Figure Blog

Panduan Strategi Pemasaran 4P Terbaru, Menarik Generasi Milenial dan Gen Z dengan Mudah!

17 May 2023

Strategi pemasaran 4P adalah salah satu strategi pemasaran paling umum dan populer di dunia bisnis.

Strategi yang meliputi 4 komponen pemasaran ini telah lama digunakan untuk membantu suatu bisnis dalam merancang dasar dari pemasaran yang akan dijalankan dan menarik target pasar mereka.

Kini, strategi pemasaran 4P tersebut sudah dianggap usang. Maka dari itu, lahirlah strategi pemasaran 4P terbaru yang akan dibahas berikut ini!

Asal-usul Strategi Pemasaran 4P Terbaru

Strategi pemasaran 4P terbaru lahir dari kepala Sean MacDonald, seorang Chief Digital Officer di McCann Worldgroup, sebuah agensi periklanan global.

Strategi pemasaran 4P yang dicetuskan Sean MacDonald ini terdiri atas PartnershipsPositioningPersonalized, dan Purpose.

Keempat komponen tersebut cukup berbeda dikarenakan demi menyesuaikan kebutuhan dan perilaku masyarakat yang terus berubah-ubah di era kini.

4P dalam Strategi Pemasaran 4P Terbaru

1. Partnerships

Partnerships berarti upaya kerja sama dan kolaborasi antara dua brand.

Dengan menjalani partnerships, brand yang bekerja sama dengan brand lain akan bisa menciptakan peluang baru dan meraih pangsa pasar yang baru. Hal ini akan membantu brand tersebut untuk bertumbuh dan mengembangkan basis pelanggan mereka.

2. Positioning

Positioning berarti cara dan bagaimana suatu brand bisa menempatkan brand-nya sesuai dengan pandangan dan persepsi orang-orang.

Dalam hal ini, kamu perlu mengetahui dan memahami seperti apa brand kamu ingin dilihat dan cara yang dilakukan sehingga pandangan tersebut dapat terbentuk pada brand kamu.

Kalau kamu ingin memosisikan brand kamu sebagai brand yang merakyat, tentunya setiap strategi pemasaran yang kamu lakukan akan berbeda dengan ketika kamu ingin memosisikan brand kamu sebagai brand yang eksklusif dan mewah.

3. Personalized

Personalized berarti bagaimana suatu brand bisa jadi terasa lebih dekat dan cocok dengan setiap target pasarnya secara individu. Artinya, secara identitas dan produk, brand tersebut harus bisa terasa personal.

Untuk bisa menjadi lebih personal, suatu brand memerlukan penawaran yang unik dan kustom yang bisa disesuaikan dengan keinginan para pelanggannya secara pribadi.

Semakin personal dan relatable penawaran yang diberikan, maka brand tersebut akan terasa semakin personal buat pelanggannya.

4. Purpose

Purpose merujuk kepada value, misi, dan tujuan yang diusung suatu brand yang kemudian dapat dijadikan landasan dari setiap usaha dan metode pemasaran yang diterapkan brand tersebut.

Tanpa purpose yang jelas, orang-orang nggak akan peduli dan terikat dengan suatu brand. Untuk itu, suatu brand memerlukan tujuan dan nilai yang jelas serta komitmen yang kuat agar benar-benar bisa meraih apa yang dituju dan menarik hati orang-orang.

Kenapa Kamu Butuh Strategi Pemasaran 4P yang Terbaru?

Di samping dibuat untuk menyesuaikan strategi pemasaran kamu dengan perubahan perilaku yang serba cepat, strategi pemasaran 4P yang terbaru juga dibuat khusus untuk generasi milenial dan generasi Z.

Pasalnya, kedua generasi ini memiliki cara berpikir yang lebih kritis dan pintar dalam memahami dan menilai suatu brand.

Untuk itu, agar dapat menarik hati dan membuat kedua generasi tersebut lebih menuangkan perhatian dan pemahaman mereka terhadap brand kamu, strategi pemasaran 4P ini akan membantumu.

Kesimpulan

Strategi pemasaran 4P memang dirancang khusus untuk kebutuhan pemasaran di era terkini.

Hal ini dilakukan agar berbagai brand yang memang menargetkan generasi milenial dan gen Z bisa lebih mudah menarik kedua generasi tersebut.

Kalau kamu salah satu dari brand yang punya target pasar kedua generasi tersebut, baiknya mulai mengganti strategi pemasaran 4P yang sudah usang ke strategi pemasaran 4P yang baru!

Contact Us