Figure Blog

Pelanggan Bosan Antre? Inilah 3 Kiat Mengatasinya!

6 Oct 2021

Antre sudah jadi kegiatan yang dianggap membosankan bagi banyak orang. Apalagi, jika kamu harus mengantre dalam antrean yang begitu panjang dan mengular. Hal ini akan jadi makin menyebalkan apabila kamu perlu antre untuk membeli barang yang sedang kamu inginkan, atau barang yang kamu butuhkan dengan cepat atau buru-buru.

 

Jika itu tadi perspektif atau sudut pandang dari kamu sebagai pelanggan, kondisi ini juga berlaku sama jika kamu tempatkan diri kamu ke dalam perspektif pebisnis. Sebagai pemilik bisnis atau usaha, kamu pasti sumringah kalau toko atau usaha kamu punya antrean yang mengular. Tapi, dengan kondisi seperti ini, kamu harus memastikan kalau pelanggan kamu tidak merasa jenuh saat mengantre.

 

 

Nah, untuk itu, kami punya 3 kiat kreatif untuk bikin pelanggan kamu tidak bosan saat antre!

 

1. Taruh Merchandise

Salah satu cara menarik untuk bikin pelanggan tidak bosan saat antre adalah dengan penempatan merchandise atau barang-barang dekoratif di dekat kasir. Merchandise atau berbagai barang menarik yang kamu letakkan di dekat kasir bisa menarik perhatian pelanggan yang sedang antre. Apalagi, jika kamu meletakkannya di posisi yang pas dan punya desain yang menarik dan eye-catching. Ujung-ujungnya, pelanggan kamu jadi tergoda untuk membeli merchandise dan barang-barang lain yang kamu taruh di kasir. Pelanggan jadi tidak bosan, dan bisnis kamu jadi kecipratan untung lebih tinggi!

 

2. QR Code

Loh, kok QR Code? Seperti yang sudah kami bahas di artikel sebelumnya, QR Code, meski terkesan simpel dan tak jauh berbeda dengan barcode, nyatanya punya segudang cara untuk dimanfaatkan oleh kamu sebagai pemilik bisnis. QR Code sangat bisa digunakan untuk apa saja :  menyimpan informasi, kuesioner, hingga berbagai link yang bisa membawa seseorang yang mengaksesnya ke situs atau konten tertentu. Berkenaan dengan hal ini, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti : menaruh kode WiFi untuk akses Internet, meletakkan informasi promo di dalamnya, hingga QR Code untuk akses playlist musik yang kamu sediakan di tempat usaha kamu.

 

3. Free Sample

Ayo, ngaku, siapa yang nggak suka barang gratisan? Rasanya mustahil jika ada seseorang yang nggak suka barang gratisan alias free sample. Hal ini sebab free sample punya daya tarik yang luar biasa. Adanya free sample bikin kamu jadi bisa mencoba sesuatu sebelum memutuskan membelinya.

Nah, oleh karenanya, kamu bisa meletakkan free sample di etalase dekat kasir usahamu. Free sample bisa apa saja, entah itu produk yang sudah ada di dalam daftar produk kamu, atau bahkan produk yang baru dirilis atau produk yang masih coming soon. Untuk produk yang sifatnya masih belum dirilis, metode free sample di dekat kasir bisa jadi metode marketing yang baik dan berguna untuk memperkenalkan produkmu yang akan dirilis kepada langganan atau pelanggan baru.

 

Dengan cara-cara sederhana di atas, pelanggan kamu nggak lagi akan bosan saat antre untuk membayar belanjaan mereka. Namun, kamu juga nggak boleh lupa akan kualitas dan kecepatan pelayanan yang kamu berikan kepada mereka di kasir. Usahakan sebisa mungkin agar setiap pelayanan bergerak cepat dan maksimal agar antrean tidak mengular!

Contact Us