Figure Blog

Model Pemasaran AISAS: Formula Emas Memasarkan Usaha di Era Digital!

13 Feb 2024

Dalam dunia pemasaran, dikenal sebuah model pemasaran yang disebut dengan model AIDA yang terdiri atas attentioninterestdesire, dan action. Model pemasaran konvensional ini sudah lama dipakai sebagai patokan dalam merancang strategi pemasaran.

Namun, perlu disadari bahwa zaman berkembang dan kini kita ada di dunia di mana semuanya serba digital. Perubahan ini berefek juga pada berubahnya model pemasaran yang perlu diadopsi oleh berbagai usaha.

Kini, lahir sebuah model pemasaran yang disebut sebagai model AISAS. Apa itu model AISAS dan bagaimana model ini berbeda dengan model AIDA yang umum dipakai untuk pemasaran secara tradisional?

Apa itu Model Pemasaran AISAS?

AISAS adalah sebuah model atau formula pemasaran terbaru yang dikhususkan untuk memasarkan usaha di era digital yang digagas oleh salah satu agensi pemasaran dan periklanan terkemuka di dunia, yaitu Dentsu.

Model AISAS diciptakan dengan pengamatan atas perubahan perilaku pelanggan di tengah perkembangan teknologi dan dunia digital yang pesat sekarang. ini.

Model pemasaran yang dirancang secara khusus ini membantu setiap usaha untuk memasarkan usaha dan produknya dengan lebih mudah di era digital dan menjangkau lebih banyak pelanggan dengan Internet.

5 Elemen dalam AISAS

1. Attention

Dalam tahap attention, pelanggan mulai mengetahui atau menyadari keberadaan dari sebuah usaha atau produk. Mereka masih memiliki informasi yang minim dan belum memiliki ketertarikan.

Untuk mulai menjangkau pelanggan yang masih ada di tahap ini, usahamu bisa mulai memasang iklan atau mempromosikan produk di media sosial, Internet (Dengan search engine marketing), sampai menggunakan agensi periklanan untuk merancang promosi yang menarik

2. Interest

Pelanggan yang mulai menerima informasi di tahap attention tentang usaha atau produkmu akan mulai memiliki minat tersendiri (Apabila iklan yang dibuat menarik atau sesuai kebutuhan mereka).

Dalam tahap ini, kamu bisa mulai merancang profil media sosial atau situs yang menarik karena ketika pelanggan mulai memiliki ketertarikan, mereka akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

3. Search

Orang-orang yang sudah mulai tertarik dengan usaha dan produkmu akan mulai mencari tahu lebih detail di tahap search. Mereka akan mencari-cari referensi dan informasi, menjelajahi Internet dan media sosial untuk mengetahui detail produk dan layananmu.

Ketika pelanggan sudah tiba di tahap ini, kamu harus memastikan informasi produk dan usaha kamu sajikan selengkap mungkin sehingga pelanggan tidak dibuat kebingungan dan bisa lanjut mengambil keputusan.

4. Action

Disinilah titik penting dari proses awal yang dilalui pelanggan ketika menemukan usaha atau produkmu. Dalam titik ini, pelanggan yang sudah mencari-cari informasi tentang usahamu akan berada di antara dua pilihan: Membeli produkmu atau justru mengabaikannya.

Saat pelanggan sudah akan mengambil keputusan, pastikan agar layanan atau proses transaksi saat pembelian produkmu bisa dilakukan dengan bebas hambatan. Pasalnya, satu dua kendala saat bertransaksi akan membuat pelanggan mundur saat membeli produkmu.

5. Share

Meski action jadi titik penting yang memengaruhi penjualan produk, proses AISAS tidak berhenti di situ. Proses ini akan diakhiri dengan aktivitas yang disebut dengan share.

Dengan melakukan share, pelanggan yang sudah membeli produkmu biasanya akan berbagi atau menceritakan informasi tentang pengalaman mereka selama menggunakan produk tersebut dan bagaimana produk yang telah dibelinya bisa berguna sehari-hari.

Cerita atau testimoni yang dibagikan ini akan membantu pelanggan lain yang belum tahu tentang usahamu atau yang sudah tertarik dengan usahamu namun belum memutuskan membeli produkmu.

Tahap ini juga yang membedakan AISAS dengan AIDA, di mana AIDA hanya berhenti pada tahap action atau tahap di mana pelanggan mengambil keputusan untuk melakukan pembelian produk.

Kesimpulan

Sudah saatnya mengganti model AIDA dengan model AISAS. Dengan mengedepankan informasi sebagai kekuatan utama untuk menumbuhkan rasa ingin tahu pelanggan dan mendorong word of mouth, AISAS akan sangat efektif untuk memasarkan usahamu di era digital.

Contact Us