Figure Blog

Metode Akuntansi Akrual: Metode Akuntansi untuk Dapatkan Gambaran Keuangan Usaha Lebih Akurat!

30 May 2023

Dalam mengelola usaha, akuntansi nggak akan bisa lepas darinya.

Di dalam dunia akuntansi, dikenal dua metode akuntansi dan salah satunya adalah akuntansi akrual.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan melihat lebih dekat apa itu akuntansi akrual dan bagaimana gambaran singkat mengenai penerapan metode akuntansi ini.

Mengenal Metode Akuntansi Akrual

Metode akuntansi akrual adalah metode akuntansi yang dipakai untuk menghitung pendapatan dan pengeluaran ketika keduanya sudah terjadi, bukan saat uangnya sudah diterima atau dikeluarkan.

Misalkan, ketika kamu mengeluarkan invoice kepada pelanggan di tanggal 10 Mei sebesar Rp250,000 namun pelanggan baru melunasinya di tanggal 17 Mei, maka transaksi yang berkaitan dengan pendapatan tersebut akan dicatat untuk tanggal 10 Mei.

Perbedaan Akuntansi Akrual dan Akuntansi Kas

Akuntansi akrual menekankan pencatatan transaksi pada tanggal terjadinya transaksi, seperti yang tertera pada contoh di atas. Selain itu, metode akuntansi ini tergolong cukup detail karena kamu harus melacak setiap tagihan, faktur, sampai transaksi yang dilakukan lewat rekening bank.

Sementara itu, akuntansi kas atau yang umum disebut cash basis accounting menekankan pencatatan transaksi di tanggal saat uang dari suatu transaksi diterima atau dikeluarkan. Metode ini dikenal karena kesederhanaan prosedurnya, memudahkanmu untuk melacak arus kas usahamu.

2 Prinsip Penting dalam Metode Akuntansi Akrual

1. Matching Principle

Matching principle adalah prinsip yang mewajibkan kamu untuk mencatat dan mencocokkan pendapatan dan beban dalam suatu periode yang sama.

2. Revenue Recognition Principle

Revenue recognition principle merujuk kepada prinsip di mana kamu harus mencatat suatu pendapatan sesaat setelah suatu produk atau jasa kamu berikan kepada pelanggan.

Kelebihan dan Kekurangan Akuntansi Akrual

Berikut ini adalah beberapa kelebihan akuntansi akrual:

1. Kondisi Keuangan yang Lebih Akurat

Hasil yang diperoleh dari metode akuntansi akrual dapat memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan yang lebih akurat dan jelas.

Mengapa begitu? Ini disebabkan karena metode akuntansi ini juga meliputi segala utang dan kewajiban yang kamu dan pelanggan miliki terhadap usahamu, membuatmu dapat memahami lebih mudah kondisi keuangan dan keuntungan dari usahamu.

2. Membantu Perencanaan Keuangan yang Lebih Strategis

Metode akuntansi akrual sangat membantu dalam hal perencanaan keuangan di masa depan.

Dengan hasil dari metode akuntansi akrual, kamu bisa mengambil keputusan yang lebih jitu terkait keuangan usaha kamu dan mengambil langkah pencegahan terkait kondisi buruk yang berpotensi menimpa keuangan usahamu di masa depan.

Meski begitu, akuntansi akrual juga nggak lepas dari beberapa kekurangan:

1. Cukup Rumit

Dengan tingkat detail yang cukup tinggi, metode akuntansi akrual bisa menjadi metode yang cukup rumit dan memberatkan buatmu.

Kamu harus rutin memeriksa, melacak, dan menyimpan berbagai bukti transaksi yang dibutuhkan untuk pencatatan keuangan dengan metode ini.

2. Sulit Melacak Arus Kas

Walau metode akuntansi akrual sangat memudahkanmu mengetahui tingkat keuntungan usaha, metode akuntansi yang satu ini kurang dapat membantu melacak arus kas usahamu.

Hal ini disebabkan pencatatannya yang memang menekankan pada waktu terjadinya transaksi, bukan waktu uang dari transaksi itu diterima atau dikeluarkan.

Akibatnya, gambaran arus kas usahamu jadi kurang jelas.

Cocokkah untuk Usaha Mikro Kecil Menengah?

Sejatinya, metode akuntansi akrual lebih banyak digunakan untuk usaha yang telah berkembang menjadi usaha menengah dan usaha besar.

Meskipun begitu, metode ini akan cocok apabila kamu memang mau membuat perencanaan strategis dan memperoleh gambaran pendapatan yang lebih akurat di masa depan.

Kalau kamu memang memiliki usaha kecil dan ingin menerapkan metode ini, baiknya pahami dulu metode akuntansi akrual dengan baik atau mencari tenaga kerja yang memang mampu mengelola keuangan dengan metode ini.

Kamu pun juga bisa menggunakan Onstock yang selalu siap sedia membantumu mengelola keuanganmu. Dengan fitur Laporan Keuangan, Utang Piutang, sampai Biaya Lain-lain, Onstock mampu mendukung pencatatan yang kamu lakukan dengan akuntansi akrual!

Contact Us