Seseorang umumnya menghabiskan waktu 8.74 jam di luar ruangan, menurut platform desain on demand Penji.
Meski terlihat seperti fakta biasa, namun hal ini merupakan kesempatan yang perlu kamu manfaatkan sebagai pemilik bisnis untuk menjangkau lebih banyak orang yang berada di luar ruangan.
Caranya? Dengan menerapkan outdoor marketing!
Outdoor marketing merujuk kepada suatu metode pemasaran yang dilakukan di luar ruangan.
Outdoor marketing umumnya terdiri atas beberapa strategi, seperti penggunaan videotron, billboard, poster, hingga stiker brand.
Karena dilakukan di luar ruangan, outdoor marketing memiliki jangkauan yang begitu luas.
Bila ditempatkan di suatu lokasi tertentu, maka akan begitu banyak pasang mata yang terkena exposure dari outdoor marketing yang dilakukan. Dampaknya, orang-orang jadi lebih mudah mengenal brand kamu.
Outdoor marketing, dengan kemampuannya menjangkau khalayak ramai, akan memudahkan kamu untuk meningkatkan brand awareness kamu.
Lebih lanjut lagi, bila dilengkapi dengan desain yang catchy dan copywriting yang menarik, maka brand dan konten outdoor marketing kamu akan lebih mudah diingat dan dikenal.
Outdoor marketing juga berpotensi untuk mendorong perilaku impulse purchase di dalam diri tiap orang.
Hal ini bisa ditimbulkan apabila kamu menyuntikkan elemen urgency di dalam konten outdoor marketing kamu dan dilengkapi dengan desain yang atraktif dan copywriting yang tepat. Alhasil, kamu bisa mendorong pelanggan bersikap impulsif dan melakukan impulse purchase untuk produk kamu.
Sumber: Freepik.com
Outdoor events adalah salah satu strategi yang menarik dari outdoor marketing yang menekankan pada bagaimana kamu membangun komunikasi dan interaksi dengan banyak orang yang mulai mengenal bisnismu.
Melalui outdoor events seperti bazar, pameran, hingga pop up store, kamu berkesempatan untuk menarik calon pelanggan dengan menunjukkan identitas brand kamu secara langsung hingga menyajikan demonstrasi produk atau jasamu.
Stiker lebih dari sekadar barang yang artistik.
Stiker adalah sebuah media komunikasi untuk memasarkan produk dan brand kamu.
Biasanya, stiker brand dapat dibagikan sebagai freebies dari tiap transaksi pelanggan lakukan. Pelanggan kamu bisa menempelkan stiker brand kamu di laptop, tas, hingga kendaraan mereka.
Dengan cara ini, mereka membantu kamu memasarkan produk dan brand kamu secara nggak langsung.
Retail advertising adalah strategi dari outdoor marketing yang fokus pada penggunaan signage, spanduk, hingga poster di luar toko atau di depan toko.
Konten dari media retail advertising umumnya adalah informasi terkait dengan produk atau penawaran menarik dari suatu brand.
Kini, berkat kemajuan teknologi, konten dari media retail advertising kini dapat berupa QR code yang bisa pelanggan scan dengan kamera ponsel merekac
QR code itu akan berisi beragam informasi lengkap mengenai suatu brand dan penawaran menarik apa saja yang sedang tersedia.