Figure Blog

MOST Analysis: Pentingnya Analisis Strategi untuk Pengembangan Usahamu

15 Jan 2024

Seringkali, ketika seseorang memulai usaha, mereka tidak mengetahui apa yang ingin diraih, dikerjakan, dan apa saja cara yang dibutuhkan untuk melakukannya.

Padahal, ketiga hal tersebut diperlukan agar pengembangan usahamu bisa berjalan lancar dan kamu bisa meraih apa yang kamu inginkan dengan usahamu.

Inilah yang membuat kamu membutuhkan metode yang satu ini: MOST analysis. Seperti apa metode analisa ini?

Mengenal Metode MOST Analysis

MOST analysis adalah metode analisa usaha yang umum digunakan oleh pemilik usaha untuk meningkatkan kualitas aspek internal dan kultur usahanya. Hal ini dilakukan dengan menganalisa lingkungan internal dan rencana strategis dari usahanya sendiri.

MOST analysis diperlukan untuk bisa mengeluarkan potensi terbaik dari usahamu sekaligus membantu perkembangan usahamu ke depannya.

Apa Saja yang Ada di MOST Analysis?

1. Mission

Mission menjelaskan arah dan tujuan dari sebuah usaha. Arah dan tujuan ini sebisa mungkin harus membantu sebuah usaha untuk meraih keberhasilannya. Di sisi lain, mission juga perlu menggambarkan apa yang ingin dikerjakan dari sebuah usaha saat beroperasi.

2. Objective

Objective mungkin terdengar mirip dengan mission. Namun, objective lebih merujuk kepada capaian-capaian atau hasil utama yang ingin diraih sebuah usaha.

Hasil tersebut harus merupakan sesuatu yang bisa diukur dalam bentuk satuan waktu, jumlah, maupun tingkat kerealistisannya.

3. Strategy

Strategy adalah segala jenis metode atau pendekatan yang diterapkan untuk jangka menengah sampai panjang yang dibutuhkan untuk meraih tujuan organisasi.

Strategi yang baik akan memastikan misi dan tujuan usaha tercapai.

4. Tactics

Berbeda dengan strategy yang sifatnya jangka panjang, tactics adalah segala bentuk usaha atau metode yang sifatnya jangka pendek yang digunakan untuk mendukung strategi yang telah dibuat.

Tactics biasanya meliputi perubahan dan rencana dalam hal-hal mikro seperti pada operasional maupun pelayanan.

Pengaruh MOST Analysis untuk Usahamu

1. Memudahkan Pengembangan Usaha

MOST analysis menekankan pada bagaimana kamu bisa menggali apa saja yang ingin kamu kerjakan dan raih saat akan menjalani usahamu.

Bukan hanya itu, metode analisa ini memungkinkan kamu mencari segala cara yang dibutuhkan, baik secara jangka pendek hingga panjang, untuk meraih berbagai tujuan dan capaian yang telah kamu buat.

Alhasil, pengembangan usahamu jadi lebih mudah, jelas, dan terarah.

2. Mencari Tahu Tantangan Usaha

Selama menggali apa saja yang usahamu ingin raih dan kerjakan beserta segala jenis strateginya, kamu akan dihadapkan pada realita bahwa setiap hal yang kamu cari tersebut memiliki tantangannya tersendiri.

Di sisi lain, ada peluang yang bisa kamu temukan ketika kamu melakukan analisa lebih dalam lagi dan kelebihan dari usahamu yang mungkin kamu tidak sadari sebelumnya.

Kesimpulan

Meski tersedia berbagai metode analisa usaha yang populer, kamu tidak boleh kesampingkan metode analisa yang satu ini.

MOST analysis akan membawa dampak yang luar biasa untuk pengembangan usahamu karena kamu memiliki kesempatan untuk menggali lebih dalam lagi soal tujuan usahamu dan cara-cara meraih apa yang usahamu tuju.

Contact Us