Figure Blog

Pengiriman Produk kepada Pelanggan Terlambat, Apa yang Wajib Kamu Lakukan?

29 Mar 2023

Selalu saja ada momen di mana pengiriman produk kepada pelanggan mengalami keterlambatan.

Apapun penyebabnya, hal ini jelas nggak bikin nyaman kedua belah pihak, baik kamu atau pelanggan kamu. Kamu berpotensi kehilangan penjualan, pelanggan kamu bisa makin menjauh dan nggak percaya sama usahamu.

Agar efek buruk dari kondisi ini bisa ditekan ke tingkat yang lebih minimal, beberapa hal berikut mesti kamu kerahkan!

Beberapa Hal yang Wajib Kamu Lakukan Bila Pengiriman Produk Terlambat!

1. Komunikasi dengan Pelanggan dan Pihak Pengiriman

Dalam kondisi penuh ketidakpastian seperti saat terjadi keterlambatan dalam pengiriman produk, kamu perlu mengedepankan komunikasi yang transparan dan terbuka dengan pelanggan.

Pasalnya, pelanggan punya hak untuk mengetahui kabar dan kondisi terkini dari produk yang ia beli dan sudah sampai mana produk tersebut tiba.

Apabila produk yang diterima terlambat tiba, pelanggan perlu mengetahui apa yang terjadi dan itu adalah tugas kamu untuk mengumpulkan dan menyampaikan informasi seterbuka mungkin sehingga pelanggan nggak khawatir.

Di sisi lain, kamu pun juga perlu menjalin komunikasi dengan pihak kurir atau pengiriman. Cari tahu informasi sejelas-jelasnya mengenai produk yang sedang dikirim dan keterlambatan bisa terjadi.

Mungkin saja ada kendala dari pihak kurir atau ada force majeure (Kondisi nggak terduga seperti bencana alam).

2. Lakukan Tracking Pengiriman

Salah satu keuntungan bila toko kamu hadir di e-commerce yang terpercaya adalah kehadiran fitur tracking untuk pengiriman produk kepada pelanggan.

Kamu dan pelanggan kamu jadi bisa tahu di mana posisi terkini dari produk yang sedang dikirimkan.

Apabila ada kendala, kamu bisa langsung menghubungi customer service dari pihak kurir untuk menanyakan kondisi terkini dari produk tersebut.

3. Tawarkan Free Shipping

Free shipping atau pengiriman bebas ongkir kini telah jadi opsi primadona bagi orang-orang yang berbelanja di e-commerce.

Oleh karenanya, ketika terjadi keterlambatan dalam pengiriman produk, salah satu solusi untuk nggak mencederai rasa percaya dan kenyamanan yang sudah pelanggan miliki terhadap usahamu adalah dengan memberikan free shipping.

Opsi lain, kamu bisa menanggung biaya pengiriman dari produk apabila keterlambatannya terjadi karena force majeure atau produk hilang saat pengiriman.

4. Berikan Kompensasi yang Tepat

Keterlambatan pengiriman tentu menjadi peristiwa yang nggak mengenakkan buat para pelanggan di e-commerce. Untuk mengkompensasi peristiwa ini, kamu bisa menyediakan kompensasi yang tepat buat para pelanggan kamu.

Kompensasi yang umum diterapkan dapat berupa voucher diskon, uang kembali, hingga bonus produk. Dengan memberikan kompensasi yang diharapkan pelanggan, kamu akan tetap bisa mempertahankan kepuasan dan rasa percaya pelanggan terhadap usahamu.

Contact Us