayar apabila kamu sudah membeli produk atau menggunakan jasa dari pihak tertentu namun belum membayarnya.

Utang usaha bisa terkait dengan peralatan, sewa, produk, bahan baku, sampai pengeluaran lain seperti transportasi.

Repotnya Proses Membayar Utang Usaha

Membayar dan melunasi utang usaha adalah suatu proses yang melelahkan dan merepotkan.

Kamu harus berkomunikasi dengan jelas terhadap pihak yang kamu utangi terkait dengan termin pembayaran, jumlah pembayaran, sampai jatuh tempo dan denda. Di sisi lain, proses dan metode pembayaran bisa juga merepotkan.

Menariknya, kini kamu bisa mengelola usaha tanpa perlu repot soal banyak hal dan ini-itu dengan sistem yang otomatis.

Apa Untungnya Mengelola Utang Usaha secara Otomatis?

1. Menghindari Pembayaran Ganda

Dalam melakukan pembayaran utang, kerap kali kamu melakukan pembayaran ganda, mengakibatkan kamu kehilangan uang lebih banyak.

Dengan sistem otomatis untuk kelola utang usaha, informasi terkait pelunasan utang kamu akan lebih jelas, membantu kamu menghindari terjadinya pembayaran ganda.

2. Mengurangi Tumpukan Dokumen Utang

Pusing dengan dokumen yang menumpuk soal utang? Kalau kamu memakai sistem otomatis untuk kelola utang usaha, kamu nggak perlu lagi pusing lihat menumpuknya kertas faktur, bon, dan lain sebagainya yang berhubungan soal utang.

Sistem pengelolaan utang usaha yang otomatis memungkinkan kamu mencatat semua utang ke dalam sistem. Kamu nggak perlu lagi pusing soal kertas faktur dan bon yang menumpuk!

3. Akses Utang Lebih Mudah

Sistem pengelolaan utang usaha yang otomatis akan membantu kamu menyimpan semua data mengenai utang usaha kamu, baik yang sudah lunas, sedang kamu bayar, sampai belum kamu bayar sama sekali di satu tempat.

Kamu dan pegawai kamu bisa mengaksesnya dengan lebih mudah apabila ingin mengetahui status dan informasi setiap utangnya.

4. Menghindari Keterlambatan Pembayaran

Terlambat melakukan pembayaran utang usaha tentunya bisa berakibat fatal buat usaha kamu. Kepercayaan dan persepsi pihak yang kamu utangi terhadap usahamu berpotensi rusak.

Oleh karenanya, demi menghindari kondisi ini, kamu memerlukan sistem otomatis untuk membayar utang usahamu. Biasanya, sistem yang otomatis memiliki reminder khusus untuk mengingatkanmu apabila utang usahamu akan jatuh tempo atau belum lunas.

Onstock Punya Fiturnya Buat Kamu!

Di samping menyediakan berbagai fitur dan sistem khusus manajemen stok barang, Onstock juga menyediakan fitur khusus untuk kamu mengelola utang usaha dengan otomatis.

Untuk mengakses fitur utang usaha di Onstock, login ke akun Onstock kamu dan masuk ke bagian Utang Piutang, lalu klik bagian Utang.

Di bagian itu, kamu bisa memasukkan semua utang usaha yang kamu punya dan melihat rincian serta menambah nominal pembayaran untuk setiap utang kamu.

Kalau nantinya ada utang usaha yang mendekati waktu jatuh tempo, Onstock akan langsung mengingatkan kamu.

Kalau kamu ingin mengelola utang dengan lebih rinci dan teliti, Onstock menyediakan fitur pembayaran secara angsuran sehingga kamu bisa tahu rincian utang yang sedang kamu angsur. 

Contact Us