Figure Blog

Pelanggan Beli Terus dengan 3 Tips Jitu Ini!

20 Aug 2021

Mendapat pelanggan pertama atau pelanggan baru saat awal-awal membuka bisnis tentu adalah sebuah kebahagiaan buat kamu. Tapi, jangan sampai kamu terlena hanya karena kedatangan pelanggan baru. Kamu harus tahu gimana caranya pelanggan baru tersebut bisa melakukan repeat order di usaha yang kamu jalankan.

 

Kehadiran pelanggan baru harus kamu lihat bukan hanya sebagai momen kebahagiaan, tetapi juga momen penting untuk bikin mereka jadi pelanggan reguler yang akan repeat order.  Jangan sampai mereka hanya tahu beli satu kali, lalu tidak pernah kembali lagi.

 

 

Oleh karenanya, sudah saatnya buat kamu yang baru membuka bisnis untuk tahu gimana caranya agar pelanggan baru bisa jadi pelanggan reguler yang repeat order!

 

1. Selipkan Hal-hal ‘Kecil’

Hal-hal kecil? Apa maksudnya? Hal-hal kecil di sini berarti bonus yang bisa kamu selipkan saat mereka membeli di toko atau usahamu. Kamu bisa memberikan beberapa hal seperti greeting card sebagai bentuk ucapan terima kasihmu kepada mereka, sampel produk barumu untuk mereka coba, atau memberi tambahan produk lain. Melalui hal-hal kecil ini, relasimu dijamin tambah kuat dengan mereka dan mereka dijamin akan kembali lagi karena merasa dihargai dan diapresiasi sebagai seorang pembeli.

 

2. Kartu Member / Loyalti

Kartu member / loyalti barangkali hanyalah barang kecil, namun punya dampak besar buat menggaet para pelanggan baru di tokomu. Caranya? Kamu selipkan sistem reward atau bonus jika mereka melakukan sejumlah besar pembelian. Ketika mereka menerima kartu tersebut dan mulai memahami ketentuan dan bonus yang bisa mereka terima, mereka dijamin nggak akan bisa menolak!

 

3. Manfaatkan Social Proof

Kalau bisnismu berupa toko online, ada baiknya buat kamu untuk mengumpulkan testimoni atau ulasan positif dari berbagai pelanggan yang sudah pernah atau beberapa kali membeli produk di tokomu. Kumpulan ulasan positif yang muncul di galeri tokomu atau produkmu disebut sebagai social proof. Social proof merupakan sebuah bias yang memungkinkan seseorang merasa percaya dengan sesuatu hanya karena banyak orang percaya dengan hal tersebut. Nah, dengan mengumpulkan berbagai ulasan positif ini, pelanggan baru yang akan membeli produk di tokomu bisa membeli atau bahkan membeli berulangkali hanya karena percaya dengan kumpulan ulasan yang tersedia.

 

4. Jangan Lupakan Kualitas

Misalkan kamu sudah menerapkan hal-hal di atas. Namun, kamu nggak terlalu menaruh perhatian pada produk atau pelayananmu. Semuanya lantas akan sia-sia. Soal kualitas produk atau pelayanan, kamu harus coba perhatikan dua hal ini : Jadi beda atau jadi lebih baik. Kalau dua-duanya bisa kamu raih dalam saat yang bersamaan, pelanggan dijamin akan kembali lagi. Kalau kamu hanya bisa meraih salah satunya, tetaplah berproses untuk dapat meraih keduanya!

 

Bikin pelanggan baru kembali lagi ke toko atau usahamu bukan perkara enteng. Yang kamu perlu kamu tekankan adalah konsistensi dari setiap hal yang kamu lakukan di atas. Kendor sedikit, dan kamu akan mendapati sedikit pelanggan yang repeat order.

Contact Us