Figure Blog

Metode Rahasia ini Super Ampuh Kelola Produk Hampir Kadaluarsa di Gudang!

31 Aug 2022

Salah satu musuh terbesar dalam bisnis dan manajemen persediaan di gudang adalah tanggal kadaluarsa.

Sebagai pebisnis, kamu harus berpacu dengan waktu untuk bisa menjual produk kamu ke pelanggan dalam kondisi yang masih layak dan belum melewati tanggal kadaluarsanya. Apabila produk sudah kadaluarsa, maka potensi keuntungan pun akan melayang dan bisnis kamu malah jadi lebih banyak buntungnya.

Kalau kamu nggak mau pusing bagaimana menjual dan mengelola produk yang hampir kadaluarsa, coba kenalan dengan metode FEFO!

Utamakan Produk Hampir Kadaluarsa!

Metode FEFO (First Expired First Out) sejatinya punya konsep yang sederhana: Produk di gudang dengan tanggal kadaluarsa terdekat atau tercepat akan jadi produk yang dijual terlebih dahulu. Metode ini memberikan kamu kesempatan untuk kamu menjual produk yang masih baik kualitasnya namun menjelang tanggal kadaluarsanya. Simpelnya, metode FEFO mengutamakan produk yang masih layak jual dan mendekati tanggal kadaluarsanya untuk dijual.

Biasanya, untuk menerapkan metode FEFO, kamu bisa meletakkan produk yang menjelang tanggal kadaluarsanya di bagian terdepan etalase atau di lokasi yang mudah dilihat dan dijangkau oleh pelanggan. Pastikan produk yang kamu letakkan adalah produk yang belum kadaluarsa, bukan yang sudah kadaluarsa ya, Stockers!

Tanggal Kadaluarsa

Sumber: Unsplash.com

Keuntungan Metode FEFO untuk Bisnis

1. Menekan Kerugian

Ketika kamu punya produk atau bahan baku yang kadaluarsa, produk tersebut sudah nggak bisa dijual atau diolah kembali. Artinya, kamu akan mengalami kerugian karena kamu nggak bisa memperoleh keuntungan dari pembelian produk atau bahan baku tersebut. Kamu pun harus mengalami yang namanya inventory shrinkage, di mana kamu perlu mengesampingkan atau mengeluarkan produk atau bahan baku tersebut dari gudang kamu tanpa return yang berarti untuk bisnis kamu.

Dengan metode FEFO, kamu bisa meminimalisir hal ini sehingga kerugian dapat ditekan. Produk kamu tetap dapat terjual sehingga kerugian jadi lebih minim.

2. Menghemat Waktu dan Tenaga

Melalui metode FEFO, kamu dan para pegawai kamu nggak perlu lagi repot-repot melakukan pemeriksaan persediaan barang di gudang secara rutin hanya untuk mengetahui dan memastikan waktu kadaluarsa setiap produk di gudang. Kamu dan para pegawai kamu bisa lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting seperti melayani pelanggan dan meningkatkan kualitas produksi. Alhasil, waktu dan tenaga nggak akan terbuang percuma!

3. Memaksimalkan Persediaan

Metode FEFO memungkinkan kamu untuk memaksimalkan setiap produk dan bahan baku yang kamu punya untuk dijual atau diolah menjadi barang jadi. Ketika pemanfaatannya bisa maksimal dan produk kamu bisa terjual dengan baik, kamu bisa meraih keuntungan dari penjualan produk dan nggak perlu merugi dan membuang produk dan bahan baku secara sia-sia hanya karena sudah kadaluarsa.

Mengelola produk yang hampir atau menjelang kadaluarsa memang begitu tricky. Perlu penanganan yang cermat agar setiap produk atau bahan baku nggak terbuang sia-sia. Kamu juga bisa gunakan Onstock yang selalu siap sedia untuk mengingatkan kamu apabila produk atau bahan baku yang ada di gudang kamu akan kadaluarsa. Kamu tetap bisa meraih keuntungan maksimal dan nggak perlu lagi pusing menghabiskan waktu dan tenaga untuk memeriksa tanggal kadaluarsa produk kamu dengan rutin!

Contact Us