Figure Blog

Miliki Pola Pikir Sebelum Kamu Memulai Bisnis!

16 Jun 2021

Keberhasilan dalam bisnis tidak terkait dengan satu faktor saja. Ada yang mengatakan bisnis adalah soal modal yang melimpah, ada juga yang menegaskan bisnis adalah soal menghasilkan ide yang baik dan eksekusinya, dan ada pula yang menyebutkan bahwa bisnis adalah soal manajemen yang baik. Beberapa faktor tersebut tidak ada salahnya. Namun, kita seringkali lupa bahwa bisnis juga adalah tentang pola pikir.

 

Bisnis yang baik dimulai dari pola pikir yang baik. Dengan berawal pola pikir, maka seluruh faktor-faktor di atas akan terpengaruh, sehingga menghasilkan bisnis yang solid, kokoh, dan terus bertumbuh. Namun, pola pikir seperti apa sih yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis kamu?

 

 

1. Growth Mindset

Bukan entrepreneur rasanya jika kamu nggak ingin kamu dan bisnismu berkembang dan terus bertumbuh mencapai tujuan yang diinginkan. Kunci menjadi entrepreneur yang baik adalah memiliki pola pikir yang mau terus bertumbuh dan berevolusi menjadi lebih baik, lebih mantap, dan lebih solid dari sebelumnya. Jika kamu hanya berputar-putar di hal yang sama, kamu perlu mempertimbangkan lagi dan menilai ulang cara berpikirmu. Cara berpikir yang nggak progresif nggak akan membawamu selangkah lebih jauh dari dirimu sekarang ini. Maka dari itu, mulai tumbuhkan growth mindset agar tidak hanya kamu yang terus berkembang, tetapi juga bisnismu. Hanya dengan begitu, kamu bisa terus berjalan dan bertumbuh menjadi lebih besar dan kokoh.

 

2. Selalu Pikirkan Customer

Membuat bisnis bukan hanya sekadar membuka toko dan membuat produk. Membuat bisnis adalah tentang menjawab apa yang orang lain butuhkan. Seringkali, kita terjebak dalam ego sendiri, dimana kita lebih banyak membuat produk yang kita sukai. Padahal, orang lain belum tentu menyukai, atau bahkan membutuhkan produk kamu.

 

Lalu kamu harus gimana? Selalu pikirkan tentang pelangganmu dan apa yang bisa kamu berikan kepada mereka. Ketika kamu bisa memberikan sesuatu yang mereka butuhkan atau inginkan kepada mereka melalui bisnismu, artinya kamu sudah punya modal yang baik untuk menjangkau mereka. Kamu hanya tinggal mencari cara untuk terus bisa mempertahankan dan mengelola mereka sebagai pelanggan tetap.

 

3. Bisnis adalah Marathon

Salah satu kesalahan paling umum dan besar yang sering terjadi di dalam bisnis terkait pola pikir adalah bisnis dapat ramai dengan cepat hanya dengan ide yang menarik dan eksekusi yang ciamik. Nyatanya, meskipun ada beberapa bisnis yang dapat dengan cepat langsung menarik banyak pelanggan, kamu mesti menyadari satu hal : bisnis adalah lomba lari maraton, bukan lomba lari sprint.

 

Sederhananya, bisnis adalah sebuah perjalanan dan kompetisi jangka panjang. Ramai di awal tidak menjamin keberhasilan di masa depan, dan sepi di awal tidak menjamin kegagalan. Bisnis adalah lomba lari yang membutuhkan konsistensi dan ketekunan. Kamu perlu memerhatikan irama dan strategi berlarimu agar tidak terlalu terburu-buru dan tidak terlalu lambat. Kamu perlu buat rencana jangka panjang dalam kompetisi ini, agar tidak kehabisan daya ataupun akal selama kompetisi itu. Ketika kamu mulai kehabisan daya dan kemampuan, berarti kamu terlalu mengelola bisnismu selayaknya pelari sprint.

 

4. Selalu Kualitas di Atas Kuantitas

Kuantitas atau jumlah produk bisa dicari dimana-mana. Tetapi kualitas - itulah aspek yang tidak bisa ditemukan dimana-mana. Tidak semua bisnis mampu memberikan produk atau jasa yang berkualitas. Sangat percuma jika kita memberikan produk dalam kuantitas besar namun buruk dalam hal kualitas. Tetapi jika kualitas yang kamu dahulukan untuk produk atau jasamu, meskipun kuantitasnya tidak terlalu banyak, orang akan selalu datang kembali.

 

Kualitas bukan hanya selalu soal keunikan. Kualitas juga adalah tentang kebaikan, manfaat, ketahanan, hingga kekuatan dan fitur dari produk atau jasa yang kamu berikan. Kunci terbaik adalah dengan menemukan keseimbangan di antara keunikan dan manfaat serta ketahanan produk dan jasamu. Jika kamu bisa menemukan titik tengah ini, produk atau jasamu niscaya hampir nggak akan tertandingi.

 

Beberapa pola pikir di atas sungguh diperlukan untuk kamu yang ingin memulai bisnis tertentu. Hal ini perlu, sebab sesuatu selalu dipengaruhi oleh pikiran. Jika kita memiliki pola pikir yang tepat dan positif, maka apa yang dikerjakan juga akan menjadi lebih positif. Sebaliknya, jika pola pikir yang dimiliki adalah pola pikir yang buruk dan negatif, bisa jadi bisnismu akan terombang-ambing dan tidak tentu arah.

Contact Us