Figure Blog

Multihyphenate Business: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Jenis Bisnis Ini?

21 Mar 2023

Pernah nggak kamu melihat sebuah restoran yang di dalamnya ada game room sehingga orang-orang bisa makan sambil bermain game? Atau coffee shop yang juga merangkap sebagai toko tanaman hias?

Jenis bisnis ini sejatinya sudah banyak bermunculan dimana-mana. Jenis bisnis seperti ini dikenal dengan istilah multihyphenate business.

Namun, apa yang menarik dari multihyphenate business? Bagaimana mengelola bisnis ini agar tetap terkendali dan bisa melayani pelanggan dengan baik?

Kenalan dengan Multihyphenate Business

Untuk memahami seperti apa multihyphenate business, kamu harus memahami satu hal dulu: Bahwasanya, satu brand bukan berarti hanya memiliki satu bisnis saja. Satu brand bisa menaungi banyak bidang bisnis, dan bidang-bidang bisnis tersebut bisa saling mendukung dan melengkapi.

Pada dasarnya, begitulah konsep multihyphenate business, di mana brand bisnis atau usaha memiliki banyak bidang bisnis dan memberikan penawaran yang berbeda-beda untuk pelanggannya.

Mengapa Multihyphenate Business Bisa Menguntungkan?

1. Sumber Pendapatan Lebih Banyak

Memutuskan untuk membuka berbagai jenis bisnis berarti kamu bisa memperoleh pendapatan dari berbagai sumber.

Misalnya, kalau kamu membuka toko buku sekaligus workshop kerajinan, maka pendapatan kamu bisa berasal dari penjualan buka sekaligus menjual jasa mengajar workshop.

Alhasil, kamu nggak perlu bergantung dengan satu bisnis saja untuk memperoleh pendapatan. Apabila satu bisnis sedang lesu, bisnis yang lain bisa ikut menopang bisnis kamu secara keseluruhan.

2. Peluang Customer Loyalty Makin Tinggi

Membuka lebih banyak bidang bisnis sama saja dengan membuka peluang yang lebih tinggi untuk meraih customer loyalty.

Kamu bisa membuat pelanggan lebih engaged dengan bisnis kamu yang lain dan bukan nggak mungkin, mereka bisa mengenal brand bisnis kamu secara keseluruhan.

3. Marketing tanpa Repot

Menjalani multihyphenate business akan mempermudah proses marketing kamu sehingga kamu nggak perlu mengeluarkan effort lebih dalam melakukan marketing.

Contohnya, ketika kamu membuka coffee shop dan barbershop di bawah nama yang sama, kamu bisa memberikan segelas minuman gratis setiap 3 kali cukur rambut.

Di sisi lain, apabila pelanggan kamu membeli minuman dengan nominal tertentu, maka mereka bisa memperoleh voucher cukur rambut gratis yang berlaku selama 1 bulan.

Dari contoh di atas, kamu bisa mix and match diskon dan promo yang ingin kamu sediakan dan bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

4 Tips Mengelola Multihyphenate Business dengan Jitu

1. Buat Manajemen Stok Lebih Akurat

Mengelola lebih dari satu jenis bidang bisnis berarti kamu harus mampiu mengelola stok barang dengan lebih jitu dan akurat.

Untuk itu, kamu akan membutuhkan sistem manajemen stok barang tersendiri yang bisa menangani berbagai bisnis kamu dengan stok barang yang berbeda-beda.

Sistem manajemen stok barang yang tepat akan bikin kamu lebih mudah mengetahui rekam jejak stok barang kamu dan mengetahui mana stok barang yang laku dan nggak laku dan mana yang harus restock dan nggak.

Dengan begitu, kamu punya kontrol yang baik dan kuat atas arus stok barang masuk dan keluar di setiap bisnis yang kamu jalani.

2. Jaga Komunikasi dengan Pelanggan

Banyaknya bisnis yang kamu jalani membuat kamu akan berhadapan dengan beragam pelanggan.

Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk tetap menjaga komunikasi dan mengetahui apa yang pelanggan kamu butuh dan inginkan serta mendengar masukkan mereka mengenai bisnis kamu.

Kamu perlu hadir di berbagai channel untuk dapat menerima komplain dan masukkan, berdiskusi dengan pelanggan, sampai memberitahukan pelanggan mengenai promo hingga penawaran terbaru dari bisnis kamu.

3. Gunakan Sistem yang Mendukung Keberagaman Bisnis Kamu

Nggak hanya sistem untuk manajemen stok barang, kamu juga membutuhkan sistem khusus untuk berbagai keperluan dan operasional bisnis kamu.

Sistem khusus untuk kasir, scheduling dan absensi, produksi dan packaging, hingga pengiriman pesanan akan membantu mendukung beragam kebutuhan dan operasional bisnis kamu dan membuat setiap bisnis kamu berjalan sebagaimana mestinya.

4. Berikan Reward yang Setimpal

Ketika sudah banyak pelanggan yang setia dengan bisnis kamu, mereka sangat layak untuk diberikan apresiasi, terlebih jika mereka berpartisipasi di loyalty program kamu.

Reward yang kamu berikan bisa bervariasi, mulai dari potongan harga, voucher, produk gratis, akses ke produk terbaru, hingga produk atau layanan eksklusif.

Contact Us